Tesla Mendapat Panggilan Pengadilan SEC Kedua Atas Tweet Go-Private Musk 2018

Tesla Mendapat Panggilan Pengadilan SEC Kedua Atas Tweet Go-Private Musk 2018
sumber foto: REUTERS/Arnd Wiegmann

Seremonia.id – Senin, 25 Juli 2022, Tesla Inc. mengungkapkan telah menerima panggilan pengadilan kedua dari Komisi Sekuritas dan Pertukaran AS atas tweet Chief Executive Elon Musk pada tahun 2018 tentang membuat pembuat mobil listrik menjadi pribadi.

Tesla mengatakan dalam sebuah pengajuan bahwa mereka menerima panggilan pengadilan pada 13 Juni. Regulator awalnya telah memanggil perusahaan pada November terkait dengan penyelesaian yang mengharuskan tweet Musk tentang informasi material untuk diperiksa.

Panggilan pengadilan November datang beberapa hari setelah Musk bertanya kepada pengikut Twitter-nya apakah dia harus menjual 10% saham Tesla-nya untuk menutupi tagihan pajak atas opsi saham.

Perusahaan mengatakan pada hari Senin akan bekerja sama dengan otoritas pemerintah. SEC menolak berkomentar.

Dilansir dari Reuters, Musk pada tahun 2018 telah menyelesaikan gugatan oleh regulator atas tweet go-private-nya dengan menyetujui untuk membiarkan pengacara perusahaan menyetujui tweet dengan informasi material tentang perusahaan.

Pada bulan Juni, Musk mengajukan banding atas penolakan hakim untuk mengakhiri perjanjian 2018 ini dengan SEC.

Orang terkaya di dunia, yang menyebut dirinya “absolut kebebasan berbicara”, mengatakan bahwa tweet “pendanaan dijamin” adalah benar, menyamakan dirinya dengan rapper Eminem dalam upaya untuk membatalkan perjanjian 2018 dengan SEC.

Musk juga menghadapi gugatan dari Twitter karena membatalkan tawarannya senilai $44 miliar untuk membeli perusahaan media sosial tersebut dan sekarang sedang mempersiapkan pertarungan hukum dalam sidang yang akan dimulai pada bulan Oktober.

Secara terpisah, Tesla mengatakan dalam pengarsipannya telah mengubah sekitar 75% kepemilikan bitcoinnya menjadi mata uang fiat dan telah mencatat biaya penurunan nilai sebesar $ 170 juta terkait dengan aset tersebut.

Pada 30 Juni, nilai pasar wajar dari aset digitalnya bernilai $ 222 juta, katanya dalam pengarsipan.

Saham Tesla naik 1,5% pada $829,11 sebelum bel pada hari Senin. Saham telah kehilangan hampir 23% dari nilainya tahun ini hingga harga penutupan hari Jumat.