Allianz Life Indonesia Gelar ASN Kick Off dan Bancassurance Kick Off 2022

Jakarta, 20 Januari 2022 – PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life) menyongsong tahun 2022 dengan penuh optimisme dan semangat untuk memberikan perlindungan kepada lebih banyak masyarakat Indonesia. Untuk terus menjalin komunikasi, memberikan apresiasi, serta berbagi inspirasi dengan para tenaga pemasar, Allianz Life Indonesia menggelar acara kick off untuk masing-masing kanal distribusi keagenan dan bancassurance secara virtual.

“Prioritas kami adalah memberikan perlindungan yang sesuai dengan kebutuhan nasabah. Untuk mewujudkan tujuan ini, kami didukung penuh oleh para tenaga pemasar yang memiliki semangat dan misi yang sama dengan Allianz. Kami senantiasa menyediakan berbagai inovasi dan solusi, yang dapat mendukung tenaga pemasar dalam membantu masyarakat Indonesia mendapatkan perlindungan asuransi.

Digitalisasi akan memberikan kemudahan bagi para tenaga pemasar dalam memperoleh pelatihan dan informasi produk, serta mendukung proses penjualan yang efektif dan aman,” kata David Nolan, Country Manager & Direktur Utama Allianz Life Indonesia.

Fokus Pengembangan Bisnis Kanal Distribusi Keagenan

Allianz Star Network (ASN) merupakan kanal distribusi keagenan Allianz Life Indonesia yang telah hadir selama 11 tahun dan membukukan pertumbuhan kinerja yang baik dari tahun ke tahun. Sampai akhir tahun 2021, tercatat ada lebih dari 30.000 Business Partner/mitra bisnis.

Baca juga  Allianz Life Syariah Tingkatkan Kesadaran dan Pengetahuan Asuransi Syariah ke Berbagai Golongan Masyarakat

Sejak tahun 2018, Allianz Life Indonesia konsisten dengan strategi mengantisipasi dan mengoptimalkan pertumbuhan pasar dengan program rekrutmen I’m A Life Changer. Saat ini, lebih dari 60% dari keseluruhan jumlah mitra bisnis merupakan generasi milenial yang siap menghadapi perkembangan bisnis entrepreneurship.

Mitra bisnis ASN telah berkontribusi meningkatkan kesadaran akan pentingnya perlindungan asuransi di Indonesia dan membantu nasabah memahami perlindungan asuransi sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Allianz Life Indonesia senantiasa mengutamakan kebutuhan nasabah, sehingga nasabah diundang untuk memberikan 5-star rating terhadap pelayanan mitra bisnis agar dapat kualitas pelayanan dapat terus ditingkatkan.

Pencapaian yang baik dari ASN juga didukung oleh digitalisasi yang telah dibangun Allianz untuk kemudahan mitra bisnis dan nasabah, antara lain digital sales tool Allianz Discover yang mendukung para mitra bisnis memberikan informasi produk dan perlindungan yang sesuai kebutuhan nasabah. Penggunaan Allianz Discover untuk mengajukan polis asuransi secara digital telah mencapai 96%.

Begitu pula portal online khusus untuk mitra bisnis untuk memonitor performa bisnis, Agency Connect, yang semakin meningkat penggunaannya. Hal ini akan terus ditingkatkan sebagai upaya memaksimalkan ekosistem digital yang telah disediakan Allianz Life Indonesia, guna mendukung mitra bisnis dan membuat proses pembelian polis oleh nasabah menjadi efektif.

Baca juga  Olaif Hadirkan Produk-Produk Berkualitas Tinggi dengan Harga Terjangkau

Pencapaian Bancassurance yang Terus Bertumbuh

Meskipun pandemi memberikan berbagai tantangan, Allianz Life Indonesia berhasil untuk terus mengembangkan bisnis bancassurance yang tumbuh 67% dalam kurun waktu 3 tahun terakhir. Allianz Life Indonesia juga mencatatkan pertumbuhan market share yang sangat baik, dimana pada tahun 2018 Allianz memperoleh 7% market share, kemudian di tahun 2021 meningkat menjadi 11%.

Pencapaian yang baik ini juga dapat dilihat dari pertumbuhan mitra perbankan dan pengembangan berbagai produk untuk memenuhi kebutuhan lebih banyak orang Indonesia. Hingga akhir tahun 2021, Allianz Life Indonesia tercatat menjalin kerja sama dengan 10 mitra perbankan. Penambahan partner ini menunjukkan kepercayaan lebih besar pada Allianz sebagai penyedia perlindungan asuransi untuk nasabah mitra perbankan.

Untuk jalur distribusi melalui mitra perbankan, Allianz Life Indonesia juga memaksimalkan ekosistem digital untuk mendukung para tenaga pemasar dalam proses berbisnis, serta memberikan kemudahan kepada nasabah dalam proses pembelian. Ke depannya, seluruh produk yang disediakan Allianz untuk para nasabah mitra perbankan bisa diajukan secara digital menggunakan e-submission.

Baca juga  GTK Honorer Punya Peran Strategis

“Jalur distribusi keagenan dan bancassurance merupakan dua channel yang sangat penting bagi perkembangan bisnis Allianz Life Indonesia. Bagi kami, sangat penting untuk para tenaga pemasar memahami informasi produk dan layanan dengan menyeluruh.

Peran tenaga penjual adalah lini terdepan yang akan memberikan edukasi kepada nasabah mengenai pentingnya perlindungan asuransi dan membantu nasabah memilih produk yang sesuai dengan kebutuhannya. Sistem pelatihan untuk tenaga pemasar disediakan melalui Allianz Sales Academy yang bersifat berkelanjutan dan efisien melalui media digital.

Dengan demikian, harapannya seluruh tenaga pemasar kami memiliki pengetahuan produk dan layanan yang baik, sehingga menjadi sumber informasi yang kredibel bagi para nasabah.” kata Bianto Surodjo, Business Director Allianz Life Indonesia.