Xendit Luncurkan Tiga Solusi Bisnis Baru untuk Pelaku Bisnis dari Berbagai Skala

Jakarta, 3 November 2021 — Xendit, perusahaan infrastruktur pembayaran dengan pertumbuhan tercepat di Asia Tenggara, hari ini mengumumkan tiga solusi bisnis digital terbaru untuk para pelaku bisnis dari berbagai skala. Ketiga solusi tersebut meliputi aplikasi mobile Xendit Bisnis untuk mempermudah pelanggan Xendit menerima pembayaran dari konsumen; fitur Xendit Online Store untuk mempermudah siapapun mendirikan toko online dan menerima pembayaran digital; serta XenSol untuk solusi transformasi digital termasuk pembayaran online.

“Kami telah merancang dan menghadirkan aplikasi Xendit Bisnis untuk melayani pelanggan Indonesia, terutama pelaku usaha individu dan UMKM, yang mayoritas menggunakan smartphone untuk mengoperasikan bisnisnya. Dengan adanya aplikasi ini, sekarang semua orang bisa mengatur transaksi pembayaran digital secara lebih mudah dan lebih aman.

Untuk mendukung mobilitas yang tinggi, pelanggan Xendit bisa mengeluarkan invoice dan menerima berbagai jenis metode pembayaran dari pembeli lewat aplikasi ini, kapan saja dan dimana saja,” ujar Moses Lo, Founder dan CEO Xendit.

Tak hanya mengatur dan menerima pembayaran online dari pembeli, aplikasi Xendit Bisnis juga dilengkapi dengan fitur Order Management, dimana pelaku usaha bisa memproses keseluruhan transaksi secara otomatis, mulai dari memasukkan pesanan dari pembeli, mengatur pengiriman, hingga merekap semua pembelian.

Baca juga  Pemerintah Diminta Bantu Petani Hasilkan Pangan Berkualitas Industri

Dengan begitu, operasional bisnis online bisa berjalan dengan lebih lancar dan efisien dalam hal penghematan waktu. Aplikasi Xendit Bisnis ini tersedia untuk diunduh secara gratis di Apple Store dan Google Play Store.

Selain aplikasi yang baru diluncurkan, Xendit juga mempermudah para pelaku usaha untuk mendirikan toko online-nya sendiri dengan fitur Xendit Online Store. Fitur ini memungkinkan pelaku usaha untuk mendirikan toko online dengan URL unik hanya dalam waktu kurang dari 5 menit, yang sudah dilengkapi pula dengan fitur pilihan metode pembayaran yang ditenagai oleh Xendit.

Fitur Xendit Online Store ini tersedia secara gratis dan dapat dimanfaatkan oleh para pelaku usaha individu hingga UMKM yang telah terdaftar di Xendit untuk memperbesar jangkauan pembeli dan memperkuat kanal penjualan mandiri mereka, tanpa bergantung pada platform e-commerce lain. Untuk mengaksesnya, pelanggan Xendit bisa menavigasi ke Dashboard, pilih “Store/Toko” dan pilih “Online Store/Toko Online”.

Solusi bisnis ketiga yang dihadirkan oleh Xendit di kuartal empat tahun 2021 ini adalah XenSol, kependekan dari Xendit Solution. Bekerja sama dengan Andrew Tani & Co. (ATC), XenSol menyasar pelaku bisnis dalam skala besar, yaitu perusahaan dan BUMN, yang berupaya melakukan transformasi digital secara menyeluruh.

Baca juga  Warga Jabar Pesta Angklung di Gedung Sate

Perusahaan ini bisa menggunakan layanan konsultasi dari ATC dan Xendit akan mendukung transformasi digital tersebut dengan menyediakan infrastruktur pembayaran digital yang lebih baik, di bawah program XenSol. Nantinya, Xendit juga berencana mengajak partner serta agensi yang relevan sebagai mitra untuk menjalankan program XenSol secara berkelanjutan.

Peluncuran aplikasi dan fitur baru Xendit bertujuan untuk mempermudah semua pelaku bisnis dari berbagai skala, mulai dari pelaku bisnis individu, UMKM, hingga perusahaan besar, dalam mengoperasikan bisnis digital mereka.

Xendit memperluas akses teknologi demi menciptakan lingkungan persaingan yang setara (equal playing field), sehingga semua pelaku bisnis di Indonesia bisa memulai usahanya dan bertumbuh dengan baik. Target ini sejalan dan dibuat untuk mendukung target Bank Indonesia dan pemerintah untuk membawa lebih dari 30 juta UMKM untuk go digital pada tahun 2025.

“Kami akan terus berinovasi dan menambahkan fitur-fitur terbaru untuk membantu para pelaku bisnis agar bisa mengoperasikan toko online mereka dengan lebih efisien dan mudah, misalnya menghadirkan fitur kalkulasi ongkos kirim, pemesanan layanan logistik, tools pemasaran, dan sebagainya. Kami akan terus mendengarkan aspirasi dari para pengguna untuk semakin memahami dan memenuhi kebutuhan mereka,” tambah Moses.

Sementara itu, Jakarta Golf Shop menjadi salah satu pelanggan setia Xendit yang telah merasakan kecanggihan dari aplikasi Xendit Bisnis. “Salah satu dampak yang paling signifikan setelah menggunakan Xendit adalah kami kini memiliki Virtual Account atas nama Jakarta Golf Shop dan notifikasi SMS untuk penagihan ke pembeli, sehingga bisnis kami menjadi lebih profesional dan terpercaya.

Baca juga  Kemensos Salurkan Bansos Uang Tunai untuk 9 Juta KPM

Lalu dengan adanya Aplikasi Xendit Bisnis, kami bisa mengatur dan menerima pembayaran dengan lebih mudah via HP, serta mengakses histori transaksi ketika kami hendak mengaudit atau menganalisa tren penjualan,” ungkap Rafi Alvin Utama, CMO Jakarta Golf Shop.

Sebelumnya, pada bulan Agustus, Xendit juga telah meluncurkan fitur baru bernama “Xendit Inventory Sync Tool”, yang merupakan sebuah inovasi teknologi multi-channel untuk mengelola stok inventaris produk yang dijual online, baik di marketplace seperti Tokopedia dan Shopee, maupun di website melalui Shopify dan Woocommerce. Fitur ini memudahkan pelaku bisnis untuk memantau dan mengatur jumlah stok di masing-masing kanal dalam satu dasbor yang rapi dan terintegrasi.