Penilaian Potensi dan Kompetensi Untuk Mendapatkan ASN Yang Tepat

27

Jakarta, 25 Juni 2020 – Dalam rangka membangun manajemen sumber daya manusia berbasis sistem merit yang handal sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2020 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Pusat Pengembangan Talenta, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM ) mengadakan webinar dengan tema Menjaga Kualitas Penilaian Potensi dan Kompetensi Online di Lingkungan Kementerian PUPR di Jakarta, Kamis (25/6).

 

Kepala BPSDM PUPR, Sugiyartanto, dalam sambutannya melalui konferensi video, mengatakan untuk mendapatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) PUPR yang tepat dan sesuai kompetensinya perlu dilakukan penilaian kompetensi, yaitu melihat kemampuan sesorang dari jabatan dengan kompetensi yang dimiliki diukur melalui metode Assessment Center.

Penilaian potensi dan kompetensi juga merupakan salah satu langkah strategis BPSDM untuk membantu Kementerian PUPR menyusun profil ASN dengan menyediakan data-data atau profil ASN melalui mekanisme penilaian yang objektif dan transparan dengan tetap mengedepankan integritas.

 

Penyelenggaraan penilaian kompetensi didasarkan pada prinsip independensi, objektif, valid, reliabel, dan transparan. Untuk menjamin hasil penilaian potensi dan kompetensi serta untuk menjaga kualitas hasil penilaiannya perlu dilakukan penyamaan persepsi dari para asesor mengenai proses bisnis organisasi dan tata kerja di Kementerian PUPR. Dengan begitu diharapkan asesor dapat menangkap dan menggambarkan setiap peran, fungsi, dan tugas asesi dalam menjalankan pekerjaannya, sehingga sasaran kompetensi manajerial yang diukur akan lebih mendalam dan asesor juga lebih mudah menentukan levelling kompetensi.

Untuk sementara ini kegiatan penilaian potensi dan kompetensi dilaksanakan secara daring, mengacu pada Surat Edaran Nomor 02/SE/KM/2020 tentang pedoman pelaksanaan kegiatan selama masa pandemic corona Virus Disease 2019  (covid-19). Oleh karena itu harus webinar yang diikuti 175 peserta tersebut diharapkan bisa dilaksanakan seobjektif mungkin serta transparan dengan tetap mengedepankan integritas.

Blibli.com, BNI Syariah, BPSDM PUPR, Kementan RI, Kemenkeu RI, Inspirational Video, Motivational Video