JAKARTA, Indonesia, 2 November 2021 /PRNewswire/ — adidas meluncurkan CITY PACK, koleksi yang memberikan sentuhan baru pada siluet ikonis UltraBOOST DNA. Koleksi ini merupakan buah karya dari 6 individu kreatif asal Asia Tenggara. Masing-masing desain terbaru UltraBOOST DNA ini mewakili indahnya keberagaman budaya Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam. Sebagian besar koleksi CITY PACK akan tersedia di Indonesia dan dijual melalui adidas.co.id serta beberapa mitra ritel adidas Indonesia mulai dari 11 November 2021.
Asia Tenggara merupakan area yang terus berkembang dan menjadi salah satu titik panas dari tatanan dunia baru. Wilayah ini kaya akan tradisi, memiliki beragam budaya serta disatukan dalam harapan untuk menciptakan masa depan yang lebih baik. Asia Tenggara adalah rumah dari talenta terbaik di dunia, dalam bidang olahraga, seni, fashion dan musik. Hal inilah yang menjadi dasar bagi adidas untuk meluncurkan CITY PACK; tak hanya hadir dengan desain yang segar, CITY PACK merupakan selebrasi bagi Asia Tenggara. Koleksi ini merupakan cerminan dari keragaman, kekayaan budaya, masyarakat dan identitas khas dari wilayah ini.
Cinita Dewi Mayakatri, Senior Manager, Brand Activations adidas Indonesia mengatakan, “ULTRABOOST (UB) merupakan salah satu produk ikonis yang selalu mampu memenangkan hati konsumen seluruh dunia dengan memberikan cara pandang baru bagi konsumen terhadap olahraga lari. Melalui koleksi CITY PACK, kali ini adidas menghadirkan kembali edisi UltraBOOST DNA untuk alasan yang berbeda – kami ingin merayakan beragam identitas dan budaya di kawasan Asia Tenggara dengan menciptakan desain yang bermakna dan tergambar dengan baik dalam siluet ikonis adidas yang banyak disukai konsumen. Selain itu, kami juga ingin lebih memberdayakan individu-individu kreatif dari Asia Tenggara dengan menyediakan platform berskala global yang memungkinkan mereka untuk lebih dilihat, didengar dan bebas mengekspresikan cara pandang mereka yang beragam terhadap dunia melalui desainnya.”
Enam Desain, Enam Negara, Hadir dalam Satu Koleksi
Bekerjasama dengan individu kreatif lokal seperti Yeri Afriyani (Calla the Label) dari Indonesia, Jaemy Choong dari Malaysia, Greg Guleserian (Egg Fiasco) dari Filipina, Eman Raharno Jeman (Clogtwo) dari Singapura, Tanit Likitthamarak dari Thailand serta Le Thanh Tung (Crazy Monkey) dari Vietnam, CITY PACK diciptakan untuk menghadirkan kembali siluet populer, UltraBOOST DNA dalam sentuhan baru. Menampilkan ciri yang sangat khas dari masing-masing negara dengan desain unik dan memiliki makna tersendiri.
Indonesia
Terinspirasi dari keberagaman budaya dan kekayaan warna kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia, Yeri Afriyani, seorang desainer mode otodidak yang juga founder dari Calla The Label, menciptakan pola warna-warni yang terdiri dari berbagai bentuk unik untuk koleksi CITY PACK dari Indonesia. Masing-masing bentuk mewakili berbagai kepribadian yang dapat dengan mudah ditemui di seluruh pelosok negara kepulauan ini. CITY PACK versi Indonesia ini juga dilengkapi dengan beragam warna disepanjang badan sepatu untuk mencerminkan bahwa Indonesia penuh dengan kekayaan budaya.
“Sebagai seorang seniman lokal, mendapatkan kesempatan untuk bekerjasama dengan brand sebesar adidas merupakan pengalaman yang sangat menyenangkan. Saya melihat keberagaman dan banyak sekali warna di Indonesia. Warna biru pada desain saya mencerminkan indahnya lautan yang mengelilingi negara ini, warna hijau terinspirasi dari hutan hujan tropis dan semburat jingganya melukiskan warna pasir yang terhampar di pantai-pantai Indonesia.” – Yeri Afriyani
Malaysia
Wayang Kulit atau yang juga dikenal sebagai Shadow Puppetery, merupakan salah satu bagian penting dari identitas dan warisan budaya Malaysia. Untuk menghormati tradisi ini, Jaemy Choong, seorang desainer grafis dari Malaysia memadukan unsur Wayang Kulit dengan palet warna yang modern. CITY PACK dari Malaysia ini menghadirkan pendekatan “old-meets-new”.
