Lion Air Grup Bekerjasama dengan Daya Dinamika Sarana Medika (DDSM) Guna Pemulihan Perekonomian

B A N D U N G – 17 Oktober 2021. Lion Air (kode penerbangan JT), Wings Air (kode penerbangan IW),  Batik Air (kode penerbangan ID) member of Lion Air Group bersama PT Daya Dinamika Sarana Medika  (DDSM) mengumumkan sinergitas terbaru dalam rangka penyediaan fasilitas uji kesehatan Corona Virus  Disease 2019 (Covid-19)) yaitu Reverse Transcription-Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) Rp 285.000.  

Penambahan lokasi strategis berada di area Bandung Raya, Jawa Barat sebagai fasilitas (outlet services) untuk  pengambilan sampel RT-PCR. Untuk lokasi pengujian (pemeriksaan) sampel dilakukan terpusat di  laboratorium yang terafiliasi dan terdaftar di Kementerian Kesehatan, yaitu C742 Laboratorium UNPAD  Dipati Ukur. 

Layanan pertama bertarif Rp 285.000 sudah berjalan (beroperasi), yang diharapkan dapat mengakomodir  kebutuhan calon penumpang yang berasal dari Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung  Barat, Kota Cimahi dan wilayah lain di sekitar untuk melakukan uji kesehatan di lokasi fasilitas kesehatan  yang strategis, sebagai berikut: 

Kota Bandung 

KPH Service Point-Injabar Unpad

Jalan Banda No. 40, Citarum, Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40115 Call/WA center +6281122221050 

Waktu pelayanan: 

Senin – Sabtu pukul 07.30 – 19.30WIB  

Minggu dan libur nasional – tutup (tidak melayani) 

Penyelenggaraan RT-PCR tetap berjalan sebagaimana pedoman protokol kesehatan, sesuai apa yang telah  dijalankan oleh Lion Air Group dan DDSM, terjangkau untuk satu kali RT-PCR, masa berlaku menurut  ketentuan yang telah diterbitkan dan diberlakukan saat ini. Hasil uji setelah pengambilan sampel RT-PCR  akan keluar (selesai) rata-rata 12-24 jam (maksimal 1 x 24 jam). 

Lion Air Group juga sudah menyediakan layanan uji kesehatan RDT –ANTIGEN di area Bandung Raya dengan  tarif terjangkau Rp 35.000.  

Kedua layanan uji kesehatan kerjasama fasilitas kesehatan (RDT-ANTIGEN dan RT-PCR) akan membantu  calon penumpang dalam merencanakan penerbangan, sesuai ketentuan yang berlaku.

Persyaratan RDT-ANTIGEN dan RT-PCR Lion Air Group bersama fasilitas kesehatan, sebagai berikut: 1. Khusus calon penumpang yang mempunyai tiket pada penerbangan Lion Air Group (Lion Air, Wings  Air dan Batik Air), 

Pembelian tiket (issued ticket) dan informasi perjalanan udara diperoleh melalui: Kantor Pusat dan  Kantor Cabang Penjualan Tiket (Ticketing Town Office) Lion Air Group di seluruh kota di Indonesia;  www.lionair.co.id ; www.batikair.com ; Aplikasi (mobile apps) Lion Air dan Batik Air (pembelian tiket  Wings Air juga bisa melalui website dan aplikasi tersebut); Call center 021-6379 8000 dan 0804-177- 8899; mitra agen perjalanan (tour travel) dan online travel agent (OTA)

  1. Voucher bisa dibeli bersamaan pada saat pembelian tiket (issued ticket), 
  2. Bagi calon penumpang yang sudah memiliki tiket pesawat Lion Air Group dan belum melaksanakan  RDT-ANTIGENatau RT-PCR, maka dapat melakukan pembelian voucher RDT-ANTIGENhingga 3 jam  sebelum keberangkatan dan RT-PCR hingga 30 jam sebelum keberangkatan dengan  menunjukkan kode pemesanan (booking code) melalui sales channel seperti call center, kantor  penjualan Lion Air Group, www.lionair.co.id , www.batikair.com , agen perjalanan (tour and travel)  dan lainnya. 
  3. Bagi calon penumpang yang belum memiliki voucher, dapat melakukan uji kesehatan di jejaring  fasilitas kesehatan dengan menunjukkan tiket valid dan identitas resmi. Pembayaran bisa  dilakukan secara langsung kepada pihak fasilitas kesehatan.
  4. Proses pengambilan sampel RT-PCR harap dilakukan maksimal 1×24 jam sebelum  keberangkatan. Apabila pengambilan sampel mendekati jadwal keberangkatan (kurang dari 24 jam  sebelum keberangkatan), maka voucher tidak berlaku. 
  5. Apabila hasil uji dinyatakan positif (+) Covid-19, maka calon penumpang mengajukan proses  perubahan jadwal keberangkatan (reschedule) atau pengembalian dana tiket (refund) tanpa  dikenakan biaya. 

