NYOBENG, Festival Internasional Dayak Bidayuh: Seru? Serem? Unik Abis!

@Karismaeventnusantara

Seremonia.id – Eits, ada kabar seru nih! Ada upacara unik parah, yaitu memandikan tengkorak hasil ngayau, alias pemburuan kepala musuh, bro! 😱💀  Waduh gimana tuh? Tapi, ada catch-nya, loh! Kamu cuma bisa lihat aksinya di Nyobeng Dayak Bidayuh sob, festival ini adalah warisan budaya tak benda (WBTB) dan masuk dalam Karisma Event Nusantara (KEN), jadi jangan khawatir sob.

Jadi begini, ritual adat ini tuh buat menghormati tengkorak yang diperoleh leluhur kita dari pertempuran melawan musuh dengan cara spesial abis. Nah, proses mandiin tengkorak itu buat nunjukin rasa syukur ke Tuhan atas perlindungan dan juga sebagai bentuk terima kasih buat perjuangan para leluhur di masa peperangan dulu. Mantap, kan? ✨

Baca juga  Memasuki Dunia Van Gogh: Pameran Van Gogh Alive di Jakarta

Tapi tunggu dulu, Nyobeng gak cuma soal upacara doang, bro! Ada banyak banget kegiatan seru yang bisa kamu ikutin dan tonton di sini. Mulai dari Gelar Pesona Budaya Serumpun yang bikin terpesona, Diskusi Budaya Bidayuh yang bikin kamu nambah wawasan, sampe Pameran Seni dan Pusaka yang pamerin karya seni dan benda-benda keren nan bersejarah. Gak cuma itu, kamu juga bisa seru-seruan main permainan tradisional atau menikmati pagelaran seni dan musik yang menghibur. Jangan lupa juga, bro, buat eksplorasiin Pameran Ekonomi Kreatif UMKM yang bakal ngasih kamu inspirasi dan dukung ekonomi lokal.

Kece banget, kan? Nah, jangan sampe kelewatan, bro! Catet tanggal dan lokasinya, Nyobeng Dayak Bidayuh bakal digelar pada 14-16 Juni 2023 di Rumah Adat Baluk Sebujit, Desa Hli Buei, Bengkayang, Kalimantan Barat. Ajak temen-temen dan keluargamu buat ikutan acara keren ini, karena dengan hadir di event #DiIndonesiaAja ini, kamu ikutan melestarikan budaya dan mendukung terciptanya lapangan kerja yang lebih banyak, bro! Jadi, siap-siap merasakan pesona budaya Dayak Bidayuh yang menginspirasi ya!