“Bekerjasama dengan adidas merupakan sebuah privilese bagi saya karena adidas selalu mendorong saya untuk melampaui batasan kreatifitas. Saya pribadi sangat menyukai cerita tentang karakter-karakter unik, mitos-mitos kuno dan eksekusi yang inovatif dan Wayang Kulit merupakan cerminan dari seluruh hal tersebut. Sebagai seorang penggemar budaya-pop, saya sengaja membuat dua karakter Wayang Kulit dari CITY PACK Malaysia ini sedang melambangkan perdamaian (peace) dan cinta (love) dengan gerakan tangan.” – Jaemy Choon
Filipina
Untuk menyalurkan memori masa kecilnya tumbuh besar di Filipina dan terdorong hasrat untuk menghubungkan masa lalu dengan masa kini, Greg Guleserian – juga dikenal dengan nama Egg Fiasco – seorang seniman kontemporer, membangun konsep dasar desainnya untuk CITY PACK Filipina dari video game. Hal ini terlihat dari bagian sock-liner sepatu rancangannya yang didesain menyerupai bahasa game. Selain itu, terinspirasi dari hal berbau virtual lainnya, Egg menambahkan elemen warna oranye yang mencolok serta warna keemasan yang menggambarkan potions dan elixir yang biasa digunakan para gamers untuk memulihkan hidup mereka dalam game.
“Saat mulai merancang sepatu ini saya memperlakukan sepatu ini layaknya sebuah kanvas kosong, dimana saya dapat menambahkan berbagai elemen ciri khas seperti pola yang campur aduk, tekstur serta warna-warna terang yang mencolok. Saya ingin mengaplikasi elemen-elemen tersebut dalam desain saya sambil tetap mempertahankan ciri khas adidas dan tetap mengutamakan kenyamanan produk, tujuan saya adalah menciptakan sepatu dengan desain yang bisa digunakan oleh siapa saja.” – Egg Fiasco
Singapura
Terinspirasi dari bentang alam Singapura yang futuristik dan efisien, serta cara kerja masyarakatnya yang sistematik, Eman Raharno Jeman (Clogtwo), seorang praktisi grafiti dan visual engineer, memasukkan bordiran ikon-ikon prosesor di bagian atas sepatu rancangannya dan melengkapkannya dengan simbol versi mekanis dari ikon khas Singapura, Merlion di bagian tumit sepatu.
“Alih-alih mengambil tema warisan budaya dan tradisi, saya memasukkan unsur berbau komponen mekanis, kabel dan roda gigi untuk melambangkan masyarakat Singapura yang menjalankan dan hidup di pulau yang dinamis dan selalu berproses ini. Layaknya negara saya, prosesor adalah bagian terkecil namun bagian yang paling kuat dalam sebuah perangkat komputer. Beginilah saya melihat Singapura: negara penuh seni, selalu bertenaga dan tidak pernah berhenti bergerak.” – Clogtwo
Thailand
Sepatu CITY PACK dari Thailand hadir untuk merayakan kerajinan anyaman tradisional khas Thailand yang terkenal dan banyak digemari di negara tersebut. Tanit Likitthamarak, sang desainer grafis dibalik sepatu ini, mengaplikasikan pola anyaman yang kompleks dan sophisticated pada bagian sol dan tali sepatu rancangannya.
“Bekerjasmaa dengan adidas merupakan suatu pencapaian yang selalu saya impikan. Saya bangga mampu mewakili negara saya serta seniman-seniman lainnya dalam proyek ini. Kerajinan anyaman seringkali digunakan di banyak kerajinan lokal. Oleh karena itu, masyarakat Thailand sudah sangat familiar dan dapat dengan mudah mengenali pola ini. Saya menggunakan pola ini untuk menciptakan grafis yang simpel dan menambahkan beberapa detail dan warna yang khas untuk mencerminkan gaya hidup di Thailand yang semarak.” – Tanit Likitthamarak.
Vietnam
Le Thanh Tung (Crazy Monkey) adalah seorang seniman visual dibalik desain CITY PACK dari Vietnam. Desain sepatunya terinspirasi dari budaya rakyat Vietnam yaitu lukisan Dong Ho yang telah diwariskan turun temurun selama tiga abad serta Bat Trang Ceramics Village. Crazy Monkey menggabungkan bahasa desain yang unik dengan ikon-ikon khas Vietnam untuk memberikan tampilan yang segar dan modern pada UltraBOOST DNA.
“Ini adalah kesempatan bagi saya, seorang seniman lokal Vietnam, untuk mengubah pengetahuan saya menjadi produk yang dimotori oleh ikon budaya mode seperti adidas untuk menghasilkan produk yang menginspirasi dan tak terduga. Saya menggunakan warna merah muda pastel dan hijau, dua warna yang biasanya digunakan dalam lukisan rakyat Dong Ho di Vietnam. Selain itu, saya juga menambahkan detail pola berliku yang diambil dari bunga nasional negara saya, Lotus dan tentunya awan warna-warni yang menjadi ciri khas dari seni dan kerajinan tradisional Vietnam.” – Crazy Monkey.