Buka Turnamen Tenis Meja Pelajar Nasional Piala UT, Menpora Minta PP PTMSI Fokus Terhadap Pembibitan Atlet

0 27
Tangerang Selatan: Menpora Imam Nahrawi didampingi Asisten Deputi Pengelolaan Olahraga Pendidikan Alman Hudri, Rektor Universitas Terbuka (UT) Ojat Darojat, Dirut Tempo Inti Media Toriq Hadad, Ketum PP PTMSI Oegroseno membuka Turnamen Tenis Meja Pelajar Nasional Piala UT Tahun 2018, di Universitas Terbuka Convention Center (UTCC), Jl Cabe Raya, Pondok Cabe, Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Jum’at (20/7) pagi.
Turnamen yang digelar bekerjasama dengan Tempo Media Group ini, berlangsung selama tiga hari 20-22 Juli, diikuti 734 peserta dari 61 klub yang bwrasal dari 18 provinsi dan memperebutkan total hadiah 118 juta rupiah. Menpora menyampaikan apresiasi kepada Universitas Terbuka yang secara konsisten, kontinyu terus menerus menyelenggarakan turnamen tenis meja sejak 2012 hingga saat ini.
Lebih menggembirakan sebagaimana dilaporkan panitia bahwa, atlet-atlet nasional yang kini konsentrasi persiapan Asian Games seperti Bima Abdi Negara, Viki Supit, Gusti Aditya atau akrab disapa Yayat, Doni Prasetyo, Luki Purkani, dan Dennis Darmawan merupakan para peserta yang rutin mengikuti turnamen ini di tahun-tahun sebelumnya.
“Pertama selamat atas terselenggaranya turnamen ini hingga saat ini sudah yang ke-6. Ini artinya UT dan Tempo konsisten turut serta memajukan tenis meja tanah air dan mendapat kepercayaan masyarakat. Kata kuncinya, tidak ada prestasi tanpa partisipasi dan fasilitasi, terbukti beberapa atlet yang saat ini konsentrasi Asian Games langganan turnamen ini,” kata Menpora.
Ada tugas menanti bagi PP PTMSI ke depan, bahwa perlu adanya pengawalan ketat dan terus menerus dari potensi atlet yang luar biasa terutama bagaimana membuat kualifikasi dan penjenjangan dari berbagai atlet-atlet junior agar dapat dengan tahapan jelas memasuki usia atlet-atlet senior.
“Saya melihat potensi usia dini dan muda punya stok yang melimpah ruah, tinggal tugas PTMSI memperbanyak kompetisi dan membuat kualifikasi penjenjangan junior dan lain sebagainya. Saya tadi menatap wajah-wajah mereka semua menyiratkan optimisme jauh dari pesimisme, itu potensi dasar yang luar biasa, dan saya menunggu dari sini lahir para juara dunia tenis meja Indonesia,” harap Menpora.
Acara pembukaan turnamen ditandai dengan pemukulan gong yang dilanjutkan permainan tenis meja antara Menpora Imam Nahrawi berpasangan dengan Rektor UT Ojat Darojat melawan Dirut TIM Toriq Hadad yang berpasangan dengan Ketua Panitia Dies Natalis UT/Dekan FE Ali Muktiyanto, diakhiri dengan berpasangan perwakilan peserta.