Sebanyak 33 CPNS Ikuti Seminar Evaluasi Pelaksanaan Aktualisasi Sesi II

Jakarta (01/11) – Masih dalam rangkaian Pelatihan Dasar (Latsar) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sebanyak 33 CPNS PUPR Formasi 2018 Batch IV mengikuti seminar aktualisasi sesi Ke-II.

Seminar yang dilaksanakan pada masa habituasi selama 17 September hingga 28 Oktober 2019 oleh masing-masing Unit Organisasi itu merupakan aktualisasi atas nilai-nilai yang didapat dari pembekalan sebelumnya.

 

Pada masa aktualisasi tersebut peserta latsar menyusun rancangan kegiatan tentang Agenda III yang antara lain berisi Manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN), Pelayanan Publik, dan Konsep Whole Of Government (WoG). Ketiga rancangan kegiatan tersebut mengandung unsur-unsur Agenda II, yang berupa Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika Publik, Komitmen Mutu, dan Anti Korupsi (ANEKA) dalam konteks lingkungan kerja, dimana CPNS selama ini ditempatkan.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) PUPR Lolly Martina Martief, Sekretaris BPSDM PUPR, K.M. Arsyad, dan sejumlah pejabat tinggi administrator serta pengawas di lingkungan PUPR menjadi penguji pada seminar aktualisasi ini.

 

Seminar pengujian kali ini bertujuan untuk mengevaluasi rancangan aktualisasi pada seminar tahap pertama. Seluruh hasil tugas saat masa habituasi di masing-masing unor, diujikan di hadapan penguji, mentor, dan coach.

Beberapa catatan dari seluruh penguji menyatakan, bahwa setiap tugas yang dibuat oleh para CPNS PUPR harus memerhatikan apakah rancangan tersebut mudah diimplementasikan, sebab meski dengan rentang waktu yang singkat namun mereka tetap harus berpikir secara realistis. Rancangan berpikir tersebut haris dibuat secara strategis, dengan cara yang smart, dan efisien. Selain itu, cara berkomunikasi hingga bentuk paparan (bahan tayang) dibuat dengan lebih menarik (eye-catching) agar pesan yang ingin disampaikan bisa tepat sasaran dan diterima dengan jelas.

 

Lolly berharap, setiap tugas yang dibuat oleh CPNS PUPR Formasi 2018 dapat benar-benar diimplementasikan dengan supervisi dari masing-masing mentor yang bertanggung jawab terhadap CPNS tersebut.

UPH, BPSDM PUPR, Huawei, Investree, Zalora, BNI Syariah, Canon, Indocomtech, Inspirational Video, Motivational Video