Perketat Keamanan Bandara, Menhub Lakukan Pengecekkan Di Bandara Soekarno Hatta

0 12

TANGERANG – Pasca peristiwa ledakan yang terjadi di Surabaya pada Minggu (13/5) pagi, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan sejumlah pengecekan di Bandara Soekarno-Hatta. Dalam pengecekan, Menhub menginstruksikan pihak keamanan Bandara Soekarno-Hatta untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas penjagaan bagi penumpang baik yang datang maupun pergi.

“Kementerian Perhubungan berduka cita dan prihatin atas peristiwa yang terjadi di Surabaya. Untuk itu Kemenhub melakukan koordinasi intensif dengan Kepolisian, TNI Angkatan Darat dan semua stakeholder bandara terutama untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas dari penjagaan sehingga rasa aman dan nyaman masyarakat yang hendak pergi dan datang dari kota lain itu terayomi,” jelas Menhub di Bandara Soekarno-Hatta pada Minggu (13/5).

Dalam kesempatan tersebut, Menhub beserta PT. Angkasa Pura II, Kepolisian dan TNI AD melakukan pengecekan secara acak terhadap beberapa kendaraan yang masuk ke wilayah Terminal Bandara Soekarno-Hatta.

“Saya tugaskan kepada seluruh bandara untuk melakukan pemeriksaan acak terhadap kendaraan yang masuk,” ujar Menhub.

Selain itu, Menhub juga meminta untuk melakukan pengecekan secara intensif terhadap gerak-gerik orang yang mencurigakan di sekitar Bandara.

“Saya juga minta dengan PT Angkasa Pura II, Kepolisian dan TNI untuk menerjunkan pasukan-pasukannya untuk mengawasi kegiatan-kegiatan yang juga mencurigakan. Oleh karenanya harap maklum kepada para penumpang yang merasa kurang nyaman dengan keadaan karena ini dalam rangka meningkatkan keamanan,” terang Menhub.

Tidak hanya pengecekan terhadap kendaraan, Menhub juga turun langsung memeriksa beberapa bagasi penumpang pada bagian security check melalui x-ray.

Pengamanan ini sendiri akan dilakukan secara intensif selama 2 minggu. “Paling tidak 2 minggu ke depan harus dilakukan (pengamanan) secara konsisten. Apabila kita anggap perlu dan kita minta informasi dari tim (keamanan) akan kita lanjutkan dan jika diperlukan saat lebaran bisa dilakukan,” tutur Menhub.

Tidak hanya pengamanan di Bandara, Menhub juga meminta peningkatan keamanan di titik lain seperti Stasiun, Pelabuhan dan Terminal.

“Bandara nomor satu, kedua itu Stasiun akan kita berlakukan, terminal juga. Selain itu kegiatan-kegiatan di Pelabuhan terutama kapal-kapal penumpang,” kata Menhub.

Dalam kunjungannya, Menhub sempat mengumpulkan jajaran keamanan yang bertugas di Bandara Soekarno-Hatta. Secara tegas Menhub mengatakan Kepolisian dan TNI mampu untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat.

“Saya yakin Kepolisian dan TNI adalah orang-orang terbaik Indonesia dan kita mampu untuk menjaga bandara ini tetap aman. Berikanlah rasa aman kepada semua pengunjung. Kita harus melawan semua kegiatan teror yang diarahkan kepada kita,” tegas Menhub.

Turut mendampingi dalam kunjungan diantaranya Direktur Utama PT. Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin, Dandim 05/06 Tangerang Muhammad Imam Gogor, Kapolres Bandara Soekarno Hatta AKBP Victor Togi Tambunan.

English English Indonesian Indonesian