Menaker Sebut Ada 100 Ribu Orang Cari Kerja

JAKARTA – Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah menyatakan bahwa Festival Pelatihan Vokasi dan Job Fair Nasional 2022 telah dikunjungi secara hybrid oleh lebih dari 100 ribu orang yang diselenggarakan Kementerian Ketenagakerjaan di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan mulai dari 28 Oktober hingga 30 Oktober 2022.

“Animo masyarakat luar biasa yang mendaftarkan untuk mengikuti kegiatan ini lebih dari 100 ribu (orang),” kata Menaker di JCC Senayan pada Minggu (30/10/2022).

Jumlah tersebut terdiri atas alumni pendidikan dan pelatihan vokasi, mahasiswa, instruktur, dosen dan guru, praktisi pelatihan, asosiasi profesi/asosiasi industri, pemerhati pendidikan vokasi dan pelatihan vokasi, serta masyarakat umum.

Menurut Menaker, animo yang tinggi tersebut menunjukkan masyarakat ingin melihat langsung bagaimana kesiapan pemerintah dalam menyiapkan kompetensi bagi masyarakat.

Baca juga  Kereta Cepat Jakarta-Bandung Direncanakan Menjadi Kado HUT ke-78 RI

“Pemerintah siap mennyiapkan kompetensi bagi masyarakat, baik bagi masyarakat yang membutuhkan skilling, upskilling, atau reskilling,” ucapnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, Kemnaker telah melakukan berbagai inovasi guna menjawab otomasi dan digitalisasi. Berdasarkan data yang dimilikinya, banyak perusahaan yang kesulitan mencari pekerja yang memiliki kompetensi terkait digital.

“Maka kami ingin mengajak kepada masyarakat bahwa kami siap menghadapi digitaliasi. Temen-temen (media) bisa melihat sendiri Inovasi-inovasi yang kami lakukan (di pameran festival pelatihan vokasi ini),” ucapnya.