Meriahkan Semangat Bahari di “Pesta Laut Pesisir Nusantara 2024” di Kutai Kartanegara

Infografis: @kekraf.samboja

Samboja – Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, kembali akan dipenuhi dengan kegembiraan dan kearifan lokal melalui pelaksanaan “Pesta Laut Pesisir Nusantara 2024”. Acara budaya maritim tahunan ini diadakan secara gratis, mengundang seluruh masyarakat untuk berpartisipasi dalam merayakan kekayaan tradisi dan budaya pesisir. Festival ini tidak hanya berfungsi sebagai sarana pelestarian tradisi nelayan dan masyarakat pesisir, tetapi juga sebagai upaya untuk meningkatkan potensi wisata bahari di daerah.

Dengan agenda yang kaya akan aktivitas budaya, Pesta Laut tahun ini dijanjikan akan lebih meriah dengan kehadiran artis tanah air seperti Guyon Waton, Caca Handika, dan Ghea Youbi, yang siap menghibur peserta dengan penampilan mereka yang memukau.

Baca juga  Direktur Utama Telkom Dinobatkan Sebagai Spoke Person of The Year 2017

Agenda Kegiatan Pesta Laut:

  1. Ritual Adat Pesta Laut: Sebagai pembuka, ritual adat akan dilaksanakan sebagai bentuk ungkapan syukur kepada Tuhan atas berkah dan rezeki yang diberikan melalui laut. Ritual ini meliputi doa bersama dan dilanjutkan dengan tradisi melarung sesaji ke laut, yang merupakan simbolisasi dari penghormatan dan terima kasih kepada alam.
  2. Melarung: Kegiatan ini merupakan inti dari ungkapan syukur masyarakat setempat atas hasil tangkapan laut. Tradisi melarung atau sedekah laut ini diharapkan dapat membawa berkah lebih bagi para nelayan dan masyarakat pesisir.
  3. Berlimbur: Kegiatan ini memiliki makna mendalam tentang syukur dan penyucian diri. Melalui Berlimbur, diharapkan masyarakat dapat menjauhi pengaruh negatif dan bersama-sama membangun semangat baru dalam memajukan daerah serta menjaga keharmonisan dengan lingkungan.
  4. Budaya Hias Perahu Nelayan: Menampilkan keindahan dan kreativitas masyarakat pesisir dalam menghias perahu, kegiatan ini tidak hanya menjadi simbol rasa syukur atas rezeki laut, tetapi juga sebagai ajang unjuk kreativitas dan kebanggaan budaya maritim.
Baca juga  Jogja Mix Music 2023: Mixed Music Line Up

Detail Acara:

  • Tanggal: 2-3 Maret 2024
  • Lokasi: Halaman Pasar Kuala Samboja, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur
  • Informasi Lebih Lanjut: Kunjungi media sosial resmi di @kekraf.samboja untuk pembaruan dan informasi terkait acara.

Pesta Laut Pesisir Nusantara 2024 mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama merayakan dan memperkuat ikatan budaya maritim yang telah lama menjadi warisan berharga. Jangan lewatkan kesempatan untuk menjadi bagian dari perayaan budaya yang spektakuler ini!