Lion Air Group Terbang ke Lebih Dari 50 Kota Terkemuka di 15 Negara Keseriusan Dalam Jaringan Global: Mempermudah Perjalanan Luar Negeri dan Kontribusi Target 7,4 Juta Kunjungan Turis Asing ke Indonesia

J A K A R T A – 23 Januari 2023. Relaksasi (pelonggaran) pembatasan secara progresif memberikan dorongan yang sangat dibutuhkan untuk prospek perjalanan internasional. Lion Air Group memprediksi dan optimis, mulai semester kedua 2022 dan seterusnya rute internasional menunjukkan peluang pasar dengan tingkat pertumbuhan yang sangat tinggi.

The International Air Transport Association (IATA) pada November 2022 mengumumkan angka lalu lintas penumpang terus berlanjut, meningkat 41,3% dibandingkan November 2021. Periode 2021, jumlah penumpang secara keseluruhan tercatat 47% dari periode 2019, hal ini meningkat menjadi 83% pada 2022, prediksi 94% pada 2023, 103% pada 2024 dan 111% pada 2025. Pergerakan internasional berada pada 75,3% dari level November 2019. Pada 2021, jumlah penumpang internasional adalah 27%. Peningkatan menjadi 69% pada 2022, proyeksi 82% pada 2023, 92% pada 2024 dan 101% pada 2025.

Sebagai kesungguhan mempermudah kebutuhan transportasi udara dalam jaringan global, Lion Air Group terus merefleksikan strategi bisnis dalam menghadapi tantangan dan analisis peluang pada saat ini dan mendatang.

Lion Air Group berharap dapat menyambut kembali turis dan pebisnis di pesawat untuk terbang menuju lebih dari 50 kota di 14 negara melalui Batik Air (kode penerbangan ID), Batik Air Malaysia (kode penerbangan OD), Lion Air (kode penerbangan JT), Thai Lion Air (kode penerbangan SL). Permintaan pasar penerbangan di Indonesia dan internasional dinilai terbuka serta akan terus bergerak ke level positif.

Baca juga  Ini Dia Fitur Keren Suzuki S-Presso dan Baleno di GIIAS 2022

Upaya memperlancar perjalanan udara di rute internasional, Lion Air Group menyediakan pilihan layanan penerbangan:

  • Secara langsung (non-stop),
  • Transit dan interline (saling terhubung).

Rute internasional menawarkan kesempatan “mewujudkan impian mengunjungi kota-kota favorit dan terkemuka”, dari Indonesia melalui 12 kota unggulan dan bandar udara penghubung utama (main hub), yaitu

  1. Jakarta – Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta (CGK)
  2. Surabaya – Bandar Udara Internasional Juanda (SUB)
  3. Bali – Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai (DPS)
  4. Medan – Bandar Udara Internasional Kualanamu (KNO)
  5. Makassar – Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin (UPG)
  6. Padang – Bandar Udara Internasional Minangkabau (BIM)
  7. Pekanbaru – Bandar Udara Internasional Sultan Syarif Kasim II (PKU)
  8. Batam – Bandar Udara Internasional Hang Nadim (BTH)
  9. Banda Aceh – Bandar Udara Internasional Sultan Iskandar Muda (BTJ)
  10. Manado – Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi (MDC)
  11. Balikpapan – Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan (BPN) – efektif 28 Januari 2023
  12. Jogja – Bandar Udara Internasional Yogyakarta Kulonprogo (YIA) – efektif 30 Janauri 2023.

Pengembangan rute di kota-kota lainnya dilakukan secara bertahap.

Lion Air Group memulihkan rute internasional, sehingga pebisnis dan wisatawan memiliki lebih banyak pilihan penerbangan ketika merencanakan liburan, bisnis, keluarga, pendidikan dan kepentingan yang lain. Penawaran terbaik, dapat terbang langsung dan terkoneksi menuju destinasi favorit lebih dari 50 kota tujuan di 15 negara, meliputi

Baca juga  Informasi Terkini Penanganan Penerbangan Lion Air JT-610 Rute Soekarno-Hatta, Tangerang – Pangkalpinang

Asia Tenggara

  1. Malaysia.

Kuala Lumpur (KUL), Subang Skypark (SBZ), Penang (PEN), Kota Kinabalu (BKI), Melaka (MKZ), Kuching (KCH), Langkawi (LGK), Labuan (LBU), Johor Bahru (JHB), Sandakan (SDK) dan kota lainnya.

