LLDIKTI Wilayah III Mengakui Prestasi UPH sebagai Perguruan Tinggi Swasta Pencetak Guru Besar Terbanyak Tahun 2023

Universitas Pelita Harapan (UPH) terus mengukir prestasi dalam dunia pendidikan dengan komitmennya untuk menyajikan fasilitas pendidikan terbaik. Pencapaian terbaru UPH adalah meraih penghargaan Platinum Winner sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dengan jumlah Guru Besar Terbanyak pada tahun 2023 dari Lembaga Layanan Perguruan Tinggi (LLDikti) Wilayah III.

Prestasi gemilang ini diumumkan pada acara Rapat Koordinasi Daerah (RAKORDA) LLDikti Wilayah III Tahun 2024, yang diselenggarakan di Grand Chapel UPH Kampus Lippo Village, Tangerang, pada 1 Februari 2024. UPH berhasil meraih penghargaan ini berkat kelahiran 13 guru besar, menjadikannya PTS dengan jumlah guru besar terbanyak di Jakarta.

Lisye Nurzaman, Manager of Lecturer Academic Pathway Services (LAPS) UPH, menjelaskan bahwa jumlah guru besar merupakan dasar penilaian akreditasi program studi (Prodi) dan universitas. Oleh karena itu, UPH menetapkan kenaikan jumlah guru besar sebagai salah satu Indikator Kinerja Utama (IKU), mencerminkan komitmen UPH dalam meningkatkan mutu pendidikan.

Baca juga  Kemenpora Gelar Bali IFC 2018 Sebagai Ajang Peningkatan Mutu Sepakbola Usia Muda Nasional

Program Kenaikan Jabatan Akademik Dosen dan Kebijakan Pendukung Studi Lanjut menjadi langkah konkret UPH untuk mendukung para dosen mencapai Jenjang Jabatan Akademik (JJA) tertinggi. UPH berharap para Guru Besar yang dilantik dapat memberikan kontribusi signifikan melalui riset, pengajaran, dan pengabdian, serta menjadi mento bagi dosen lainnya.

Eric Jobiliong, Ph.D., Associate Provost for Academic and Innovation dan Dekan Fakultas Sains dan Teknologi (FaST) UPH, menyatakan bahwa prestasi ini membuktikan bahwa para dosen UPH terus meningkatkan kualitas dalam pengajaran, penelitian, dan pengabdian. UPH berkomitmen untuk terus meningkatkan jumlah guru besar guna mendukung peningkatan kualitas para dosen.

Prof. Dr. Diena Mutiara Lemy, A.PAR., M.M., CHE, Dekan Fakultas Pariwisata UPH, sebagai contoh nyata komitmen tinggi untuk menjadi Guru Besar, menekankan bahwa gelar tersebut bukan hanya prestasi pribadi tetapi juga tanggung jawab sebagai akademisi. Dalam pandangannya, Guru Besar memiliki peran besar dalam pengembangan ilmu pengetahuan.

Baca juga  LRSLU “Minaula” Kendari Bekerjasama dengan Lembaga Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia (LKS-LU) Oriz Al Dzikri Sowite Selenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pendampingan Lanjut Usia

Penghargaan ini mendapatkan apresiasi dari Prof. Dr. Ir. Toni Toharudin, S.Si., M.Sc., selaku Kepala LLDikti Wilayah III, yang menyebut UPH sebagai penyelenggara pendidikan tinggi yang efektif, inklusif, adaptif, dan sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Selain sebagai PTS dengan jumlah Guru Besar Terbanyak 2023, UPH juga meraih lima penghargaan lainnya, termasuk Akreditasi Unggul, keberadaan Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual, Profesor Termuda, Dosen dengan Score Publikasi SINTA Tertinggi, dan PTS dengan Infrastruktur Terbaik Tahun 2023.

Penulis: Luthfan Wira Alfiqri