Umum  

PayPal Telah Mendaftar Ke Aturan Lisensi Indonesia, Akses Telah Dibuka

PayPal Telah Mendaftar Ke Aturan Lisensi Indonesia, Akses Tidak Diblokir

Seremonia.id – Perusahaan pembayaran AS PayPal telah terdaftar sebagai operator sistem elektronik di Indonesia dan pelanggannya sekarang dapat mengakses layanannya, kata perusahaan itu pada hari Rabu.

PayPal adalah salah satu dari beberapa situs web yang diblokir Indonesia pada akhir pekan karena kegagalan mereka untuk mematuhi aturan lisensi baru.

Perusahaan diberi batas waktu Juli untuk mendaftar di bawah aturan baru yang akan memungkinkan pihak berwenang untuk memaksa platform untuk mengungkapkan data pengguna tertentu dan menghapus konten yang dianggap melanggar hukum atau yang “mengganggu ketertiban umum” dalam waktu empat jam jika mendesak, dan 24 jam jika tidak.

Johnny G. Plate, Menteri Komunikasi Indonesia, pada hari Rabu mendesak masyarakat untuk menghindari penggunaan layanan tidak terdaftar “untuk meminimalkan kerugian yang mungkin timbul, jika … tindakan ilegal terjadi di layanan swasta tersebut.”

Baca juga  Indonesia Usung Isu Empat Pilar Ekonomi dalam Forum ASEAN Jelang Tahun Internasional Ekraf

Kementerian Komunikasi mengatakan pihaknya juga membuka blokir akses ke layanan mesin pencari Yahoo dan perusahaan video game Valve Corporation, termasuk Steam dan Dota 2, pada hari Selasa setelah mengatakan telah memblokir mereka pada hari Sabtu.

Aturan perizinan yang baru telah menimbulkan kontroversi karena para aktivis dan publik takut bahwa pemerintah dapat mengawasi konten media sosial.

Meskipun aturan lisensi pertama kali diperkenalkan pada tahun 2020, perusahaan seperti Meta Platforms Inc (META.O) dan unitnya – yang meliputi Instagram dan WhatsApp – serta Google Alphabet Inc mendaftar hanya beberapa jam atau hari sebelum batas waktu pada akhir Juli. Spotify, Netflix, dan TikTok ByteDance juga telah mendaftar.

Baca juga  Kominfo Buka Akses Sementara ke PayPal, Beri Masyarakat Waktu Untuk Withdraw

Dengan populasi muda yang paham teknologi sebanyak 270 juta, Indonesia adalah pasar 10 besar dalam hal jumlah pengguna untuk sejumlah perusahaan media sosial.