UPH Sambut 3.800 Mahasiswa Baru dalam UPH Festival 2020 ‘Grow and Go’ secara Online

81

Walaupun di tengah pandemi, tidak membuat Universitas Pelita Harapan (UPH) berhenti terkoneksi dengan mahasiswa baru.

Menyambut Tahun Akademik Baru 2020/2021 UPH kembali menyambut mahasiswa baru dalam UPH Festival 2020 bertema ‘Grow and Go’, yang berlangsung dua hari, tanggal 18-19 Agustus 2020. Dengan mengutamakan kesehatan dan keamanan, acara ini diselenggarakan secara online dengan beragam program kreatif dan inspiratif yang dihadirkan oleh UPH untuk tetap memberikan semangat kepada mahasiswa baru. UPH Festival juga turut menghadirkan tokoh-tokoh penting di Indonesia sebagai pembicara tamu dalam program Distinguished Guest Speakers (DGS) di antaranya Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Prof. Yasonna Hamonangan Laoly, S.H., M.Sc., Ph.D. – Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, dan Letjen TNI (Pur.) Dr. dr. Terawan Agus Putranto, Sp. Rad. (K) –  Menteri Kesehatan Republik Indonesia.

 

Dikarenakan situasi pandemi yang tidak mengijinkan untuk menghadirkan ribuan mahasiswa baru secara langsung dan demi mengutamakan kesehatan mahasiswa baru dan staf, maka UPH Festival tahun ini menggunakan platform zoom untuk melakukan sesi penyambutan. Dengan beragam materi video dan  infografis yang menarik, UPH mengupayakan untuk menghadirkan acara penyambutan secara online yang bermanfaat, menarik, dan interaktif.

Penyambutan ini diawali dengan pelantikan secara simbolis yang dilakukan oleh Rektor UPH Dr. (Hon) Jonathan L. Parapak, M.Eng.Sc., melalui acara Convocation kepada 3.800 mahasiswa baru di seluruh kampus UPH yang berlokasi di Lippo Village-Karawaci, Plaza Semanggi-Jakarta, Surabaya, dan Medan. Turut menyamut mahasiswa baru, Founder of UPH Dr. (HC) James Riady, yang  memberikan dorongan bagi mahasiswa agar bertumbuh dan dibentuk oleh proses pembelajaran selama berada di UPH, sehingga bisa menjadi pemimpin yang transformasional bagi Indonesia bahkan dunia ketika menyelesaikan masa studi di UPH.

Selain itu, sejalan dengan tema Grow and Go, Rektor UPH Dr. (Hon) Jonathan L. Parapak, M.Eng.Sc., berharap agar mahasiswa baru dapat bertumbuh (Grow) baik dalam pengetahuan, iman, dan karakter selama masa studi di UPH. Sehingga setelah lulus nanti siap diutus (Go) oleh Tuhan menjadi pemimpin masa depan dan menjadi berkat bagi masyarakat.

 

Melalui UPH Festival 2020 ini, mahasiswa baru juga dijelaskan mengenai regulasi dan peraturan yang harus ditaati para mahasiswa selama menjalani masa studi di UPH antara lain seperti aturan dresscode, tata krama, etika menghubungi dosen, etika bersosial media, dan lainnya. Peraturan-peraturan ini diharapkan dapat membantu mahasiswa untuk GROW (Grow better together, Responsible, Obey the rules, and Wise).

Sambutan untuk mahasiswa baru UPH juga di sampaikan dari para pemimpin universitas mitra UPH di luar negeri. Di antaranya Philip Ryken – President of Wheaton College, Dr. Robert C. Cannada, JR., – Chancellor of Reform Theological Seminary USA, Huge Whelchel – Executive Director Institute for Faith, Wirk and Economics Washington DC, Dr. Steven J. Lawson – President and Founder of One Passion Ministries, serta Janine Allen, Associate Provost Of Global Engagement Corban University, USA.

 

UPH berharap dapat terus beradaptasi di era baru ini dalam memberikan pelayanan terbaik untuk seluruh mahasiswa. Walaupun tidak dapat bertatap muka secara langsung, namun hal ini tidak mengurangi kehangatan dalam penyambutan kami untuk mahasiswa baru UPH 2020. Besok, 19 Agustus 2020 UPH Festival akan akan melanjutkan rangkaian kegiatan UPH Festival melalui sesi Distinguished Guest Speaker (DGS) oleh 3 menteri Indonesia (Mendikbud, Menkumham, dan Menkes) yang dapat diikuti secara live di YouTube UPH melalui link https://bit.ly/DGS-UPHFEST2020

Lion Air Group, BNI Syariah, UPH, Logitech, Vivo, Grundfos Foundation, Inspirational Video, Motivational Video