Dari Mata Turun ke Perut, TikTok Ajak Masyarakat Indonesia Jelajahi Cita Rasa Nusantara di #FoodFestOnTikTok

Didukung oleh Pemprov DKI Jakarta, kampanye #FoodFestOnTikTok dorong partisipasi aktif pecinta kuliner tanah air untuk dukung industri kuliner lokal dan UMKM lewat kegiatan seru di dalam dan di luar platform.

Jakarta, 22 Mei 2024 – Dari hiruk pikuk jajanan kaki lima hingga dapur rumahan yang sarat dengan harum rempah, kuliner Indonesia yang kaya akan rasa, budaya, dan tradisi terus dirayakan oleh para pecinta kuliner, termasuk di TikTok. Mulai dari rekomendasi hidangan khas daerah, lokasi restoran terbaru untuk dikunjungi, hingga resep masakan praktis untuk dicoba bersama keluarga di rumah, komunitas pecinta kuliner datang ke TikTok untuk menemukan, berbagi, dan merayakan warisan kuliner Indonesia yang beragam. Komunitas kuliner yang autentik dan penuh semangat ini menjadi alasan TikTok meluncurkan kampanye dan festival kuliner pertama bertajuk #FoodFestOnTikTok yang didukung oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Selain menyediakan tempat untuk mempertemukan komunitas kuliner, Pemprov DKI Jakarta juga akan membawa 30 UMKM kuliner binaannya untuk menyajikan hidangan lezat mereka di #FoodFestOnTikTok. 

Read More

“Setiap hari, komunitas dan kreator pecinta kuliner berbagi cerita, ide, dan inspirasi tentang masakan lokal secara kreatif di TikTok. Dari mulai jajanan hidden gem hingga tutorial memasak, masyarakat dapat menjelajahi konten kuliner dari seluruh Indonesia lewat laman Untuk Anda (FYP). Banyak usaha kuliner lokal, termasuk UMKM, yang juga ikut ditemukan berkat interaksi aktif yang terjalin antara kreator dan pengguna di dalam platform kami. Kampanye #FoodFestOnTikTok menjadi cara kami untuk merayakan kuliner nusantara yang kaya bersama komunitas TikTok di Indonesia,” jelas Faris Mufid, Public Policy and Government Relations, TikTok Indonesia.

Kampanye #FoodFestOnTikTok ingin mendorong komunitas TikTok dan masyarakat Indonesia untuk tidak hanya mengonsumsi konten tetapi juga aktif berpartisipasi dalam mempromosikan kuliner Indonesia melalui serangkaian kegiatan seru, di antaranya:

  • Berbagi kreasi kuliner lewat konten kreatif: Para pengguna diajak untuk aktif¬† berpartisipasi dalam mempromosikan lanskap kuliner Indonesia yang beragam, melalui tantangan tagar #FoodFestOnTikTok. Untuk mengikuti tantangan ini, pengguna perlu mengunggah video berdurasi minimal 60 detik ke TikTok dengan menggunakan fitur ‘tag lokasi’ (‘location tagging‘) dan menyertakan tagar #FoodFestOnTikTok. Tiga kreator dengan konten kuliner paling kreatif berkesempatan memenangkan total hadiah sebesar Rp7,5 juta. Periode tantangan ini berlangsung dari 6 Mei-6 Juni 2024.
  • Kompilasi rekomendasi kuliner autentik: TikTok juga memberikan kemudahan bagi pengguna untuk menjelajahi beragam konten kuliner, salah satunya melalui #FoodFestOnTikTok Hub. Pengguna dapat menemukan rekomendasi kuliner nusantara, kreator kuliner dari berbagai kota di Indonesia, serta restoran yang paling banyak disukai para pengguna di TikTok. Untuk mengakses laman #FoodFestOnTikTok Hub, pengguna cukup melakukan pencarian dengan kata kunci ‘Food Fest on TikTok’ atau ‘Serunya Kuliner’.¬†
  • Mencicipi langsung kuliner nusantara: Untuk pertama kalinya di Indonesia, TikTok akan menghadirkan festival kuliner bertajuk #FoodFestOnTikTok yang akan berlangsung selama 25-26 Mei 2024 di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat. Didukung oleh Pemprov DKI Jakarta, festival kuliner #FoodFestOnTikTok yang mengangkat tema “Rasa Nusantara” akan membawa kekayaan kuliner lokal yang biasa menyapa para pengguna di laman ‘Untuk Anda’ untuk dapat dicicipi langsung oleh para penikmat kuliner yang hadir. Nikmati kuliner lokal sajian lebih dari 80 pelaku usaha kuliner dengan lebih dari 20 experience zone, penampilan musik dari Adrian Khalif (@adriankhalif), Stevan Pasaribu (@stevanpasaribu) dan Teddy Adhitya (@teddyadhitya_), serta bincang-bincang kuliner seru bersama kreator kuliner Ivyfeb (@ivyfeb) dan Mgdalena (@mgdalenafofficial).

“Sejalan dengan misi Pemprov DKI untuk mendukung program-program yang dapat menunjang pariwisata dan memberdayakan UMKM, kami bersemangat untuk membawa 30 UMKM kuliner binaan kami dalam festival jajanan #FoodFestOnTikTok. Kesempatan yang diberikan oleh TikTok melalui festival ini dapat membuka peluang baru bagi UMKM dan menjadi sarana yang efektif dalam mempromosikan usaha mereka dengan dukungan komunitas penggemar kuliner TikTok yang kreatif dan antusias,” terang Elisabeth Ratu Rante Allo, Kepala Dinas PPKUKM Provinsi DKI Jakarta sebagai mitra kolaborasi dalam acara Festival #FoodFestOnTikTok. 

“Kami harap festival kuliner dari TikTok ini dapat menjadi wadah untuk mempertemukan para kreator makanan, usaha kuliner lokal dan UMKM bersama komunitas TikTok agar bisa saling terhubung dan berkreasi secara tatap muka. Kami juga mengundang semua masyarakat untuk ikut merayakan cita rasa kuliner nusantara di #FoodFestOnTikTok pada 25-26 Mei mendatang,” tutup Faris. 
Untuk informasi lebih lanjut terkait berbagai keseruan kuliner yang dihadirkan TikTok lainnya, kunjungi laman #FoodFestOnTikTok.

Related posts

Leave a Reply