Dinas Sosial Peringati Hari Anak Nasional 2018, Syariah Hotel Solo Dukung Pemenuhan Hak-Hak Anak

0 31

Merayakan Hari Anak Nasional 2018, Syariah Hotel Solo mendukung peringatan Hari Anak Nasional yang diselenggarakan oleh Dinas Sosial Kota Surakarta. Kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan tentang hak-hak anak yang harus dipenuhi oleh masyarakat.

Kepala Seksi Perlindungan Kesejahteraan Sosial Anak Integeratif (PKSAI) Dinas Sosial Kota Surakarta, Suryanto mengatakan, melalui kegiatan ini pihaknya ingin mensosialisasikan bahwa Dinas Sosial Kota Surakarta memiliki Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA). Merupakan lembaga yang melindungi dan mengembangkan kesejahteraan anak, sehingga anak-anak dapat senantiasa mengembangkan hak-haknya.

“Selama ini Dinas Sosial identik dikenal  dengan anak jalanan dan orang terlantar saja. Melalui kegiatan ini, kami ingin menginformasikan bahwa selain mengurusi anak jalanan dan orang terlantar, kami juga memiliki LKSA yang konsen memperjuangkan hak-hak  apa saja yang harus diterima oleh anak-anak”katanya.

Dilanjutkan kembali oleh Surya, ada satu hak yang perlu diadakan oleh masyarakat, yakni hak partisipasi. Anak-anak memliki hak untuk terlibat dalam kegiatan-kegiatan positif yang berguna menunjang masa depan anak, terutama dalam menjalin kerja sama dengan orang lain.

Berdasarkan hal tersebut, pihaknya pun lalu mengadakan perayaan Hari Anak Nasional 2018 secara sederhana, namun memberikan efek positif langsung kepada anak-anak. Selain, kegiatan ini juga dapat menambah wawasan pengetahuan anak-anak dan masyarakat tentang Hari Anak Nasional 2018 itu sendiri.

Menambahkan, Public Relations Manager Syariah Hotel Solo, Paramita Sari Indah Widarini mengungkapkan, melalui keikutsertaanya dalam kegiatan Hari Anak Nasional yang digandeng oleh Dinas Sosial Kota Surakarta ini, pihaknya menjadi semakin menyadari akan pentingnya memahami hak-hak yang didapat oleh anak semestinya.

“Melalui partisipasi kami di sini, menambah wawasan kami tentang makna Hari Anak Nasional yang sesungguhnya. Salah satunya adalah dengan melakukan kegiatan yang dapat mengajak mereka untuk berpartisipasi. Di samping melalui kegiatan ini, kami ingin meningkatkan branding kami dit engah masayrakat bahwa Syariah Hotel Solo peduli dengan kesejahteraan anak-anak, khususnya yang kurang beruntung,”pungkasnya.

Perlu diketahui, Dinas Sosial Kota Surakarta bekerja sama dengan Syariah Hotel Solo menyelenggarakan kegiatan perayaan Hari Anak Nasional 2018 dengan mengusung tema Aku Bakat, Aku Bisa, Aku Hebat, Aku Anak Indonesia. Kegiatan ini dilaksanakan pada Minggu, 22 Juli 2018 di Car Free Day Solo Jalan Slamet Riyadi. Dengan bentuk kegiatan berupa mini talkshow tentang hak-hak anak, lomba mewarnai, dan aneka game edukatif.

Kegiatan ini selain melibatkan Syariah Hotel Solo maupun pihak ketiga lainnya  sebagai sponsor, juga 5 panti asuhan di bawah Pusat Layanan Kesejahteraan Sosial Anak Integratif (PLKSAI). Antara lain Panti Asuhan Pamardi Yoga, Panti Asuhan Gunungan, Panti Asuhan Ihsan Sakeena, Panti Asuhan Niu Hidayah, dam Panti Asuhan Keluarga Anak Yatim Muhammadiyah (PAKYM).