  1. Singapura (SIN).
  2. Phnom Penh, Kamboja (PNH).
  3. Yangon, Myanmar (RGN).
  4. Vietnam

Hanoi (HAN), Ho Chi Minh City (SGN) serta Da Nang (DAD).

  1. Thailand

Bangkok Don Mueang (DMK), Phuket (HKT), Chiang Mai (CNX), Chiang Rai (CEI), Khon Kean (KKC), Ubonrathani (UPB), Udonthani (UTH), Krabi (KBV), Nakhon Si Thammarat (NST), Surat Thani (URT), Hat Yai (HDY) dan Trang (TST).

Asia Selatan

  1. India

Mumbai (BOM); Cochin atau Kochi (COK); Bangaluru (BLR); New Delhi (DEL); Hyderabad (HYD), Amritsar (ATQ), Tiruchirappalli (TRZ), Kolkata (CCU).

  1. Lahore, Pakistan (LHR).
  2. Dhaka, Bangladesh (DAC).
  3. Kathmandu, Nepal (KTM).

Asia Timur

  1. Taiwan Taipei–Taoyuan (TPE).
  2. Jepang

Tokyo Narita (NRT), Tokyo Osaka Kansai (KIX), Tokyo Sapporo Chitose (CTS).

  1. Tiongkok

Shenzhen (SZX), Ghuanzhou (CAN), Hong Kong (HKG) – efektif 26 Maret 2023.

 

Australia

  1. Australia

Brisbane (BNE), Melbourne (MEL), Sydney (SYD) dan Perth (PER).

Timur Tengah

  1. Arab Saudi

Madinah (MED) dan Jeddah (JED).

Wisatawan mancanegara (wisman) melalui 12 kota di Indonesia, dapat terhubung langsung dengan konsep layanan penerbangan saling terkoneksi (connecting flight) ke lebih dari 90 destinasi favorit di Indonesia, antara lain Lombok, Bima, Sumbawa, Labuan Bajo, Ende, Maumere, Tambolaka, Waingapu, Kupang, Solo, Semarang, Malang, Ambon, Ternate, Pontianak, Jambi, Palembang, Pangkalpinang, Palangkaraya, Tanjung Pandan – Belitung, Samarinda, Tanjung Selor, Tarakan, Palu, Gorontalo, Kendari, Sorong, Manokwari, Jayapura, Merauke dan kota lainnya.

Baca juga  Kementerian PUPR Dukung Pengembangan Tanjung Lesung Sebagai KSPN Prioritas

Penerbangan internasional adalah kontributif terhadap program pemerintah dalam pencapaian 7,4 juta kunjungan turis asing ke Indonesia dan kampanye Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI). Menurut data Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, jumlah kunjungan wisman dari Januari – November 2022 mencapai 4,58 juta kunjungan; capaian dimaksud melebihi target yang ditetapkan yaitu 3,5 juta kunjungan pada 2022, meningkat 228% dari 2021, pada periode yang sama 1,39 juta kunjungan.

Lion Air Group memastikan dapat mematuhi semua peraturan dan persyaratan yang ditetapkan oleh regulator. Komitmen keselamatan dan keamanan telah menjadi prioritas utama. Lion Air Group mengoperasikan rute jarak menengah (medium haul) dan jarak jauh (long haul) menggunakan jenis pesawat kategori modern yang didatangkan langsung dari pabrikan pesawat, terdiri:

  • Airbus 320-200
  • Airbus 320-200NEO
  • Airbus 330-300
  • Airbus 330-900NEO
  • ATR 72 series
  • Boeing 737-800NG
  • Boeing 737-8
  • Boeing 737-900ER
  • Boeing 737-9
Penulis: Luthfan Wira Alfiqri