Mantan Tukang Ojek, Banting Stir Usaha Camilan, Sandiaga : Kisah Perempuan Tangguh yang Menginspirasi di “Jemput Rezeki”

98

Jakarta, 18 September 2020 – Kisah inspiratif tidak melulu bercerita tentang upaya sebuah usaha melahirkan omset besar dengan modal terbatas. Jemput Rezeki kali ini justru bercerita tentang seorang wanita tangguh yang mencoba segala pekerjaan tanpa rasa malu dan pilih-pilih dan bertahan pada usaha yang digeluti meskipun diterpa cobaan.

Adalah Cindy Kasamira seorang perempuan yang mengelola usaha kue dan cemilan Dapur Enyak. Cindy tetap bertahan meski menghapi terpaan pandemi covid 19 dan kondisi ekonomi yang semakin sulit.

Cindy sudah menunjukkan dirinya sebagai sosok tangguh semenjak menempun bangku kuliah. Dia memilih bertahan hidup dengan menjadi pengemudi ojek online hingga menamatkan pendidikan menjadi sarjana psikologi. “Saya berniat menjadi seorang motivator karenanya saya memilih kuliah di psikologi,” tutur Cindy.

Meskipun telah menjadi sarjana, Cindy bertahan menjadi pengemudi ojek online, profesi yang selama ini dimonopoli kaum pria.

Cindy baru beralih profesi dan mencoba usaha makanan dan cemilan Dapur Enyak setelah dirinya mengalami kecelakaan parah saat menarik ojol. Ibunya Wawa juga saat khawatir anaknya yang perempuan itu kalau harus menarik penumpang setiap hari.

Dengan dorongan dan bantuan dosennya, dan teman-teman, Cindy membuka usaha kue dan cemilan Dapur Enyak, dengan bermodalkan 1 juta rupiah bantuan dari teman-teman dan sang dosen.

Dengan kue andalan dadar gulung, ketabi (keripik kentang ebi) dan putu mayang, Dapur Enyak sempat beromset 6 juta rupiah sebelum pandemi.

Namun yang lebih inspiratif malah justru upaya Dapur Enyak bertahan di kala pandemi. Dengan omset yang turun hingga 70 persen Cindy justru melahirkan inovasi berupa promo ongkos kirim dan diskon. “Kita harus berpikir jernih untuk menemukan solusi permasalahan kita,” tegas Cindy.

Menurut Sandiaga Uno, langkah Cindy yang tidak berputus asa ini bisa menjadi inspirasi. “Selalu bersyukur walaupun kita kita dicoba dan selalu menjaga kepuasan pelanggan,” jelas Sandi.

Cindy berharap dapat memiliki tempat usaha strategis ke arah Jakarta karena rumahnya yang cukup jauh di Maja Banten. Bahkan Cindy ingin menambah sumber daya manusia (SDM) sekaligus membantu para korban pemutusan hubungan kerja (PHK) dan melebarkan usahanya hingga ke Bandung dan Surabaya.

Menurut Sandiaga Uno, dalam kehidupan kita akan menemui kerikil dan cobaan berat. Bagaimana kita bertahan dan berjuang yang menjadikan hidup berarti. Bagi Sandiaga tekad Cindy telah menggambarkan semua itu.

Saksikan bagaimana kiat-kiat Dapur Enyak bertahan saat pandemi dan tips-tips inovatif Sandiaga Uno, hanya di Jemput Rezeki di Indosiar, Sabtu 19 September 2020, pukul 07.30.