Fujitsu, Lenovo, dan DBJ Membentuk Joint Venture di Pasar PC

57

17 November 2017 – Fujitsu Limited (“Fujitsu”) (TSE: 6702), Lenovo Group Limited (“Lenovo”) (HKSE: 992) (ADR: LNVGY) and Development Bank of Japan Inc. (“DBJ”) telah mengumumkan kerjasama strategis untuk membentuk joint venture di antara tiga perusahaan tersebut. Joint venture ini akan berfokus pada riset, pengembangan, desain, manufaktur, dan penjualan dari Client Computing Devices (CCS) di pasar PC global.

Fujitsu akan menjual 51% sahamnya dari anak perusahannya yang sepenuhnya dimiliki oleh Fujitsu Client Computing Limited (“FCCL”) kepada Lenovo dan 5% sahamnya ke DBJ. Setelah transaksi ini, FCCL akan menjadi perusahaan gabungan yang dimiliki oleh Fujitsu, Lenovo, serta DBJ, dan akan tetap menggunakan nama Fujitsu Client Computing Limited.

  1. Tentang Kerjasama Strategis PC

Transaksi ini diperkirakan akan selesai pada kuartal pertama FY2018. Jumlah kesepakatan agregat yang diterima Fujitsu adalah JPY 28,0 miliar (sekitar HK $ 1,9 miliar) yang mencakup JPY 25,5 miliar dari Lenovo dan JPY 2,5 miliar dari DBJ*. Setelah transaksi tersebut, Kuniaki Saito, Representative Director dan President FCCL saat ini, akan berperan sebagai Representative Director  dan President FCCL.

Setelah joint venture ini terbentuk, produk FCCL akan terus didistribusikan dan dijual dengan merek Fujitsu. Fujitsu akan terus melayani pelanggan korporat di seluruh dunia, baik secara langsung maupun melalui jaringan mitra distribusinya, serta memberikan dukungan dan layanan purna jual. FCCL akan melayani pasar konsumen di Jepang, baik secara langsung maupun melalui ritel, dan memberikan dukungan serta layanan produk.

Melalui kolaborasi strategis ini, Fujitsu dan Lenovo bertujuan untuk mendorong pertumbuhan, skala dan daya saing yang lebih besar di bisnis PC, baik di Jepang maupun di seluruh dunia. Joint venture ini akan memanfaatkan kemampuan Fujitsu dalam penjualan global, dukungan pelanggan, litbang, manufaktur, dan integrasi sistem yang sangat otomatis serta efisien yang dapat memenuhi permintaan pelanggan. Selain itu, joint venture ini juga akan menikmati keuntungan dari Lenovo yang memiliki skala dan keberadaan di tingkat global.

Melalui investasi di joint venture ini, DBJ akan mendukung pertumbuhan FCCL yang berkelanjutan dan memberikan keahlian finansial dari perspektif lembaga keuangan.

Fujitsu akan terus menawarkan portfolio CCD bermerek Fujitsu yang berkualitas, inovatif, aman, dan handal kepada pelanggan korporatnya di seluruh dunia, berkontribusi pada perjalanan transformasi digital pelanggan, dan menciptakan tempat kerja masa depan dengan mengintegrasikan penawaran PC dengan Technology Solutions.

  1. Profile Terbaru Fujitsu Client Computing

(1) Nama                      Fujitsu Client Computing Limited

(2) Lokasi                      4-1-1 Kamikodanaka, Nakahara-ku, Kawasaki, Kanagawa

(3) Bisnis                      Riset, pengembangan, manufaktur, penjualan, dan pemeliharaan PC dan tablet

(4) Perwakilan                Kuniaki Saito, Representative Director and President

(5) Modal                      ¥400 million

(6) Tanggal Berdiri         February 1, 2016

(7) Kepemilikan             Fujitsu Limited (100%)

(8) Jumlah pegawai        1,128 (per 1 Juni 2017)

Jumlah kesepakatan agregat dapat disesuaikan dari angka-angka yang disebutkan di atas berdasarkan neraca FCCL pada tanggal penutupan. Pertimbangan awal dari Lenovo adalah JPY 17,85 miliar (sekitar HK $ 1,23 miliar) dan akan disesuaikan ke atas berdasarkan kinerja bisnis FCCL.

Tentang Fujitsu

Fujitsu adalah perusahaan teknologi informasi dan komunikasi Jepang terkemuka yang menawarkan berbagai produk, solusi dan layanan teknologi. Sekitar 155.000 keryawan Fujitsu mendukung pelanggan di lebih dari 100 negara. Kami menggunakan pengalaman dan kekuatan TIK untuk membentuk masa depan masyarakat bersama pelanggan kami. Fujitsu Limited (TSE: 6702) melaporkan pendapatan konsolidasi sebesar 4,5 triliun yen (US $ 40 miliar) untuk tahun fiskal yang berakhir pada tanggal 31 Maret 2017. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi http://www.fujitsu.com

Tentang Lenovo

Lenovo (HKSE: 992) (ADR: LNVGY) adalah perusahaan Fortune 500 senilai $ 43 miliar dan pemimpin dalam menyediakan teknologi konsumen, komersial, dan data center yang inovatif. Portofolio produk dan layanan berkualitas tinggi kami mencakup PC (termasuk merek Think and Multimode YOGA yang legendaris), workstation, server, penyimpanan, jaringan, perangkat lunak (termasuk ThinkSystem dan ThinkAgile), smart TV dan jajaran produk mobile seperti smartphone (termasuk merek Motorola), tablet dan aplikasi. Bergabunglah dengan kami di LinkedIn, ikuti kami di Facebook atau Twitter (@Lenovo) atau kunjungi kami di www.lenovo.com.

About DBJ

DBJ adalah lembaga keuangan yang dimiliki 100% oleh pemerintah Jepang  yang berkantor pusat di Tokyo, Jepang. Sejak berdiri oleh pendahulunya, Japan Development Bank pada tahun 1951, sepanjang sejarahnya, bank tersebut telah mengabdikan diri untuk pembangunan daerah, pelestarian lingkungan, infrastruktur sosial dasar, dan inovasi teknologi dan industri. Dengan solusi inovatif yang berorientasi pada pelanggan yang diambil dari model investasi dan investasi terpadu yang unik, DBJ bertujuan untuk mempromosikan pembiayaan modal bersama dengan pelaku bisnis, lembaga keuangan dan investor untuk penciptaan dan promosi pertumbuhan pasar modal.