Shanghai Electric Resmi Terbitkan Laporan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan 2020

SHANGHAIMay 3, 202 — Shanghai Electric (SEHK: 02727, SSE: 601727), produsen dan vendor terkemuka di dunia untuk peralatan pembangkit listrik dan peralatan industri, serta jasa integrasi, telah menerbitkan Laporan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR) 2020 (“Laporan”). Laporan ini adalah Laporan CSR Ke-12 dan Laporan ESG Ke-5 dari Shanghai Electric, serta memuat data-data dari kantor pusat, lembaga internal, kantor cabang, anak-anak usaha, dan induk usaha yang berada dalam naungan Shanghai Electric.

Laporan ini membuktikan komitmen grup terhadap tata kelola perusahaan dan kinerja produk yang berfokus pada peringkat MSCI Environmental, Social, and Corporate Governance (ESG) dan Hang Seng Corporate Sustainability Index. Di sisi lain, laporan ini mengulas kinerja Shanghai Electric yang luar biasa dalam energi canggih, manufaktur canggih, dan kota canggih, serta transformasi yang dilakukan Shanghai Electric pada beberapa bidang penting dalam aktivitas bisnisnya dengan memanfaatkan teknologi canggih. Laporan ini juga memaparkan sejumlah upaya Shanghai Electric dalam penanganan Covid-19.

“Tahun 2020 menghadirkan tantangan bagi perkembangan perusahaan, khususnya dampak besar yang ditimbulkan pandemi. Menghadapi situasi yang penuh tantangan ini, Shanghai Electric tetap berkomitmen terhadap misinya, yakni menghadirkan berbagai solusi yang ramah lingkungan, canggih, terinterkoneksi, dan komprehensif. Sebagai salah satu produsen peralatan pembangkit listrik yang terkemuka di dunia, kami terus mencari cara-cara baru untuk memenuhi tanggung jawab kepada para pemegang saham, klien, mitra, pegawai, lingkungan, dan masyarakat yang lebih luas,” jelas Zheng JianhuaChairman of the Board & Chief Executive Officer, Shanghai Electric Group.

Tata kelola perusahaan: Sistem tata kelola ESG yang komprehensif, mengintegrasikan kelestarian lingkungan terhadap target-target strategis Shanghai Electric pada jangka panjang

Shanghai Electric telah membentuk struktur tata kelola ESG agar pembangunan berkelanjutan terintegrasi dengan perencanaan strategis grup usaha. Struktur top-down ini meliputi direksi, komite manajemen di bidang ESG, komite pakar ESG, dan gugus tugas ESG yang turut melibatkan direksi dan tiga subgrup lain.

Pengembangan produk: memadukan kecanggihan dan inovasi

Berkat keunggulannya di industri manufaktur pada segmen peralatan industri, Shanghai Electric telah membangun “ekosistem industri berbentuk segitiga”, terdiri atas peralatan canggih, industrial internet, dan industrial supply chain. Dari sisi internal, Shanghai Electric telah mengandalkan transformasi digital guna mendukung pengembangan manufaktur canggih, energi canggih, dan transportasi canggih; sementara, program pemberdayaan eksternal turut mendukung pengembangan kota canggih yang komprehensif dan multidimensi.

Dari sisi inovasi, Shanghai Electric beralih menuju industrialisasi berteknologi canggih dan industri-industri baru yang strategis. Shanghai Electric selalu mendukung riset teknologi dan pengembangan produk di segmen-segmen penting, serta giat mengeksplorasi dan mengembangkan berbagai industri dan teknologi terkini. Sepanjang 2020, Shanghai Electric telah mengalokasikan anggaran RMB 4,75 miliar untuk aktivitas Litbang, mengalami kenaikan tahunan sebesar 8,55%, dan setara dengan 3,47% dari pendapatan operasional tahunan.

Tanggung jawab lingkungan hidup: melestarikan energi, meningkatkan efisiensi, dan mengurangi emisi

Selama bertahun-tahun, Shanghai Electric telah memegang prinsip bahwa pelestarian alam berperan vital dalam pembangunan berkelanjutan. Shanghai Electric juga mempertimbangkan aspek lingkungan hidup pada setiap tautan dalam rantai industri. Laporan CSR ini menunjukkan langkah Shanghai Electric dalam menjajaki model operasional yang ramah lingkungan demi mewujudkan manajemen hijau, konservasi energi, peningkatan efisiensi, dan pengurangan emisi.

Shanghai Electric juga giat mempromosikan pengembangan proyek penghematan energi yang sangat efisien, termasuk: stasiun penyimpanan energi Shanghai Electric Golmud Meiman Minhang 32MW/64MWh, turbin uap ultra-supercritical berkapasitas 1.000 MW yang pertama di dunia, mampu menghemat lebih dari 200.000 ton batubara standar per tahun; serta Proyek Pembangkit Listrik Fase II Guangdong Huaxia Yangxi Unit 5 dan Unit 6 (2×1240MW), konsumsi panas Unit 5 telah dikurangi sebesar 1,65% dalam kondisi kerja di bawah standar.

Shanghai Electric telah mengajukan dan meraih izin polusi untuk 107 perusahaan, serta memanfaatkan izin-izin ini untuk memperkuat aspek kepatuhan terhadap regulasi, dan bermitra dengan sejumlah instansi pemerintah dalam menjalankan audit produksi yang ramah lingkungan untuk enam perusahaan. Pada 2020, Shanghai Electric melakukan investigasi emisi secara komprehensif di 86 unit produksi, enam pabrik industri, dan lima plot. Dari investigasi ini, beberapa peluang dan arahan untuk peningkatan mutu telah diusulkan.

Tanggung jawab sosial: menyalurkan bantuan untuk pandemi Covid-19

Di tengah pandemi, beberapa kasus penting telah terjadi, baik dari sisi eksternal dan internal Shanghai Electric—sehingga memperkuat penanganan Covid-19 yang dijalankan perusahaan.

Di Pakistan, Shanghai Electric baru saja menyelesaikan Proyek Pembangkit Listrik 2x660MW Blok 1 di Tambang Batubara Thar. Mewakili Shanghai Electric, Thar Coal Block-1 Power Generation Company juga telah menyalurkan donasi kepada angkatan bersenjata Pakistan. Selain itu, Shanghai Electric juga menyumbangkan PKR 6 juta untuk proyek tersebut, dan mengirim staf tambahan ke Pakistan guna mempercepat perkembangan proyek.

Shanghai Electric segera memobilisasi anggota-anggota partai dan lembaga dalam naungannya untuk mendonasikan RMB 8,8 juta guna mendukung penanganan pandemi. Lebih lagi, Shanghai Electric mengirim lebih dari 300 mesin pembuat masker ke seluruh Tiongkok, dan mempercepat pengembangan lini produksi masker otomatis—621 unit telah terkirim ke seluruh Tiongkok—serta, mendonasikan lebih dari 100.000 masker dan alat pelindung diri untuk mitra-mitra di luar negeri.