Dukung Kebutuhan Darah PMI, BEM UPH Sumbang 573 Kantong Darah di Blood Donation 16

Badan Eksekutif Universitas Pelita Harapan (BEM UPH) berhasil mengumpulkan 573 kantong darang untuk disumbangkan ke PMI Kabupaten Tanerang, melalui kegiatan donor darah yang diadakan pada 5-7 November 2019, di Kampus UPH Lippo Village.

Kegiatan ini merupakan program rutin BEM UPH, setiap tahun mengadakan 2 kali, dan kali ini merupakan yang ke 16 kali diselenggarakan.

“Untuk mengakomodasi lebih banyak pendonor, kegiatan dilakukan dalam 2 shift, pukul 10.00-13.00 dan pukul 13.00-17.00. Tahun ini ada 964 pendonor yang mendaftar”, tutur Blessy Easter – Ketua acara Blood Donation, Mahasiswa Hubungan Internasional UPH 2018.

 

Untuk pelaksanaan donor darah, BEM UPH bekerjasama dengan PMI Kabupaten Tangerang,  menyediakan 16 tempat tidur dan fasilitator untuk melakukan pengecekkan berat badan, tensi darah, hingga level HB dari calon pendonor untuk memastikan bahwa mereka dalam keadaan sehat dan siap untuk melakukan donor darah.

Menurut Anwar Fathony, penanggungjawab PMI Kabupaten Tangerang, Indonesia masih sangat membutuhkan ketersediaan darah. Sementara ketersediaan darah yang dimiliki oleh PMI saat ini hanya mampu memenuhi sekitar 60% dari permintaan.

“Melalui kegiatan di UPH ini kami mentargetkan minimal mampu mengumpulkan 250 kantong darah,” ujar Anwar.

 

Nyatanya, kali ini Blood Donation telah berhasil mengumpulkan kantong darah lebih dari jumlah yang direncanakan yakni 573 kantong darah. Hal ini didukung oleh tingkat kesadaran komunitas UPH, baik mahasiswa, dosen dan staff, akan pentingnya mendonorkan darah.

Selain melakukan donor darah, partisipan juga dapat melakukan medical check-up yang ditangani langsung oleh para mahasiswa dari Fakultas Kedokteran dan Nursing UPH. Medical check-up yang disediakan yaitu, mengukur Body Mass Index (BMI), persentase fat dalam tubuh, dan lainnya yang berhubungan dengan kesehatan tubuh manusia.

Pelayanan ekstra yang diberikan BEM UPH semakin menarik pendonor untuk rutin berkunjung.

 

“Saya sudah mengikuti donor darah sebanyak 4 kali di UPH. Selain dapat menyehatkan tubuh, dengan mendonor saya terhindar dari berbagai penyakit. Menurut saya, acara seperti ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, khususnya dalam mengajak untuk hidup sehat,” kata Ariyanto – Faculty of Nursing 2014.

Kesan positif juga disampaikan pendonor baru seperti Aldo Arvian – Siswa UPH College 2019.  “Ini yang kedua kalinya saya melakukan donor darah. Selain dapat membantu sesama, tubuh saya juga terasa lebih sehat dan segar. Dengan ada kegiatan ini di kampus, saya tidak perlu pergi ke tempat yang jauh untuk mendonor,” ucap Aldo.

Bank DBS, BNI Syariah, UKDW Yogyakarta, Huawei, UPH, Vivo, Investree, Hotel Santika Premiere ICE-BSD City, Inspirational Video, Motivational Video