Webinar Air Tanah Untuk Tanah Air Sebagai Dukungan Terhadap Ketahanan Pangan

34

Bandung, 30 Juni 2020 – Dalam upaya mendukung ketahanan pangan, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kembali mengadakan webinar dengan tema Air Tanah untuk Tanah Air yang difasilitasi oleh Balai Diklat PUPR Wilayah IV Bandung, Selasa (30/6).

Kepala BPSDM PUPR, Sugiyartanto, dalam sambutannya melalui konferensi video dari Jakarta, Selasa (30/6) mengatakan penyelenggaraan webinar bertema Air Tanah Untuk Tanah Air merupakan jawaban atas tantangan dalam pengelolaan dan pendayagunaan air tanah di Indonesia sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan ketahanan pangan.

 

Berdasarkan Undang Undang Nomor 17 Tahun 2019 pengelolaan sumber daya air (SDA) didasarkan pada wilayah sungai dengan memperhatikan keterkaitan antara penggunaan air permukaan dan air tanah dengan mengutamakan pendayagunaan air permukaan. Prinsip keterpaduan antara air permukaan dan air tanah menekankan pentingnya keseimbangan pengelolaan SDA, karena air tanah merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari ekosistem dan berinteraksi dengan air permukaan. Pengelolaan SDA memperhatikan keterkaitan antara air permukaan dan air tanah sebagai satu kesatuan daur hidrologi yang bersumber pada air hujan.

Ditjend Sumber Daya Air dalam hal ini telah melaksanakan pengembangan dan pengelolaan air tanah dengan membangun sumur-sumur yang digunakan untuk menyediakan air bersih, jaringan irigasi air tanah dengan sistem tadah hujan, dan juga terus berinovasi untuk menggunakan air tanah dan air permukaan secara optimal, antara lain dengan menggunakan air tanah untuk pertanian terpadu lahan kering yang mengintegrasikan budidaya pertanian non-padi (high value crop) peternakan, dan perikanan air tawar dengan smart waste water management.

 

Webinar yang diikuti 400 peserta tersebut, selain bagian dari pengembangan kompetensi ASN PUPR oleh BPSDM, sekaligus juga untuk memperkenalkan Program Magister Super Spesialis Untuk Air Tanah Kementerian PUPR yang diselenggarakan oleh Universitas Gajah Mada. Yang bertindak sebagai narasumber, antara lain Direktur Air Tanah dan Air Baku, Ditjen SDA, Iriandi Azwartika, Peneliti Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI, Robert Delinom, dan Ketua Departemen Teknik Geologi Fakultas Teknik UGM, Heru Hendrayana. Sedangkan yang bertindak sebagai moderator, adalah Kepala Balai Air Tanah, Direktorat Air Tanah dan Air Baku Ahmad Taufiq.

grandkemang Jakarta, BPSDM PUPR, J&T Express, Hotel Santika Premiere ICE – BSD City, Vivo, Inspirational Video, Motivational Video