Ingin Menjadi Dokter Sukses? Persiapkan 4 Modal Ini Sejak SMA!

Setiap tahunnya, jurusan kedokteran di berbagai perguruan tinggi di Indonesia selalu menjadi favorit dengan tingginya minat dari calon mahasiswa. Pada tahun 2023, kedokteran menjadi jurusan favorit di beberapa Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Profesi ini dianggap mulia dengan tanggung jawab kemanusiaan yang besar, melibatkan pemeriksaan kesehatan, diagnosis, penyembuhan, memberikan saran kesehatan, hingga mendukung upaya pemerintah untuk meningkatkan kesehatan masyarakat.

Selain menjadi dokter umum, profesi ini membuka peluang karier yang luas, termasuk menjadi dokter spesialis, tenaga pendidik, PNS, peneliti, konsultan kesehatan, wirausaha, influencer, hingga pemimpin perusahaan atau rumah sakit. Persaingan yang ketat menuntut persiapan sejak dini. Berikut adalah empat hal yang dapat dipersiapkan sejak usia pelajar:

1. **Penguasaan di Bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA):**
– Diperlukan penguasaan yang kuat di bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), mencakup Biologi, Fisika, Kimia, dan Matematika.
– Memilih jurusan IPA di SMA menjadi syarat utama untuk menempuh pendidikan kedokteran di perguruan tinggi.

Baca juga  Tarif Tol Bakauheni - Terbanggi Besar 140,9 Km Akan Segera Diberlakukan

2. **Nilai Rapor yang Baik, Terutama di Bidang IPA:**
– Pencapaian nilai rapor yang baik, terutama pada mata pelajaran IPA, menjadi kewajiban bagi calon mahasiswa kedokteran.
– Nilai rata-rata minimal rapor umumnya ditentukan oleh fakultas kedokteran di universitas, dengan nilai 80 sebagai standar minimal pada mata pelajaran IPA.

3. **Kemampuan Berbahasa Inggris yang Baik:**
– Dokter perlu memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik, karena sebagian besar materi pembelajaran kedokteran disajikan dalam bahasa Inggris.
– Penting untuk mengasah kemampuan bahasa Inggris selama masa sekolah untuk mempelajari materi dengan lancar.

4. **Aktif dalam Kegiatan Sosial:**
– Selain ilmu pengetahuan alam, pengetahuan luas tentang ilmu sosial dan kemasyarakatan diperlukan.
– Aktif dalam kegiatan sosial, pelayanan masyarakat, penelitian, dan perlombaan dapat menjadi modal untuk memperluas wawasan.

Baca juga  Kemudahan Layanan Rapid Test Covid-19 Lion Air Group - “Mengakomodir di BANDA ACEH dengan 2 Fasilitas”

Bagi mereka yang bercita-cita menjadi dokter, Fakultas Kedokteran Universitas Pelita Harapan (FK UPH) menawarkan tempat untuk menempuh pendidikan dan mengembangkan diri. Dengan rekam jejak lebih dari 21 tahun, FK UPH telah melahirkan ribuan tenaga dokter yang unggul, kompeten, profesional, inovatif, dan bersemangat dalam melayani masyarakat.

Pembelajaran di FK UPH menggunakan metode Problem Based Learning, menekankan diskusi kasus untuk mengembangkan proaktifitas, rasa ingin tahu, pemahaman mendalam, dan kemampuan menyampaikan argumen. FK UPH memberikan pengalaman belajar yang nyaman, fasilitas kelas internasional, tenaga pengajar berkualitas, dan jaringan rumah sakit yang luas.

Mengikuti transformasi menjadi calon dokter yang unggul dan profesional di FK UPH merupakan langkah menuju karier medis kelas dunia. Informasi lebih lanjut dapat ditemukan di [sini](link).

Baca juga  Persyaratan WAJIB Perjalanan Udara Masa Waspada Covid-19

Jangan lewatkan kesempatan ini! Bergabunglah dengan Fakultas Kedokteran UPH! Untuk informasi lebih lanjut, hubungi Student Consultant di nomor 0811-1709-901 atau klik [di sini](link).

Penulis: Luthfan Wira Alfiqri