P A L U – 08 Maret 2021. Batik Air memberikan informasi mengenai penerbangan rute Palu melalui Bandar Udara Mutiara Sis-Aljufri, Sulawesi Tengah (PLW) tujuan Jakarta melalui Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang (CGK) bahwa mengalami penundaan atau keterlambatan keberangkatan.
Batik Air menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh tamu yang terganggu perjalanannya atas ketidaknyamanan yang timbul dari penerbangan ID-6561.
Batik Air senantiasa patuh menjalankan operasional dan layanan penerbangan berdasarkan ketentuan atau peraturan yang berlaku dengan tetap memperhatikan faktor-faktor yang memenuhi aspek keselamatan keamanan serta sebagaimana pedoman protokol kesehatan.
Batik Air penerbangan ID-6561 akan dioperasikan menggunakan Boeing 737-800 NG registrasi PK-LDP, dengan jumlah 151 tamu. Jadwal keberangkatan dari Bandar Udara Mutiara Sis-Aljufri pukul 07.00 WITA (Waktu Indonesia Tengah, GMT+ 08) dan diperkirakan tiba di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta pada 08.45 WIB (Waktu Indonesia Barat, GMT+ 07).
Sesuai standar operasional prosedur (SOP), ketika pesawat tersebut sudah berada di landas parkir (apron) Bandar Udara Mutiara Sis-Aljufri maka dilakukan pengecekan sebelum keberangkatan (pre flgiht check) secara menyeluruh oleh awak kokpit (pilot) dan teknisi.
Hasil pengecekan pada pesawat, ditemukan menyerupai garis yang melengkung (panjang kurang lebih 30 cm) pada permukaan lapisan kaca kokpit (cockpit windshield) di bagian kiri. Mengenai penyebabnya, masih dalam tahap pemeriksaan.
Untuk memastikan keselamatan dan keamanan penerbangan, maka Batik Air memutuskan untuk menunda jadwal keberangkatan ID-6561.
Fungsi lapisan kaca ialah mempengaruhi permukaan kaca, menahan dan mengalirkan tekanan serta menciptakan seperti film tembus pandang di kaca depan, yang semakin menambah kemampuan penglihatan pilot.
Oleh karena itu, lapisan dan kaca harus bersih, yang berguna sebagai alat bantu awak kokpit (pilot) agar dapat mudah terhubung atau melihat jelas secara visual dengan kondisi di luar pesawat.
Pesawat wajib menjalani pengecekan lebih lanjut sehingga membutuhkan waktu pengerjaan signifikan. Hal ini diperlukan komponen pengganti (spare part) yang rencana didatangkan dari Balikpapan, perkiraan tiba di Palu pukul 12.40 WITA, dengan estimasi pengerjaan penggantian yang membutuhkan waktu berkisar 120 menit.
Batik Air telah menyampaikan informasi sesuai perkembangan terkini dan memberikan kompensasi keterlambatan keberangkatan (delay management) berdasarkan ketentuan yang berlaku. Pilihan layanan yang juga diberikan kepada tamu atau sesuai permintaan tamu penerbangan ID-6561, antara lain:
- Pembagian makanan ringan (snack) dan makanan berat (heavy meals) sesuai durasi jam keterlambatan,
- Kompensasi berupa uang: Rp 300.000,00
- Perubahan jadwal keberangkatan (reschedule),
- Pengembalian dana dari tiket tunai (refund cash),
- Pindah terbang terdekat dengan Batik Air (transfer flight) rute Palu – Makassar – Jakarta 14 tamu,
- Pindah terbang terdekat dengan Wings Air dan Batik Air (transfer flight) rute Palu – Luwuk – Makassar – Jakarta 46 tamu.
Batik Air meminimalisir dampak yang timbul, agar penerbangan Batik Air lainnya tidak terganggu.