Kerja Sama Antara Indosat Ooredoo Hutchison dan Ericsson: Meningkatkan Pengalaman Pelanggan dengan Teknologi Mutakhir untuk Mendukung Digitalisasi di Indonesia

Pada tanggal 29 Februari 2024, Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH, IDX: ISAT) dan Ericsson (NASDAQ: ERIC) telah menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) selama Mobile World Congress (MWC) 2024 di Barcelona. Melanjutkan kemitraan strategis mereka, keduanya berkolaborasi untuk mengeksplorasi teknologi masa depan yang akan meningkatkan pengalaman pelanggan dan mendukung upaya digitalisasi di Indonesia. Langkah ini sejalan dengan tujuan besar Indosat dalam memberdayakan masyarakat dan mendukung visi Indonesia Emas 2045 melalui transformasi digital.

Kolaborasi ini akan melibatkan ekspansi inisiatif Indosat pada platform Ericsson Business Support System (BSS) untuk memperkuat layanan pelanggan prabayar dengan penawaran inovatif. Tujuannya adalah untuk memberikan respons yang lebih cepat terhadap perubahan pasar, mengukuhkan posisi Indonesia sebagai pusat digital, dan mendorong pertumbuhan berkelanjutan di era digital.

Baca juga  FIFGROUP Resmikan Gedung Baru Optimalkan Pelayanan untuk Custumer Cabang Banyuwangi

Vikram Sinha, President Director & Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison, menyatakan semangat gotong royong sebagai kunci strategi transformasi Indosat. Kerja sama dengan Ericsson diarahkan untuk mendorong adopsi teknologi masa depan, membuka peluang baru, dan mendukung pertumbuhan berkelanjutan di industri telekomunikasi. Selain itu, kolaborasi ini juga menjadi bagian dari komitmen jangka panjang Indosat dalam memberdayakan masyarakat Indonesia dan mendukung visi Indonesia Emas 2045.

Krishna Patil, Head of Ericsson Indonesia, menekankan komitmen Ericsson untuk mendukung Indosat dengan inovasi terbaru menggunakan teknologi kelas dunia. Peningkatan pada Ericsson BSS diharapkan dapat membantu Indosat merealisasikan potensi bisnis dari evolusi jaringan dan memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan.

Baca juga  Peralatan Pertambangan Ganda Pertama dan Revolusioner oleh Dombey

Kolaborasi ini merupakan kelanjutan dari kemitraan strategis dalam teknologi Ericsson Digital Monetization Platform (DMP) yang telah diluncurkan pada Juni 2023. Ericsson DMP Business telah membantu Indosat mempercepat waktu pemesanan hingga aktivasi hingga 70 persen dan meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. Arsitektur yang dimodernisasi dan katalog terpusat telah membawa peningkatan signifikan dalam hal time to market (TTM), yaitu sebesar 60 persen.

Dengan mengeksplorasi kolaborasi teknologi masa depan, Indosat dan Ericsson berkomitmen untuk membawa pengalaman digital terbaik kepada pelanggan, mendukung agenda transformasi digital pemerintah, dan mempercepat perjalanan transformasi digital di Indonesia.

Penulis: Luthfan Wira Alfiqri