Fakta Menarik! Rute Perdana Wings Air BALIKPAPAN ke PALU

B A L I K P A P A N – 17 Januari 2023. Wings Air (kode penerbangan IW) member of Lion Air Group mengumumkan mulai 19 Januari 2023 membuka penerbangan kembali rute Balikpapan melalui Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Kalimantan Timur (BPN) tujuan Palu melalui Bandar Udara Mutiara Sis Al-Jufri di Sulawesi Tengah (PLW).

Fakta menariknya

  1. Penerbangan regular domestik secara berjadwal yang dilayani frekuensi tiga (3) kali dalam sepekan yaitu Selasa, Kamis, Jumat, sebagai berikut:

Rute No. Terbang Jadwal Berangkat Jadwal Tiba
Balikpapan (BPN) – Palu (PLW) IW-1322 08.10 09.30
Palu (PLW) – Balikpapan (BPN) IW-1323 09.50 11.10

  1. Tidak ada perbedaan waktu tempuh pada kedua kota tujuan, yakni menggunakan Waktu Indonesia Bagian Tengah (GMT+ 08).
  2. Menghubungkan Sulawesi Tengah (Sulteng) dengan IKN (Ibu Kota Negara) Nusantara sebagai kota hijau masa depan, yang berlokasi di Kalimantan Timur. Menuju IKN dapat dijangkau melalui Bandar Udara SAMS Sepinggan, Balikpapan.
  3. Konektivitas antarprovinsi yang menghubungkan kota utama berkonsep layanan penerbangan lintas pulau. Balikpapan ke Palu sebagai rute antarpulau yang dilayani dari Kalimantan setelah Kotabaru – Makassar dan Batulicin – Makassar.
  4. Mendukung aksesibilitas “jembatan udara” di Kalimantan Timur dan kota tujuan lain semakin luas, yang menawarkan jaringan saling terhubung Banjarmasin, Berau, Malinau, Palangkaraya, Tana Toraja, Tanjung Selor, Denpasar, Jakarta—Soekarno—Hatta, Jakarta – Halim Perdanakusuma, Makassar, Semarang, Surabaya, Tarakan, Yogyakarta serta kota-kota lainnya.
  5. Kemudahan perjalanan udara intra-Sulawesi Tengah dari Palu terhubung ke Toli-Toli, Buol, Luwuk, Morowali serta menuju wilayah lain ke Gorontalo, Manado, Kendari, Ambon dan kota-kota lainnya.
  6. Bagian dari kampanye Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) sehingga semakin memperpendek jarak dan mempersingkat waktu dari satu pulau dengan pulau lainnya sehingga mobilisasi bagi masyarakat, wisatawan dan pebisnis semakin mudah, pendistribusian logistik serta kargo lebih efektif dan tepat.
  7. Membantu perkembangan daerah sejalan program pemerintah. “Kaltim dan Sulteng” semakin terbuka sebagai salah satu pusat pertumbuhan ekonomi baru. Dalam upaya “Menghubungkan Indonesia” guna memperkenalkan dan mempopularkan destinasi yang dapat dijangkau secara point to point (penerbangan berdurasi jarak pendek dan menengah) hingga setingkat kecamatan, serta sebagai bagian upaya dalam percepatan pemulihan perekonomian dalam rangka pengembangan potensi unggulan di masing-masing destinasi (sektor pariwisata, UMKM, bisnis dan lainnya).
  8. Mengoperasikan armada jenis baling-baling (propeller) tipe pesawat ATR 72-500 atau ATR 72-600, yang tepat sesuai infrastruktur bandar udara. Pesawat berkapasitas tempat duduk 72 kelas ekonomi, konfigurasi atau tata letak 2-2. Keunggulan pesawat dalam upaya menawarkan pengalaman terbaru bagi penumpang (pebisnis dan wisatawan), ATR 72 adalah pesawat berteknologi canggih dengan tingkat kenyamanan lebih terasa selama penerbangan karena dibekali interior yang dirancang lebih futuristik, dapat bersantai ketika di kabin, bisa bekerja atau hanya menikmati perjalanan dengan melihat pemandangan karena pesawat mampu terbang rendah.
  9. Kualitas udara segar (fresh) terus menerus dipasok dengan tingkat pembaruan volume udara kabin yang tinggi, sehingga siklus udara terjamin bersih. Dalam hal ini, bagian kesungguhan terhadap kesehatan karyawan serta penumpang, seiring memastikan aspek keselamatan dan keamanan penerbangan.
Baca juga  tiket.com Siap Tenggelamkan Kelesuan Pariwisata Domestik dengan Gelar Online Tiket Week (OTW) LOKAL

Wings Air mengucapkan terima kasih atas kerjasama dan koordinasi dari internal, pemerintah daerah, regulator (pemerintah pusat), pengelola bandar udara, pengatur lalu lintas udara serta berbagai pihak terkait lainnya dalam membentuk sinergitas yang mampu memperlancar peroses perjalanan udara setiap penumpang dalam menjangkau dan melayani penerbangan di gerbang udara Balikpapan dan Palu yang terhubung langsung dengan tujuan di provinsi lain.

Penulis: Luthfan Wira Alfiqri