Event, Umum  

Peringatan 27 Tahun Penetapan Situs Sangiran sebagai Warisan Dunia UNESCO

Museum Manusia Purba Sangiran. sangirankita

Sragen – Dalam rangka memperingati 27 tahun penetapan Situs Sangiran sebagai Warisan Dunia UNESCO, Museum Manusia Purba Sangiran mengundang Sobat Budaya untuk meramaikan serangkaian acara yang tidak hanya mengedukasi tetapi juga menghibur. Sejak ditemukannya alat serpih di bukit Ngebung pada tahun 1934 oleh G.H.R von Koenigswald, Sangiran telah mengungkap berbagai fosil penting, termasuk Homo erectus dan alat-alat budaya manusia purba. Penemuan ini semakin mengukuhkan Sangiran sebagai situs penting dalam sejarah peradaban manusia.

Toto Marsono dan masyarakat Sangiran telah memainkan peran penting dalam pelestarian situs ini, yang berujung pada pembentukan Museum Sangiran. Pada 7 Desember 1996, UNESCO secara resmi menetapkan Sangiran sebagai Warisan Dunia, sebuah pengakuan atas nilai pentingnya dalam sejarah peradaban dunia.

Baca juga  Teatrikal Pertempuran "Jembatan Sepanjang Surabaya 1945" Kembali Hadir di Monumen Tugu Pahlawan

Kini, di bawah pengelolaan Museum dan Cagar Budaya Kemdikbudristek, Museum Manusia Purba Sangiran terus melakukan upaya pelestarian yang inklusif dan berbasis kemitraan dengan masyarakat. Peringatan 27 tahun ini bukan hanya sekadar perayaan, tetapi juga refleksi dari implementasi pelestarian warisan budaya.

Kalender Acara:

  • 10 Desember: Pagelaran Wayang Kulit Lokasi: Museum Ngebung Waktu: 19.00 – Selesai Biaya: Gratis Detail: Sebuah pertunjukan wayang kulit tradisional yang menawarkan pengalaman budaya yang kaya.
  • 13 Desember: Tour de Sangiran Lokasi: Museum Dayu Waktu: 11.00 – Selesai Detail: Sebuah tur mengelilingi situs Sangiran yang sarat dengan informasi sejarah dan arkeologi.
  • 15 – 19 Desember: Lokakarya 27th Sangiran World Heritage Lokasi: Surakarta Platform: Live di YouTube Detail: Lokakarya yang membahas tentang warisan Sangiran dan pentingnya pelestarian situs warisan dunia.
  • 16 Desember: Talk Show 27th Sangiran World Heritage Lokasi: Museum Krikilan Waktu: 14.00 – Selesai Biaya: Gratis & Live di YouTube Detail: Sebuah diskusi terbuka mengenai nilai dan pelestarian Situs Sangiran.
Baca juga  Terbukti Hal Ini Yang Bikin CV Mu Menarik dan Mudah Di Lirik

Museum Manusia Purba Sangiran terbuka untuk umum dan mengundang semua kalangan untuk berpartisipasi dalam peringatan penting ini. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi situs resmi Museum Manusia Purba Sangiran. Untuk pembelian tiket dan informasi lebih detil mengenai setiap acara, Anda dapat mengakses tautan resmi yang disediakan oleh penyelenggara.

Mari kita bersama-sama merayakan dan melestarikan warisan budaya yang tak ternilai ini!