Guru Berkualitas Harus di Prioritaskan

Anggota Komisi X DPR RI Putra Nababan menegaskan agar guru, orang tua murid dan anak didik harus memegang komitmen bahwa guru berkualitas merupakan prioritas saat ini. Menurutnya, sumber daya guru yang berkualitas merupakan aspek penting yang harus diperhatikan.

“Supaya bukan hanya guru, tapi juga orang tua murid dan anak didik bisa mendengar dan melihat menilai dan memegang komitmen bahwa memang guru berkualitas itu adalah prioritas kita,” ujarnya dalam RDP Panja PGTKH-ASN Komisi X DPR RI dengan Rektor UNP, Rektor UNY, Rektor UNIMA dan Rektor Undiksha, di Gedung Nusantara I, Senayan Jakarta, Senin (24/05/2021).

Menurut Putra, dengan komitmen ini diharapkan tidak akan ada lagi polemik di masyarakat ketika berbicara tentang ujian dan tes kelayakan terhadap guru. “Guru berkualitas itu adalah prioritas kita. Sehingga ketika kita bicara tentang ujian, tes kelayakan dan sebagainya, itu adalah sesuatu yang sangat necessary, jangan sampai ada polemik lagi,” tegas politisi PDI-Perjuangan itu.

Selain Putra, Anggota Komisi X DPR RI Dewi Coryati juga berharap ke depannya guru menjadi sumber daya manusia yang harus ditingkatkan. Sehingga dalam jangka panjang, program yang diperlukan adalah menciptakan guru-guru berkualitas.

“Kita berharap bahwa ke depan program jangka panjang kita adalah menciptakan guru-guru yang kemudian berkualitas, sehingga SDM kita ke depan seperti yang Pak Jokowi mau, unggul. Kalau unggul itu berasal dari guru-guru yang unggul,” jelas legislator dapil Bengkulu ini. (bia/sf)