Umum  

Cek Yuk, Situs Lowongan Kerja Anti Tipu-Tipu

Lowongan Kerja Anti Tipu Tipu
Lowongan Kerja Anti Tipu Tipu

Seremonia.id – Maraknya penipuan untuk lowongan kerja makin meresahkan para job seeker, sangat sulit untuk membedakan mana lowongan kerja yang benar-benar sedang membuka rekurment dan mana yang penipuan berkedok lowongan kerja.

Bahkan di beberapa situs lowongan kerja terkenal semacam Jobstreet dan Jobsdb saja masih bisa di susupi dengan jenis penipuan lowongan kerja ini, modusnya adalah dengan mengirimakan email ke pencari kerja jika mereka lolos tahap interview tetapi lokasinya jauh dari domisili pencari kerja oleh karena itu mereka di wajibkan untuk membeli tiket pesawat dan reservasi penginapan.

Walaupun sudah di laporkan ke pihak penyedia situs lowongan kerja namun tetap saja hal ini masih bermunculan dengan menggunakan nama perusahaan yang berbeda. nah lalu situs lowongan kerja mana yang benar-benar bisa memberikan informasi lowongan kerja terpercaya ? yuk simak ulasannya.

Linkedin Situs Terbaik Untuk Mencari Lowongan Kerja Saat Ini
Linkedin Situs Terbaik Untuk Mencari Lowongan Kerja Saat Ini

Linkedin adalah platform yang baik untuk memperoleh informasi lowongan kerja, telah di gunakan oleh banyak orang dan perusahaan profesional, sehingga bisa di percaya untuk mencari informasi seputar lowongan pekerjaan. banyak perusahaan terkenal dan BUMN yang juga membagikan beberapa lowongan kerja melalui Linkedin.

Tidak hanya itu saja di Linkedin anda bisa memperluas jaringan dengan melakukan koneksi dengan beberapa orang yang anda kenal atau bahkan di bidang pekerjaan yang sama dengan anda, sehingga jika ada lowongan yang sesuai dengan bidang anda bisa langsung di info melalui notifikasi linkedin.

Situs Tracking System Lowongan Kerja
Situs Tracking System Lowongan Kerja

Kalibrr adalah salah satu Applicants Tracking System yang di gunakan oleh banyak perusahaan untuk menampung CV pelamar/kandidat di perusahaan. Kalibrr juga menyediakan fitur branding bagi perusahaan sehingga dapat membantu perusahaan untuk menyebarkan informasi lowongan kerja ke kandidat secara langsung.

  • Website dan Media Sosial Resmi Perusahaan
Website dan Akun Media Resmi Official Perusahaan
Website dan Akun Media Resmi Official Perusahaan

Untuk memastikan situs lowongan pekerjaan pastinya melalui website dan media sosial resmi perusahaan. biasanya perusahaan akan membagikan informasi resmi lowongan kerja di akun website mereka atau akun media sosial resmi mereka. proses rekrutmen juga akan berlangsung secara terbuka mulai dari tanggal seleksi sampai tanggal tes dan pengumuman.

Lalu bagaimana cara membedakan akun resmi dengan akun palsu untuk akun sosial media ? cek ciri-cirinya :

  • Akun Media Sosial memiliki tanda centang biru.
  • Perhatikan aktivitas di akun, seperti komentar dan balasannya.
  • Cek juga riwayat akun, apakah akun baru di buat atau sudah lama.
  • Jumlah follower atau pertemanan, biasanya akun resmi memiliki jumlah follower yang banyak terlebih jika perusahaannya terkenal pastinya akan banyak yang memfollow akun tersebut.
  • perhatikan alamat url website/akun social medianya.

Itulah sekilas situs lowongan kerja yang bisa anda percaya memberikan informasi lowongan kerja secara benar tanpa penipuan. jadi anda bisa memfilter kembali lowongan kerja yang benar dengan melakukan cek dan re check kembali apakah benar perusahaan tersebut sedang membuka lowongan pekerjaan atau tidak.