Masyarakat Optimistis Bisa Beli Rumah

Jakarta, 11 December 2017 – Perbandingan antara rata-rata kenaikan upah pekerja dengan rata-rata kenaikan harga properti menimbulkan kecemasan bahwa generasi milenial akan kesulitan memiliki rumah. Survei yang dilakukan Rumah.com menunjukkan bahwa masyarakat masih memiliki optimisme untuk memiliki rumah idaman.

Rumah.com Property Affordability Sentiment Index H2-2017 menunjukkan tingginya tingkat kepuasan masyarakat terhadap usaha pemerintah dalam menyediakan hunian yang terjangkau. Ini terlihat dari hasil survei dimana 63% dari 1020 responden di Indonesia merasa puas dengan iklim properti yang sedang berlangsung.

Ike Hamdan, Head of Marketing Rumah.com menyampaikan bahwa Rumah.com sebagai pemimpin pasar properti online di Indonesia selalu mengambil peran aktif untuk mengetahui kondisi terkini industri properti di Indonesia. “Selain Rumah.com Property Index yang menunjukkan pergerakan pasar properti dari sisi suplai, survei Rumah.com Property Affordability Sentiment Index H2-2017 ini ditujukan untuk mengetahui respon pasar dari sisi permintaan. Dengan demikian, Rumah.com bisa memberikan advokasi yang berkualitas bagi konsumen dalam hal pertimbangan keputusan untuk memiliki rumah atau hunian lainnya,” jelasnya.

Rumah.com Property Affordability Sentiment Index H2-2017 adalah survei berkala yang diselenggarakan dua kali dalam setahun oleh Rumah.com bekerjasama dengan lembaga riset Intuit Research, Singapura. Hasil survei kali ini diperoleh berdasarkan 1.020 responden dari seluruh Indonesia yang dilakukan pada bulan Januari – Juni 2017.

Ike menambahkan bahwa tingkat kepuasan masyarakat terhadap usaha pemerintah dalam menyediakan hunian yang terjangkau bahkan tetap di atas rata-rata meski melalui sejumlah peristiwa yang diprediksi dapat mempengaruhi kondisi industri properti nasional, seperti situasi politik pasca-Pilkada, maupun peristiwa tahunan seperti Hari Raya Idul Fitri, yang diprediksi mempengaruhi tingkat inflasi.

Baca juga  Penjelasan Status Kepegawaian Direktur Teknik Lion Air

“Sebanyak 54% responden merasa puas dengan upaya pemerintah dalam membuat rumah lebih terjangkau. Ini merupakan peningkatan yang cukup drastis jika dibandingkan survei pada Semester 2 tahun 2016, dimana tingkat kepuasan masyarakat hanya 36%. Tingkat kepuasan ini tercermin dalam rencana pembelian properti dalam enam bulan ke depan, dimana sebesar 59% dari responden survei berencana membeli properti,” jelas Ike.

Dia menambahkan bagi pengembang properti, hasil survei ini menunjukkan prospek yang positif dalam pasar properti, setidaknya dalam enam bulan ke depan. Lebih spesifik lagi, properti yang menjadi buruan dalam jangka waktu enam hingga dua belas bulan ke depan adalah properti di bawah harga Rp700 juta.

Optimisme masyarakat terhadap pasar properti ke depan tak lepas dari sejumlah kebijakan yang diluncurkan pemerintah. Bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) yang berpenghasilan maksimal Rp4 juta, pemerintah meluncurkan program rumah subsidi dengan harga di bawah Rp200 juta dengan uang muka hanya 1% dan bunga cicilan tetap.

“Sementara bagi masyarakat kelas menengah, yang tidak bisa mengambil rumah subsidi namun kesulitan mengikuti persyaratan KPR seperti uang muka minimal 15%, mereka bisa mengikuti program kepemilikan rumah Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Tenaga Kerja (BPJS-TK) dengan uang muka 5% dan cicilan berdasarkan suku bunga Bank Indonesia ditambah 3%,” Ike menjelaskan.

