Belanja Online Menjadi Pilihan Tepat Selama Ramadhan, Blibli Catat Pertumbuhan Positif

Jakarta, 12 Mei 2021 – Transformasi digital sebagai bagian dari adaptasi kebiasaan baru, telah menstimulasi platform belanja digital seperti Blibli untuk menjadi support system masyarakat dalam memenuhi kebutuhan selama Ramadan. Pandemi yang masih berlangsung ini telah mendorong masyarakat, baik di dalam maupun di luar Ibukota, semakin memaksimalkan e-commerce untuk membeli berbagai kebutuhan dengan pengalaman belanja yang menyenangkan. Hal ini juga terjadi di Blibli selama festival #HikmahRamadhan, dimana terjadi peningkatan order untuk sejumlah kategori, seperti produk groceries, teknologi, kesehatan dan kecantikan, fashion muslim, hingga investasi emas dan logam mulia.

Pemanfaatan platform digital untuk memenuhi kebutuhan di berbagai momen penting seperti Ramadan mulai terjadi secara menyeluruh. Hal ini tergambar dari beberapa wilayah yang mengalami pertumbuhan order paling tinggi, menjangkau Sabang hingga Merauke Indonesia. Wilayah tersebut antara lain Simeulue di provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, Sidenreng Rappang/Rapang di provinsi Sulawesi Selatan, Yahukimo di Papua, Katingan di provinsi Kalimantan Tengah, hingga Kerinci di provinsi Jambi.

Read More

Oleh karena itu, Blibli terus melengkapi fitur dan layanan di aplikasi, agar masyarakat semakin mudah dan praktis dalam berbelanja. “Ramadan selalu menjadi momen tepat untuk mendorong performa penjualan bagi pemain retail seperti Blibli, khususnya di saat digitalisasi terjadi secara menyeluruh hingga daerah luar Ibukota. Blibli sebagai platform belanja digital melihat bahwa e-commerce telah menjadi partner bagi pelanggan untuk menjalani momen-momen penting mereka seperti puasa dan Lebaran. Oleh karena itu, variasi produk yang dibeli di momen Ramadan kali ini lebih luas, mulai dari kebutuhan keseharian hingga produk yang bisa meningkatkan kualitas hidup,” ungkap Cindy Kalensang, VP Business Development, Blibli.

Adaptasi kebiasaan baru yang dijalani masyarakat saat ini semakin terlihat dari kategori di Blibli yang mengalami pertumbuhan order selama program #HikmahRamadhan. Meskipun pemerintah melarang mudik, pelanggan Blibli juga tetap merayakan kebersamaan dan kebahagiaan di momen Idul Fitri secara virtual dengan mempersiapkan penampilan yang menarik. Ini terbukti dengan Blibli mencatat order produk kategori Fashion Muslim meningkat hingga 5 kali lipat dibanding hari biasa. Baju koko menjadi salah satu produk yang paling digemari, karena mudah dipadukan dengan outfit lainnya secara kreatif di momen Hari Raya.

Menariknya, kesadaran keuangan masyarakat ikut terlihat selama program #HikmahRamadhan berlangsung, di mana Blibli mencatat permintaan produk investasi di kategori Logam Mulia & Perhiasan Emas meningkat hingga 2 kali lipat dibanding hari biasa. Emas sebagai salah satu investasi perhiasan yang dianjurkan bagi umat Muslim menjadi barang favorit selama bulan Ramadan.

Kategori Kesehatan dan Kecantikan serta kategori BlibliMart yang berisi kebutuhan groceries ikut tumbuh 2 kali lipat dibanding harian. Produk berupa sirup, madu, minuman bersoda, serta biskuit dan snack sebagai santapan tepat saat berbuka puasa juga mengalami pertumbuhan permintaan yang kuat.

Selain kebutuhan keseharian, banyak pelanggan yang memanfaatkan momentum Ramadan ini untuk membeli barang penunjang olahraga dari kategori Handphone, Tablet & Wearable Gadget, sehingga kategori ini meningkat hingga 2 kali lipat dibanding hari biasa. Produk seperti smartwatch dan aksesoris wearable banyak dipesan oleh pelanggan untuk menemani mereka bersepeda ringan atau jogging saat ngabuburit. Produk-produk smart home seperti robot vacuum dan air purifier juga menjadi alternatif yang tepat untuk menjadikan rumah nyaman ketika puasa, meski ditinggal asisten rumah tangga (ART).

“Performa produk dari berbagai kategori di Blibli ini menunjukkan bahwa pemanfaatan platform digital semakin menjadi hal yang inklusif bagi masyarakat. Oleh karena itu, Blibli akan terus memperkuat layanan bagi pelanggan dengan fitur pengiriman cepat, seperti 2 Hours Delivery, Instant, hingga Sameday, sebagai layanan fast delivery Blibli yang didukung oleh warehouse yang tersebar di 15 kota-kota besar di Indonesia dan kemitraan logistic partner yang lengkap,” tutup Cindy Kalensang.

Hal ini tentunya sejalan dengan strategi bisnis Blibli, yaitu Customer Satisfaction First. Dimana Blibli mewujudkan komitmen #KarenaKamuNo1 dengan menghadirkan fasilitas dan pelayanan gratis ongkir, pembayaran aman, 100% produk dengan kualitas terdepan, 15 hari retur, pengiriman cepat, dan dukungan layanan 24/7 Customer Care.

Related posts

Leave a Reply