Hal ini dilakukan guna mendukung program pemerintah untuk memastikan keamanan dan sebagai syarat  penerbangan setiap calon penumpang dalam bepergian menggunakan pesawat udara sejalan menekan laju  penyebaran virus korona (Covid-19).  

Harapan terbesar kemitraan Lion Air Group dan fasilitas kesehatan akan mendorong percepatan pemulihan  ekonomi melalui transportasi udara, mendorong tren permintaan penerbangan sejalan dengan kesungguhan  Lion Air Group dalam mengoperasikan layanan yang tetap mengutamakan dan memenuhi unsur-unsur  keselamatan, keamanan penerbangan dan dijalankan sebagaimana pedoman protokol kesehatan. 

Fasilitas RT-PCR akan memberikan nilai lebih serta sebagai solusi bagi calon penumpang di berbagai kota di  Indonesia. (lihat pada daftar lampiran – terpisah dari siaran berita ini).  

Lion Air Group tengah mengembangkan dan mempersiapkan jejaring uji kesehatan di kota-kota lainnya. 

Terbang Sehat dan Aman

Baca juga  Telkomsel Luncurkan Fita Guna Mendorong Masyarakat Hidup Sehat

Uji kesehatan Covid-19 didukung tenaga medis profesional, kinerja serta tingkat kecepatan penanganan  akurat, tepat waktu (real time), praktis, mudah, hemat waktu, efektif dan dikerjakan berdasarkan protokol  kesehatan ketat. 

Lion Air Group dan faskes kerjasama mendukung program pemerintah dalam pengendalian penyebaran virus  korona (Covid-19) serta bagian usaha memastikan keamanan dan setiap calon penumpang dalam bepergian  menggunakan pesawat udara telah memenuhi ketentuan yang ditetapkan.  

Pemberlakuan voucher terbaru uji kesehatan telah disesuaikan dengan permintaan dan dinamika pasar yang  berkembang. Lion Air Group optimis, ketersediaan layanan uji kesehatan mampu memberikan nilai lebih dan 

kemudahan setiap calon penumpang agar bisa merencanakan perjalanan udara sehat, aman dan  menyenangkan.

Baca juga  Masyarakat Pro Aktif Perekaman KTP-el, Dukung Program Pemerintah Sekaligus Bantu KPU

Layanan kerjasama Lion Air Group dengan DDSM di Bandung ini diharapkan dapat membantu dan  menawarkan kemudahan kepada setiap calon penumpang Lion Air Group dalam mempersiapkan  kelengkapan dokumen sebagai syarat perjalanan udara melalui keberangkatan dari Bandar Udara  Internasional Husein Satranegara (BDO) dan bandar udara di sekitar. 

Operasional Lion Air dan Wings Air melayani pilihan secara langsung tujuan Medan Kulanamu, Palembang,  Tanjung Karang – Lampung, Semarang, Yogyakarta Adisutjipto, Surabaya, Denpasar dan saling terkoneksi  (terhubung) dengan penerbangan Batik Air, Wings Air serta Lion Air menuju berbagai kota. 

Sistem Sirkulasi Udara Terjaga Baik

Seluruh armada dilengkapi High Efficiency Particulate Air (HEPA) filter atau penyaringan partikel yang kuat.  HEPA filter membantu menjaga kebersihan udara di kabin dan menyaring lebih dari 99,9% jenis virus,  kuman, serangga dan bakteri. Udara di dalam kabin pesawat diperbarui setiap 2-3 menit, sehingga lebih  segar. Siklus udara dari toilet (lavatory) dan dapur (galley) langsung dialirkan ke luar pesawat. 

Peningkatan kegiatan kebersihan dan sterilisasi pesawat udara Lion Air Group secara berkala dengan metode  Aircraft Exterior and Interior Cleaning (AEIC) dijalankan di pusat perawatan pesawat Batam Aero Technic  (BAT) dan di berbagai basis bandar udara (base station) dimana pesawat Lion Air Group berada.  

Lion Air Group tetap menerapkan semua ketentuan penerbangan yang berlaku selama masa waspada  pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Hal ini sesuai rekomendasi aturan dari regulator serta  komitmen Lion Air Group beroperasi senantiasa mengedepankan faktor keselamatan, keamanan dan  kenyamanan penerbangan (safety first) serta dijalankan sebagaimana pedoman protokol kesehatan.