Kebijakan Pemerintah dalam infrastruktur juga mempengaruhi optimisme masyarakat terhadap pasar properti nasional. Pembangunan jalan tol dan sarana transportasi umum membuat lokasi-lokasi yang tadinya dianggap tidak ideal menjadi lebih ideal, yang tadinya susah dijangkau menjadi lebih mudah dijangkau. Lokasi-lokasi ini memiliki harga yang jauh lebih terjangkau jika dibandingkan hunian di pusat kota, memberikan harapan yang lebih besar bagi mereka yang sedang berjuang memiliki rumah idaman.

Baca juga  Kemenkes Tingkatkan Tenaga Ortotik Prostetik

“Pengembang properti, tentu tidak menutup mata terhadap kemampuan pasar. Karena itu, mereka juga melakukan penyesuaian target pasar dengan memperbesar suplai untuk kalangan menengah. Tak perlu cemas, dengan rajin mencari informasi dan melakukan pertimbangan yang tepat, generasi milenial tetap bisa punya rumah,” Ike menegaskan.

Dia menambahkan “Bagi generasi milenial yang sangat melek teknologi bisa mengetahui berbagai hunian baru yang terjangkau keuangan mereka dengan mengakses Rumah.com cukup dari perangkat smartphone maupun komputer. Rumah.com menyajikan lebih dari 400.000 data properti dijual dan disewa dari seluruh Indonesia, dengan lebih dari 17 juta halaman yang dikunjungi setiap bulan dan diakses oleh lebih dari 5,5 juta pencari properti setiap bulannya.”

“Rumah.com juga terdepan dalam inovasi teknologi melalui fasilitas tur 3 Dimensi Matterport, sehingga konsumen dapat menjelajahi seluruh isi rumah maupun apartemen melalui smartphone atau komputer tanpa harus datang ke lokasi. Review Properti (www.rumah.com/review) kami juga salah satu fitur yang sangat diandalkan pencari hunian di Indonesia, karena menampilkan review lengkap dan mendalam, seperti sekolah favorit, rumah sakit unggulan hingga pilihan transportasi yang tersedia,” pungkas Ike.

Tentang Rumah.com

Rumah.com adalah portal properti terdepan di Indonesia. Terpilih sebagai Asia’s Most Influential Brand for Online Property Search oleh konsumen pada 2016, Rumah.com membantu lebih dari 5,5 juta orang dalam mencari dan menemukan rumah idaman mereka di Indonesia – setiap bulan.

Baca juga  Hari Konsumen Nasional 2019 Lion Air Group Mempermudah Akses Wisatawan dan Pebisnis ke Koridor Destinasi Jawa Barat

Perusahaan juga mengoperasikan platform teknologi pemasaran proyek terkemuka, ePropertyTrack, dan menyelenggarakan berbagai program yang telah diakui dalam industri properti, seperti publikasi, event dan penghargaan. Aplikasi mobile yang telah memenangkan 4 penghargaan telah diunduh oleh lebih dari 1 juta pengguna hingga saat ini

Rumah.com adalah bagian dari PropertyGuru group, perusahaan properti online terbesar di Asia

Untuk informasi lebih lengkap, kunjungi Rumah.com

Tentang PropertyGuru Group

PropertyGuru Group adalah perusahaan properti online terbesar di Asia. Terpilih sebagai Asia’s Most Influential Brand for Online Property Search oleh konsumen pada 2016, PropertyGuru Group membantu lebih dari 16 juta orang menemukan rumah idaman mereka – setiap bulan.

Berkantor pusat di Singapura, PropertyGuru.com.sg didirikan pada 2007 oleh dua wirausahawan. Mereka memiliki visi untuk memudahkan proses pencarian properti serta membantu penyewa, pembeli, penjual dan investor menentukan keputusan secara meyakinkan dan lebih cepat. Sejak saat itu, perusahaan telah tumbuh dari perusahaan media menjadi perusahaan teknologi yang pesat, mengoperasikan sejumlah portal properti nomor satu dan aplikasi mobile di Singapura, Malaysia, Thailand, Indonesia dan Vietnam. PropertyGuru juga mengoperasikan platform teknologi pemasaran proyek terkemuka, ePropertyTrack, dan menyelenggarakan berbagai program yang telah diakui dalam industri properti, seperti publikasi, event dan penghargaan – di delapan negara Asia.