Jakarta, 24 Agustus 2021 – Allianz Indonesia menggelar webinar series sebagai salah satu bagian dari program Cintai Keluarga & Cintai Bumi, untuk menyambut Hari Pelanggan Nasional yang jatuh pada bulan September nanti, dimulai sejak bulan Agustus sampai dengan Oktober 2021.
Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk apresiasi kepada nasabah, yang telah mempercayakan Allianz Indonesia sebagai perusahaan asuransi yang dapat memenuhi berbagai kebutuhan perlindungan asuransi. Webinar series ini diselenggarakan secara dwi-mingguan dan akan menyajikan berbagai topik menarik yang dapat diikuti secara cuma-cuma, tidak hanya oleh nasabah saja, namun terbuka untuk masyarakat umum.
“Tahun ini menjadi tahun ke-10 Allianz Indonesia yang secara rutin mewujudkan bentuk apresiasinya kepada nasabah melalui program hari pelanggan nasional. Program bertajuk Cintai Keluarga & Cintai Bumi ini merupakan ajakan kepada nasabah dan masyarakat umum untuk senantiasa memberikan perlindungan terhadap diri sendiri dan keluarga tercinta.
Allianz Indonesia juga mengajak untuk memberikan rasa cinta terhadap bumi, dengan memaksimalkan proses paperless dalam kehidupan sehari-hari serta memanfaatkan fasilitas layanan digital dari Allianz,” kata Tiwuk Siswadi, Head of Customer Offer Allianz Life Indonesia.
Sebagai pembuka rangkaian webinar tahun ini dan masih dalam suasana kemerdekaan Indonesia di bulan Agustus, Allianz Indonesia mengadakan webinar “How to Reach Your Financial Freedom”. Pada webinar ini, topik yang dibawakan membahas bagaimana kiat-kiat dalam mencapai financial freedom, atau kemerdekaan keuangan, melalui perencanaan keuangan yang tepat dengan melakukan adaptasi terhadap kebutuhan dan situasi yang dialami.
Hadir sebagai perwakilan Allianz Indonesia, Meta Lakhsmi Permata Dewi, Head of Investment Communication & Fund Development Allianz Life Indonesia yang memaparkan mengenai kiat mencapai financial freedom versi Allianz Indonesia yang penting diketahui, “Pertama yang kita butuhkan adalah perencanaan keuangan.
Di sini kita harus dapat beradaptasi dengan situasi dan kebutuhan yang cenderung berubah dari waktu ke waktu. Allianz Indonesia senantiasa memberikan edukasi dan memberikan informasi secara berkala kepada nasabah mengenai pentingnya perlindungan asuransi, untuk mencapai financial freedom sesuai rencana. Dengan demikian, kita bisa memperkuat pondasi kokoh untuk perencanaan keuangan di masa depan.”
Untuk membuat perencanaan keuangan yang bersifat adaptif, tentu perlu juga untuk melakukan evaluasi minimal satu kali setiap tahun. Siklus perencanan keuangan terdiri dari penentuan tujuan perencanaan; mengevaluasi kondisi terkini, termasuk apa saja kebutuhan dan situasi yang dihadapi; membuat perencanaan keuangan; mengimplementasikan perencanaan keuangan dan mengevaluasi perencanaan sesuai dengan jangka waktu tertentu.
Untuk mencapai financial freedom, perlu melalui tahapan piramida, dimana tahapan paling penting dari bawah adalah perlunya memenuhi kebutuhan dasar, perlindungan/proteksi dan memiliki dana darurat. Selanjutnya, baru dapat naik ke tahap berikutnya untuk memenuhi kebutuhan dana pendidikan, pensiunan dan warisan. Apabila kedua tahap telah terpenuhi maka seseorang dapat melakukan investasi.
Urutan untuk mencapai financial freedom:
1. Financial stability – minimal bisa memenuhi kebutuhan dasar, serta terbebas dari hutang dan memiliki dana darurat yang jumlahnya sekitar 3-6 bulan penghasilan.
2. Financial Independency – mulai melihat dana yang dimiliki dapat memenuhi kebutuhan lain, seperti dana pensiun dan dana untuk warisan.
3. Financial freedom – tahap dimana ketika seseorang mengingin sesuatu dan sudah tidak perlu memikirkan darimana mendapatkan uangnya, sehingga dapat memiliki keinginan tersebut tanpa harus berhutang.
“Apabila kita sudah membangun pondasi kokoh dari piramida tersebut, sudah menentukan tujuan, jangka waktu dan profil risiko dalam melakukan investasi, maka kita harus melengkapi perlindungan perencanaan keuangan, yang salah satunya dapat diperoleh dari produk asuransi. Yang paling penting adalah ‘Lakukan Sekarang’ untuk mencapai financial freedom.
Oleh karena itu, Allianz senantiasa memberikan edukasi mengenai perencanaan keuangan, me-review perlindungan asuransi yang dimiliki dan kiat mencapai financial freedom sesuai dengan kebutuhan masing-masing nasabah.” tutup Meta.
Tentang Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Pada tahun 1989, Allianz mendirikan PT Asuransi Allianz Utama Indonesia, perusahaan asuransi umum. Kemudian, Allianz memasuki bisnis asuransi jiwa, kesehatan dan dana pensiun dengan mendirikan PT Asuransi Allianz Life Indonesia di tahun 1996. Di tahun 2006, Allianz Utama dan Allianz Life memulai bisnis asuransi syariah.
Kini Allianz Indonesia didukung oleh lebih dari 1.300 karyawan dan lebih dari 34.000 tenaga pemasar dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya. Saat ini, Allianz menjadi salah satu asuransi terkemuka di Indonesia yang dipercaya untuk melindungi lebih dari 8,3 juta tertanggung.