Panduan Lengkap untuk Menikmati Kemeriahan Sabang Marine Festival 2024

Infografis: Instagram @karismaeventnusantara

Sabang – Sabang, yang terkenal akan keindahan alamnya yang memukau dan keragaman budayanya yang kaya, kembali menyapa pecinta wisata dan budaya melalui Sabang Marine Festival (SMF) 2024. Festival yang akan berlangsung pada tanggal 1-3 Maret 2024 ini siap menghadirkan rangkaian acara yang beragam dan mengesankan.

Hari Pertama: Pembukaan yang Megah

Festival akan dibuka dengan seremoni pembukaan pada hari Jumat, 1 Maret 2024, pukul 16:30 WIB di Menara Merah Putih. Upacara pembukaan akan menampilkan Tari Kolosal dan Pawai Marine yang menggambarkan kekayaan budaya maritim Indonesia. Malam harinya, pukul 20:00 WIB, Menara Merah Putih akan menjadi tuan rumah untuk Sabang Music Culture, sebuah maraton seni dan musik yang melibatkan artis lokal serta bintang tamu nasional.

Pada waktu yang bersamaan, Taman Segitiga akan dipenuhi dengan eksibisi seni yang memperkaya pengalaman pengunjung dengan kreativitas tanpa batas dari seniman lokal.

Selama tiga hari penuh, pengunjung juga dapat menikmati kegiatan lain seperti Pameran Gampong Nelayan, Festival Jajanan Kongsi, Pasar Malam Sabang, dan Instalasi Seni yang akan terbuka dari pukul 08:00 hingga 22:00 WIB.

Baca juga  Melodi Puan-Puan oleh Mitra Seni Indonesia: Perpaduan Harmoni Budaya dari Sulawesi Utara hingga Jawa Barat

Hari Kedua: Parade Budaya dan Kebersihan Laut

Sabtu, 2 Maret 2024, akan dimulai dengan aksi Coral & Coastal Clean Up di Anoi Itam & Teupin Ciriek pukul 07:00 WIB, yang juga sekaligus meluncurkan Destinasi Wisata Rumah Nemo. Ini adalah kesempatan bagi pengunjung untuk berpartisipasi dalam pelestarian alam dan keindahan laut Sabang.

Parade Budaya Sabang akan dimulai pukul 09:00 WIB, dengan start dari depan Kantor Walikota dan finish di CT-1 BPKS, menampilkan parade yang kaya warna dan penuh dengan keanekaragaman budaya setempat. Selanjutnya, kompetisi renang di perairan terbuka akan diadakan di Floating Deck Menara Merah Putih mulai pukul 09:30 WIB.

Menjelang sore, pukul 17:00 WIB, Sabang Music Culture akan kembali menyajikan pertunjukan seni dan musik di Menara Merah Putih. Di malam hari, Taman Segitiga akan kembali menjadi pusat perhatian dengan Ekshibisi Seni yang diadakan pukul 20:00 WIB.

Baca juga  Lazada Pilih Aspect Software sebagai Mitra Strategis dalam Bidang Teknologi Telepon, Layanan Interaksi Konsumen di Asia Pasifik

Hari Ketiga: Puncak Kegembiraan

Minggu, 3 Maret 2024, hari terakhir festival, akan dimulai dengan “Yoga with the View” di Deck Marina, pukul 07:00 WIB, dimana peserta dapat melakukan yoga sambil menikmati panorama laut yang menenangkan. Lomba Memancing akan diadakan di Pantai Sumur Tiga mulai pukul 08:00 WIB, memberikan kesempatan bagi penggemar memancing untuk menunjukkan kemampuan mereka.

Di Taman Wisata Putroe Ijo, dari pukul 09:00 hingga 17:00 WIB, akan berlangsung Lomba Pacu Jalo dan Ekshibisi Perahu Naga, yang tidak hanya menantang adrenalin tetapi juga memperlihatkan tradisi lokal.

Festival akan ditutup dengan Festival Layangan Sabang di Dermaga CT-3 BPKS pukul 16:00 WIB dan penutupan dengan Sabang Music Culture di Menara Merah Putih pukul 20:00 WIB, yang pastinya akan menjadi penutup yang berkesan.

Baca juga  Panggung Rakyat Gebyar Keistimewaan: Perayaan 11 Tahun Undang-Undang Keistimewaan DIY

Untuk informasi lebih lanjut, jadwal acara yang lebih detail, dan pembelian tiket, silakan kunjungi halaman resmi Sabang Marine Festival 2024 di media sosial mereka @sabangmarinefestival2024 atau situs resmi yang terhubung melalui akun tersebut.

Catatan: Jadwal kegiatan dapat berubah sesuai dengan kondisi. Pastikan untuk terus memeriksa media sosial resmi atau situs web untuk pembaruan terkini.

Jangan lewatkan kesempatan untuk menjadi bagian dari perayaan budaya dan alam yang hanya terjadi sekali setahun ini. Mari kita dukung keberlangsungan dan kelestarian budaya serta alam di Sabang dengan berpartisipasi dalam Sabang Marine Festival 2024!