Politeknik PU Selenggarakan Webinar Pengaplikasian Geosintetik Pada Timbunan Tanah Lunak

Semarang, 17 Juli 2020 – Untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa Politeknik Pekerjaan Umum (PU) maupun masyarakat luas mengenai jenis geosintetik yang sesuai dengan fungsi dan pengaplikasiannya, Politeknik PU menggelar webinar dengan dua tema, yakni Penyelidikan Tanah Dan Aplikasinya Pada Konstruksi Timbunan Di Atas Tanah Lunak dengan Vacuum Preloading dan Penanganan Kelongsoran Lereng Dengan Geotekstil Komposit.

Kegiatan yang dibuka oleh Direktur Politeknik PU, Prof. Indratmo Soekarno, dengan dipandu oleh Himawan T. Santoso tersebut menghadirkan Manajemen Geosinindo, As’ari Suharto, dan dua narasumber dari Geosinindo, masing-masing Sigit Dwi Prasetyo dan Pria Ardhana. Seminar yang diikuti oleh dosen, mahasiswa Politeknik PU, dan masyarakat umum tersebut dilakukan dengan menggunakan zoom yang disiarkan secara live melalui youtube.

 

Kegiatan sehari tersebut membahas masalah yang berkaitan dengan bidang Ke-PU-an, yakni aspek geosintetik penyelidikan tanah dan aplikasinya pada konstruksi timbunan di atas tanah lunak, dimana sangat relefan bagi pembangunan proyek ke-PU-an, baik bidang jalan, jembatan, dan gedung.

Manajemen PT. Geosindo Group, As’ari Suharto, memaparkan sekilas profile perusahan, dimana dengan berbagi pengetahuan dalam webinar tersebut diharapkan dapat berkontribusi dan bekerjasama dalam membangun Indonesia.

Sementara Sigit Dwi Prasetyo menjelaskan mengenai pengaplikasian vacuum preloading pada kontruksi timbunan jalan di atas tanah lempung lunak, percepatan konsolidasi vacuum preloading, desain perencanaan untuk percepatan konsolidasi, serta metode pelaksanaan vacuum preloading.

 

Tanah lunak memiliki ciri-ciri point geseran rendah dan kompresibilitasnya tinggi, sehingga jika pembangun struktur di atasnya harus ada perlakuan khusus. Selanjutnya Pria Ardana memaparkan studi kasus mengenai penanganan lelongsoran lereng jalan yang dengan menggunakan geosintetik komposit memiliki metode, data proyek, dan instalasi, sehingga dapat menentukan jenis pengujian geosintetik yang sesuai dengan fungsi dan aplikasi geosintetik yang direncanakan maupun dengan kondisi lapangan yang dihadapi.

BNI Syariah, Waze, Wall’s, Unilever Indonesia. Tbk, Lion Air, BPSDM PUPR, Inspirational Video, Motivational Video