Umum  

digibank by DBS Meluncurkan Kampanye #JalaniCerdikmu untuk Membantu Masyarakat Segmen Emerging Affluent dalam Pengelolaan Keuangan

Jakarta, 11 September 2023 – Bank DBS Indonesia, melalui digibank by DBS, memperkenalkan kampanye #JalaniCerdikmu. Kampanye ini bertujuan untuk memberdayakan masyarakat kelas menengah di segmen emerging affluent agar dapat mengoptimalkan kebahagiaan dalam menghadapi berbagai prioritas kehidupan, seperti kesenangan saat ini dan perencanaan masa depan. Acara peluncuran kampanye ini dihadiri oleh Rudy Tandjung, Direktur Consumer Banking PT Bank DBS Indonesia, Erline Diani, Kepala Digital Banking PT Bank DBS Indonesia, Risanti Febriana, Kepala Pemasaran Teknologi Perbankan Konsumen PT Bank DBS Indonesia, dan Jovita Ayu, Pembuat Konten Perjalanan.

Pada periode Januari hingga Juni 2023, digibank by DBS melakukan studi yang melibatkan hampir 7.500 responden dari segmen emerging affluent dengan pendapatan individu per bulan sebesar Rp10 juta ke atas. Tujuan studi ini adalah untuk menyelidiki berbagai aspek kehidupan, gaya hidup, aspirasi, tantangan, dan perilaku keuangan mereka. Hasil studi ini mengidentifikasi lima persona berdasarkan perilaku keuangan mereka, termasuk responden yang memprioritaskan kebutuhan rumah tangga, responden yang ingin mengoptimalkan pengalaman hidup, responden yang memiliki aspirasi untuk memenuhi kesenangan pribadi dan kebutuhan sosial, responden yang konsisten membangun keuangan untuk masa depan, dan responden yang aktif dalam mengembangkan aset keuangan.

Dengan 26 persen responden yang termasuk dalam kategori “urbanites” yang ingin mengoptimalkan gaya hidup mereka, digibank by DBS memfokuskan kampanye ini pada kelompok ini. Meskipun memiliki beragam aspirasi hidup, “urbanites” umumnya menghabiskan sekitar 70 persen dari pendapatan mereka untuk kebutuhan primer dan sekunder. Sementara 30 persen sisanya digunakan untuk rencana jangka pendek seperti liburan, hobi, dan gaya hidup. Namun, mereka masih menghadapi beberapa kekhawatiran, seperti kurangnya dana untuk menikmati hidup, banyaknya prioritas yang harus dipenuhi, dan kemungkinan kejadian tak terduga dalam keluarga.

Studi ini juga menemukan bahwa responden sering kali harus memilih antara menikmati hidup saat ini atau mempersiapkan masa depan, terutama karena keterbatasan keuangan yang membuat mereka merasa bersalah ketika harus membuat keputusan. Temuan ini sejalan dengan laporan Ipsos tentang Kebahagiaan Global 2023 yang menyebutkan bahwa kondisi keuangan yang stabil dapat meningkatkan kebahagiaan masyarakat Indonesia.

Erline Diani, Kepala Digital Banking PT Bank DBS Indonesia, menjelaskan, “Melalui kampanye #JalaniCerdikmu, yang dirilis bersamaan dengan ulang tahun keenam digibank by DBS, kami bertekad untuk menjadi sahabat yang memberikan banyak tips dan trik cerdik (resourceful friend) melalui beragam solusi perbankan yang dibutuhkan nasabah dalam satu aplikasi, sejalan dengan misi kami untuk menjadi full-fledged digital banking. Melalui kampanye ini, kami berharap nasabah dapat memaksimalkan kebahagiaan saat ini sambil tetap mempersiapkan masa depan.”

Dalam kampanye #JalaniCerdikmu ini, nasabah digibank by DBS dapat memanfaatkan beragam fitur dan solusi, antara lain:

  1. Menjaga aliran kas agar dana tumbuh maksimal dengan mengubah transaksi kartu kredit menjadi cicilan hingga 60 bulan, yang memungkinkan nasabah menjaga aliran kas mereka. Uang yang belum digunakan dapat ditabung dengan bunga hingga 7 persen per tahun atau diinvestasikan mulai dari Rp100 ribu di lebih dari 120 produk investasi dengan rekomendasi yang dipersonalisasi.
  2. Mendapatkan manfaat lebih banyak untuk kehidupan yang lebih bermakna, termasuk fitur gratis transfer tanpa batas dan berbagai promo cashback atau diskon menggunakan QRIS atau kartu kredit. Nasabah juga dapat menggunakan poin rewards untuk pembayaran, membuat pengalaman belanja semakin menyenangkan.
  3. Mengendalikan seluruh aktivitas perbankan dalam satu aplikasi dengan kemampuan digital yang kuat. Nasabah dapat membuka rekening digibank by DBS tanpa harus ke cabang, mengajukan kartu kredit dan pinjaman dengan persetujuan hanya dalam 60 detik, serta mengelola dan memantau keuangan mereka 24/7, termasuk pemblokiran atau aktivasi kartu kredit dan debit, transfer gratis, transaksi praktis dengan QRIS, top-up e-wallet, dan pembayaran tagihan dengan sekali klik, tanpa harus beralih aplikasi.
  4. Berkontribusi pada keberlanjutan dengan fitur LiveBetter yang memberikan tips gaya hidup berkelanjutan dan opsi investasi berdasarkan prinsip Environment, Social, and Governance (ESG).

Rudy Tandjung, Direktur Consumer Banking PT Bank DBS Indonesia, menambahkan, “Sebagai bank yang selalu berfokus pada nasabah, kami terus mengembangkan produk dan layanan digibank by DBS berdasarkan tren dan wawasan terbaru untuk menyediakan layanan yang komprehensif dan relevan sehingga nasabah dapat menjadi lebih cerdas dalam mengambil keputusan keuangan dan meningkatkan kualitas hidup mereka. Kami juga berkomitmen mendampingi mereka dalam setiap tahap perjalanan finansial, dari bertransisi menjadi bagian dari kelas menengah hingga menjadi nasabah segmen prioritas, sehingga mereka dapat ‘Live more, Bank less,’ yaitu menikmati hidup tanpa terbebani oleh urusan perbankan.”

Untuk informasi lebih lanjut tentang aplikasi digibank by DBS, kunjungi dbs.id/digibank atau akun Instagram @digibankid.

Penulis: Luthfan Wira Alfiqri