Huawei Resmi Rilis Laporan Intelligent World 2030 Guna Eksplorasi Tren Dekade Mendatang

[Shenzhen, Tiongkok, 24 September 2021] Huawei, bersama dengan para mitra industri, menyelenggarakan Intelligent World 2030 Forum. Pada gelaran tersebut, David Wang, Executive Director and President of ICT Products & Solutions Huawei menyampaikan laporan Intelligent World 2030 dalam sambutannya yang bertajuk ‘Exploring the Intelligent World 2030’. Huawei untuk kali pertama menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif dalam laporannya guna menggambarkan kecerdasan dunia pada dekade berikutnya dan meramalkan tren industri secara sistematis, agar semakin mampu membantu industri mengidentifikasi peluang baru dan menemukan nilai-nilai baru.

Selama tiga tahun terakhir, Huawei telah melakukan tukar gagasan secara mendalam dengan lebih dari 1.000 akademisi, pelanggan dan mitra industri. Huawei juga telah menggelar lebih dari 2.000 lokakarya, serta mengambil data dan metode dari organisasi otoritatif, seperti Perserikatan Bangsa-Bangsa, World Economic Forum, dan World Health Organization. Huawei telah menyampaikan gagasan dan masukan dari jurnal ilmiah seperti Nature dan IEEE, dan mengambil hikmah dari asosiasi industri dan perusahaan konsultan yang relevan, serta para ahli di dalam dan di luar Huawei. Melalui upaya ini, Huawei telah mengembangkan laporan Intelligent World 2030, memberikan wawasan tentang teknologi TIK dan tren aplikasi untuk dekade berikutnya.

Laporan tersebut mengusulkan delapan arah lintas disiplin dan lintas domain untuk eksplorasi di tingkat makro. Ini menjelaskan bagaimana teknologi TIK dapat memecahkan masalah dan tantangan pada pembangunan manusia, serta peluang baru yang dapat dibawa ke organisasi dan individu. Di tingkat industri, laporan ini mengeksplorasi teknologi masa depan dan arah pengembangan jaringan komunikasi, komputasi, kekuatan digital, dan solusi otomotif cerdas.

Wang mengatakan, “30 tahun lalu, kami memutuskan untuk memperkaya kehidupan melalui komunikasi, dan 10 tahun yang lalu kami memutuskan untuk menghubungkan setiap sudut dunia agar bisa membangun dunia yang lebih baik dan terhubung. Sekarang, visi dan misi kami adalah menghadirkan kehidupan digital kepada setiap orang, rumah, dan organisasi guna membangun dunia yang sepenuhnya terhubung dan cerdas. Kami sangat yakin bahwa dunia cerdas yang brilian akan datang secepatnya.”

Banyak tokoh penting yang diundang untuk berbicara di forum tersebut, termasuk futuris terkenal Steven Johnson, founding and rotating chairman of the World Electric Vehicle Association Chen Qingquan, Co-President of Roland Berg Global Management Committee Denis Depoux, dan Vice President of the China Academy of Information and Communications Technology (CAICT) Wang Zhiqin. Mereka membagikan wawasan mengenai dunia cerdas dan mendiskusikan bagaimana TIK dapat mendorong pembangunan sosial-ekonomi menjadi lebih baik.

Intelligent World 2030 Forum adalah forum di mana untuk kali pertama Huawei secara sistematis berbagi penelitian dan wawasan mutakhir untuk dekade berikutnya. Dengan membagikan pengetahuan ini akan membawa nilai besar bagi pembangunan sosial, terutama untuk transformasi digital global dan ekonomi digital.

Imajinasi akan menentukan seberapa jauh kita akan melangkah di masa depan, tindakan akan menentukan seberapa cepat kita akan mencapai masa depan, dan cara terbaik untuk memprediksi masa depan adalah dengan menciptakannya. Masih banyak tantangan yang harus diatasi dalam perjalanan menuju dunia cerdas. Seperti yang dikatakan David Wang di akhir pidatonya, “Kami percaya, kebijaksanaan terbesar ditemukan dalam gagasan bersama. Mimpi adalah pendorong utama kemajuan sosial. Melangkah menuju dekade berikutnya, mari bekerja bersama untuk membentuk dunia yang lebih baik dan cerdas.”

