UKM KOPMA UIN SUKA Sabet Juara 2 Koperasi Berprestasi

Dalam rangka Hari Koperasi yang diperingati setiap tanggal 12 Juli (dimana koperasi pertama di Indonesia terbentuk), pada tahun 2019, Pemerintah Daerah Kabupaten Sleman menjadi tuan rumah peringatan Hari Koperasi ke-72 Tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta yang diselenggarakan di The Rich Jogja Hotel dan Jogja City Mall, Kamis-Sabtu, 25-27 Juli 2019.

Untuk mengapresiasi kemajuan dan perkembangan kinerja yang telah dicapai oleh koperasi, tema yang diangkat kali ini adalah “Reformasi Total Koperasi di Era Revolusi Industri 4.0.”  Unit Kegiatan Mahasiswa Koperasi Mahasiswa (UKM Kopma) UIN Sunan Kalijaga pun turut andil dalam gelaran even ini.

Menurut Ketua Kopma UIN Sunan Kalijaga, Idhar Hanifudin, acara tersebut menyajikan banyak perlombaan, salah satunya yaitu pemberian penghargaan untuk gerakan koperasi di daerah Kabupaten Sleman yang diikuti oleh 414 koperasi, terdiri dari koperasi mahasiswa, koperasi karyawan, koperasi tani, dan lain sebagainya.

 

Beberapa kategori yang menjadi penilaian dalam acara tersebut adalah koperasi dengan pencapaian kinerja terbaik, koperasi berbasis teknologi informasi, koperasi pengelola penguatan modal terbaik, koperasi yang menerapkan prinsip-prinsip koperasi terbaik, koperasi yang ikut berperan dalam pengentasan kemiskinan, koperasi yang berperan dalam penyerapan tenaga kerja hingga koperasi yang berkomitmen terhadap pengembangan koperasi.

Dari kategori-kategori tersebut diambil empat nominasi kejuaraan, yaitu koperasi jenis konsumen, koperasi jenis simpan pinjam, koperasi jenis jasa, dan koperasi jenis pemasaran. Sementara untuk penilaian koperasi berprestasi tersebut meliputi aspek organisasi, tata laksana dan manajemen, produktivitas, manfaat dan dampak serta pengembangan dan daya saing.

 

Lebih lanjut Idhar mengungkapkan rasa bahagianya karena Kopma UIN Sunan Kalijaga masuk nominasi penghargaan jenis Koperasi  Konsumen se-Kabupaten Sleman. Dari nominasi tersebut, Kopma berhasil menyabet Juara 2 dalam penilaian Koperasi Berprestasi Tahun 2019.

“Atas prestasi ini, kami berterima kasih kepada seluruh pengurus dan anggota Kopma, civitas akademika serta masyarakat pada umumnya. Prestasi yang menjadi kebanggaan ini, tidak akan kami capai tanpa kontribusi semua pihak. Kami berharap Kopma bisa mempertahankan dan meningkatkan kualitasnya serta tidak merasa cukup atau bahkan menurun atas penghargaan yang telah dicapai. Penghargaan ini bisa menjadi motivasi Kopma untuk terus berkiprah dalam menggerakkan koperasi,” harap Idhar saat dihubungi Tim Humas melalui pesan singkat.

Idhar menambahkan bahwa dalam waktu dekat, Kopma akan mengadakan student fair yang merupakan salah satu acara andalan Kopma. Acara tersebut diisi dengan berbagai perlombaan, pameran, parade budaya, serta penampilan dari UKM-UKM UIN Sunan Kalijaga.

“Tujuan diadakan acara ini untuk menyambut mahasiswa baru dengan memperkenalkan berbagai UKM dan sebagai pasar kebutuhan mahasiswa baru. Kami juga akan mengelola acara ini sendiri,”tutup Idhar.

Vivo, UPH, Archipelago International, Hotel Harper, BNI Syariah, Hotel Aston Denpasar, Kementerian PUPR RI, Kemendagri RI, Kemenpora RI, PT. Dua Putra Perkasa, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Inspirational Video, Motivational Video,