MBKM di Era Industri 4.0 Telah Dikembangkan Oleh Fakultas Bioteknologi UKDW

Mahasiswa diberikan kebebasan untuk mengambil 60 SKS pembelajaran di luar prodi selama tiga semester, yang dapat diambil dari luar prodi dalam satu perguruan tinggi (PT) dan/atau di luar PT. Sistem ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman kepada mahasiswa di luar kampus.

Maka dari itu Fakultas Bioteknologi Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta merespons kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang menjadi program dari Kemendikbud melalui kerja sama kemitraan dengan 38 Program Studi Biologi yang tersebar di seluruh Indonesia.

Tujuannya agar mahasiswa dapat melaksanakan proses pembelajaran yang kreatif dan inovatif serta memiliki kepekaan terhadap sekitarnya, sehingga mahasiswa dapat meraih capaian pembelajaran secara optimal.

Menurut Dra. Aniek Prasetyaningsih, M.Si. selaku Wakil Dekan Bidang Akademik (WD I) Fakultas Bioteknologi UKDW kegiatan MBKM Fakultas Bioteknologi tahap pertama yang telah dilaksanakan adalah mengirimkan sepuluh mahasiswa untuk mengikuti perkuliahan pada semester genap tahun akademik 2020/2021 di tiga universitas baik negeri maupun swasta yaitu Universitas Negeri Soedirman (UNSOED) Purwokerto, Universitas Padjadjaran (UNPAD) Bandung, dan Universitas Surabaya (UBAYA). Mata kuliah yang diambil terdiri dari virologi, etnobiologi, virologi terapan, dan teknologi hasil hewani. 

“Kerja sama selanjutnya yang akan dilaksanakan dengan berbagai perguruan tinggi adalah pertukaran dosen pengajar serta penelitian bersama antar dosen dan mahasiswa. MBKM Fakultas Bioteknologi juga  diwujudkan melalui penelitian bersama dan pembimbingan skripsi mahasiswa dengan mengirimkan lima mahasiswa dan satu dosen pembimbing.  Kerja sama dilakukan dengan Pusat Penelitian Laut Dalam Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia di Poka Ambon, serta Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Aek Nauli Simalungun Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Kementerian Lingkungan Hidup,” tuturnya.

Selain itu Fakultas Bioteknologi UKDW juga melakukan kerja sama dengan Prodi Biologi Universitas Terbuka dengan menjadi penyelenggara 14 mata kuliah praktikum di Laboratorium Fakultas Bioteknologi pada semester genap 2020/2021 yang akan diselenggarakan mulai bulan April sampai Juni tahun 2021. Sementara itu, kerja sama lain yang sedang dipersiapkan adalah dengan BUGI – Bildung und Gesundheit für Indonesien e.V. (Hannover, Germany), Universitas Madako dan Buki Dive dalam program Schoki di Tolitoli, Sulawesi Tengah untuk lingkup Marine Biota Conservation, Ecotourism, Organic Solid Waste Management, dan Organic Farming

“Program MBKM ini diperuntukkan bagi mahasiswa semester VII dan VIII yang sedang menempuh kompetensi profesional pada Prodi Biologi dengan beban 20-23 SKS. Pelaksanaan kegiatan ini akan diselenggarakan mulai bulan Agustus 2021 selama 6-12 bulan di lokasi yang diberikan sebagai mata kuliah KKN, Proyek Pengembangan Profesi (magang), Bioentrepreneurship, Pengelolaan Sumber Daya Alam, Ecotourism, Skripsi, dan mata kuliah pilihan lain,” imbuhnya.

Melalui program MBKM ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi lulusan, baik soft skills maupun hard skills agar lebih siap menghadapi dunia kerja dan relevan dengan kebutuhan zaman, serta menyiapkan lulusan sebagai pemimpin masa depan bangsa yang profesional.