Ulasan laporan:

Prospek untuk dunia cerdas 2030: Kami akan menjalani kehidupan yang lebih baik pada 2030, dengan lebih banyak makanan, ruang hidup yang lebih besar, energi terbarukan, layanan digital, dan tanpa lalu lintas. Kami dapat menyerahkan pekerjaan yang berulang dan berbahaya ke mesin, dan memiliki akses aman ke layanan digital. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, kami telah menetapkan delapan arah untuk eksplorasi, termasuk kesehatan, makanan, kehidupan, dan transportasi.

Pada tahun 2030, kami akan dapat mengidentifikasi potensi masalah kesehatan dengan menghitung dan memodelkan data medis dan kesehatan masyarakat, sehingga bisa mengalihkan fokus dari pengobatan ke pencegahan. Solusi medis yang tepat serta didukung oleh IoT dan AI akan menjadi kenyataan.

Di tahun 2030, pertanian vertikal yang tidak terpengaruh oleh iklim akan diterapkan dalam skala besar, sehingga kami dapat menyediakan sayuran segar untuk semua. Pencetakan 3D akan memungkinkan kita membuat daging tiruan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi kita. Rumah dan kantor kita akan menjadi bangunan tanpa karbon. Teknologi IoT generasi berikutnya akan membangun lingkungan rumah adaptif yang memahami kebutuhan kita.

Kendaraan energi baru akan menjadi ruang bergerak ketiga. Pesawat dengan energi baru akan membuat layanan darurat menjadi lebih efisien, mengurangi biaya pasokan medis, dan mengubah cara kita bepergian.

Selain perawatan kesehatan, makanan, ruang hidup, dan transportasi, Huawei juga telah menjelajahi kota, energi, perusahaan, dan kepercayaan digital masa depan. Kami berharap dapat bekerjasama dengan Anda untuk menjelajahi kemungkinan tanpa batas di tahun 2030.

Jaringan Komunikasi 2030: Pada dekade berikutnya, objek dan batas konektivitas jaringan akan terus berkembang. Pada tahun 2030, ketika teknologi seperti XR, tampilan 3D tanpa bantuan perangkat, sentuhan digital, dan penciuman digital berkembang lebih jauh, “penglihatan digital, sentuhan digital, dan penciuman digital” akan menciptakan pengalaman yang mendalam dan disruptif melalui jaringan generasi berikutnya. Pada saat yang sama, ketika jaringan berkembang dari menghubungkan miliaran orang menjadi ratusan miliar hal, desain jaringan akan berubah dari fokus pada kognisi manusia menjadi kognisi mesin. Kita akan melihat munculnya infrastruktur komputasi multi-level untuk ratusan miliar hal dan data masif, serta jaringan daya komputasi yang menyediakan konektivitas. Selain itu, empat skenario jaringan masa depan secara bertahap akan menjadi kenyataan. Skenario jaringan tersebut akan memberikan pengalaman yang konsisten untuk rumah, kantor, dan kendaraan, Internet broadband satelit, Internet industri, dan jaringan daya komputasi.

Sebagai bagian dari dunia cerdas, jaringan komunikasi tahun 2030 akan berkembang menuju jaringan broadband kubik, pengalaman deterministik, AI-native, HCS, keamanan dan kepercayaan, serta jaringan yang hemat energi dan rendah karbon. Huawei memperkirakan bahwa jumlah total koneksi global akan mencapai 200 miliar pada tahun 2030. Pada saat yang sama, akses jaringan perusahaan, akses broadband rumah, dan akses nirkabel individu akan melebihi 10 Gbit/detik, mengantarkan era konektivitas 10 Gbit/detik.

Komputasi 2030: Pada 2030, dunia digital dan fisik akan terkonvergensi dengan mulus, memungkinkan orang dan mesin berinteraksi secara perseptual dan emosional. AI akan ada di mana-mana dan membantu kita mengatasi keterbatasan manusia. Hal ini akan berfungsi sebagai mikroskop dan teleskop para ilmuwan, meningkatkan pemahaman kita tentang segala sesuatu mulai dari quark terkecil hingga fenomena kosmologis terbesar. Industri yang telah memanfaatkan teknologi digital secara ekstensif akan menjadi lebih cerdas dengan AI. Komputasi efisiensi energi akan meningkat secara dramatis, membawa kita lebih dekat ke komputasi rendah karbon. Teknologi digital dapat menjadi alat untuk mencapai tujuan global netralitas karbon.

Komputasi sedang mendekati batas fisiknya, sehingga diperlukan inovasi dalam perangkat lunak, arsitektur, dan sistem. Lebih penting lagi, s