Event, Umum  

Halal Fair & Halal Indonesia International Trade Show 2023 di ICE BSD Suguhkan 9 Fakta Menarik !

Jakarta, 8 Desember 2023 – Pameran Seri Halal Fair resmi dibuka oleh Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) DKI Jakarta, Tito Maulana pada Jumat (8/12/2023). Event ini, diselenggarakan oleh Wahyu Promo Citra, akan berlangsung selama 3 hari, mulai 8 hingga 10 Desember 2023 di Hall 3-3A, ICE BSD, Tangerang.

Menyelaraskan diri dengan Halal Indonesia International Trade Show (HIITS), event yang mengusung slogan The Most Inspiring Halal Event ini menggabungkan konsep Business to Customer (B2C) dan Business to Business (B2B).

Dalam pembukaannya, Tito Maulana mengapresiasi keseriusan dan konsistensi Wahyu Promo Citra yang telah menggelar Seri Halal Fair sejak 2019. Baginya, acara ini menjadi platform strategis untuk membentuk pasar produk halal yang stabil, memperkuat ekosistem halal, sekaligus memberikan sumbangan pada perkembangan UMKM halal.

“Harapannya, Halal Fair & Halal Indonesia International Trade Show 2023 dapat memacu pertumbuhan UMKM untuk merambah pasar global dan juga memperkuat industri halal di dalam negeri. Jika industri halal mampu berkembang kuat, akan mendukung pertumbuhan ekonomi,” ujar Tito Maulana.

Satrio Sukur, Project Director Wahyu Promo Citra, menyebut acara ini sebagai momen penting bagi produk UMKM lokal berkualitas untuk memberikan solusi dan opsi yang tepat bagi konsumen. “Penguatan ekonomi halal merupakan salah satu tujuan. Melalui penyelenggaraan acara, kami ingin mendorong berkembangnya gaya hidup halal dan menggalakkan kesadaran, khususnya bagi pelaku usaha, untuk meningkatkan kapasitas usaha mereka, terutama dalam pengurusan sertifikasi halal,” ungkap Satrio Sukur.

Baca juga  Dirjen KSDAE Hadiri Gelaran Kemitraan Konservasi TN Bantimurung Bulusaraung

Selama Helal Fair-HIITS 2023, Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) siap memberikan konsultasi dan pelayanan sertifikasi halal secara gratis. Tak hanya itu, mereka juga memberikan kesempatan bagi pelaku usaha untuk memperluas jaringan melalui kerja sama dengan pelaku usaha lain, baik dalam maupun luar negeri.

Sebagai rangkaian terakhir tahun ini, Helal Fair – HIITS 2023 diselenggarakan dalam skala yang lebih besar dari pameran sebelumnya, menawarkan sejumlah hal menarik bagi pengunjung. Simak 9 fakta menariknya:

1. Helal Fair – HIITS 2023 dihadiri oleh 250 pameran dari dalam dan luar negeri, termasuk Malaysia, Palestina, Filipina, Jepang, Arab Saudi, dan Amerika Serikat (AS). Dengan kolaborasi dengan sejumlah aggregator ekspor berpengalaman, acara B2B digelar dalam format hybrid yang mencakup seminar bisnis ekspor-impor, workshop, buyers night, hingga business matching.

2. Helal Fair – HIITS 2023 sebagai bagian B2C akan disemarakkan oleh bazar produk dari berbagai sektor bisnis seperti Food & Beverage (F&B), mode, agen perjalanan, sekolah, dan buku Islam.

3. Helal Fair – HIITS 2023 menjadi tempat untuk meningkatkan kapasitas UMKM halal serta literasi ekonomi dan keuangan syariah. Berbagai acara seperti halal talkshow, halal beauty class, halal food talk, cooking & live baking show, hingga parenting tersedia bagi semua pengunjung.

Baca juga  Serunya Nonton Konser Aftershine di Muntuk Gayeng Fest, Yogyakarta

Acara Halal Talks akan menghadirkan beberapa tokoh terkenal seperti Ustadz Dr. Khalid Basalamah MA, Dr. Sofyan Siddik Fuad Baswedan MA, Ustadz Dr. Musyaffa Ad Dariny, Ustadz Mufy Hanif Thalib Lc, Ustadz Dr. Zaenal Abidin, LC, MM, Ustadz Dr. Salim Al-Muhdor, Lc, MA, Ustadz Dzulkarnain Muhammad Sanusi, Ustadz Harits Abu Naufal, Ustadz Luthfi Abdul Jabbar, dan Ustadz Abdurrahman Dani.

4. Helal Fair – HIITS 2023 menjadi tempat edukasi dan rekreasi bagi keluarga Muslim. Anak-anak dapat menikmati berbagai aktivitas menarik di area halal playpark kids corner dan mengikuti acara storytelling anak bersama Kak Yogi Triadi (praktisi pendidikan anak) dan Kak Erland Iskandar ST.

5. Program Jumat Belajar merupakan kelanjutan dari Tiket Gratis Untuk Guru di hari Jumat. Program ini memberikan kesempatan bagi sekolah yang ingin belajar ke Helal Fair pada hari Jumat. Beberapa manfaat yang diperoleh antara lain tiket gratis untuk guru, buy 1 get 1 free tiket untuk pelajar, materi pendidikan bersama peserta Halal Fair, dan pengetahuan bisnis Muslim dari peserta pameran Halal Fair.

Baca juga  Jenguk Korban, Pastikan Kebutuhan Dasar Terpenuhi

6. Giveaway Hotel untuk Pengunjung. Pengunjung yang beruntung akan mendapatkan kesempatan menginap di hotel selama 1 malam yang disponsori oleh brand Atelier Angelina. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi IG @halalfair.id.

7. Cleancycle Initiatives: Pengelolaan Sampah Terpadu Halal Fair sebagai program inspiratif kepedulian lingkungan. Halal Fair bekerja sama dengan T.CARE dalam mengelola sampah organik (Rumah Maggot), sampah anorganik (pengumpulan dan pemilahan), serta pengumpulan minyak jelantah dari peserta kuliner Halal Fair.

8. Program donasi untuk Palestina tersedia selama acara berlangsung melalui link pembelian tiket online.

9. Dekorasi interior pameran menampilkan sentuhan artistik dengan instalasi kain sebagai simbol kemajuan industri fashion muslim. Bahan kain yang digunakan berasal dari brand fashion yang menjadi peserta pameran. Instalasi kain bertajuk Pendar ini dipasang di prefunction 3-3A, dan Theater 1, memberikan kesempatan unik bagi pengunjung untuk mengabadikan momen saat berkunjung ke Helal Fair.

Dalam kesempatan event ini, Wahyu Promo Citra berkolaborasi dengan Jago Syariah sebagai sponsor yang telah

Penulis: Luthfan Wira Alfiqri