Berkat Puluhan Ribu Likes di Instagram, Lindawaty Luncurkan Buku “Resep Rahasia Menu Kekinian.”

0 38

JAKARTA, 11 Juni 2018 – Untuk mempopulerkan tren berbagi resep melalui media sosial, Lindawaty, seorang entrepreneur Indonesia sekaligus pemilik akun Instagram @dapur_lindawaty dengan followers lebih dari 126K, hari ini menerbitkan buku kompilasi resep pertamanya berjudul Resep Rahasia Menu Kekinian. Memuat lebih dari 81 resep kue dan roti favorit yang telah mendapat puluhan ribu likes di akun Instagram-nya, buku ini juga memuat berbagai tips untuk baker pemula, strategi promosi melalui Instagram, sekaligus cara membuat tampilan Instagram yang profesional. Untuk mendapatkan buku ini, pemesanan bisa dilakukan melalui http://bit.ly/ResepRahasiaMenuKekinian dan akan tersedia di seluruh toko buku di Indonesia.

Buku “Resep Rahasia Menu Kekinian” karya penulis Lindawaty.

“Berangkat dari pengalaman membuat kue selama beberapa tahun belakangan, saya ingin berbagi ilmu kepada masyarakat Indonesia, cara membuat kreasi yang enak disantap sekaligus menarik untuk difoto. Harapan saya, ini bisa membuka lapangan kerja baru, khususnya bagi para perempuan muda. Apalagi setelah mendapat investasi sebesar Rp 1 milyar pada April 2018 dari mentor bisnis saya, Wempy Dyocta Koto, saya semakin yakin untuk membesarkan hobi saya ini menjadi bisnis baru. Selain untuk produksi buku, dana tersebut juga kami gunakan untuk kegiatan marketing dan program e-course baking, serta membuat berbagai produk yang berkaitan dengan dunia baking,” ujar Lindawaty.

Sebagai seorang social media influencer di industri kuliner, Lindawaty selalu menjaga komunikasi dua arahnya dengan para followers di Instagram yang sebagian besar merupakan perempuan dan ibu muda. “Akun Instagram @dapur_lindawaty ini sering menjadi wadah followers dan pengguna Instagram untuk bertanya tentang berbagai resep kekinian, sampai terkadang sulit untuk dijawab satu per satu,” tambah Lindawaty. Tak hanya itu, bahkan banyak yang sampai mengirim resep pribadinya untuk dimodifikasi oleh Lindawaty agar rasanya semakin enak.

Bangun Potensi Bisnis UMKM Lewat Instagram

Berdasarkan survei yang dilakukan terhadap 2,000 pengguna Instagram di Indonesia, sebanyak 52 persen pengguna Instagram mengaku tertarik terhadap sebuah produk atau bisnis setelah melihat posting di salah satu fitur Instagram, Instagram Stories. Bahkan, menurut data yang dilansir oleh Instagram hingga November 2017, tercatat ada 25 juta akun komunitas bisnis Instagram, yang sebagian besar ialah Usaha Kecil dan Menengah (UMKM).

“Tentunya industri kuliner dan UMKM memiliki potensi yang sangat besar untuk terus berkembang dan berkontribusi memajukan perekonomian Indonesia. Menurut data dari Badan Ekonomi Kreatif di tahun 2018, bahkan sektor kuliner ini berkontribusi hingga Rp 382 triliun pada Produk Domestik Bruto ekonomi kreatif. Karenanya, saya berkomitmen untuk memajukan para pengusaha kecil dan menengah di Indonesia dengan bisnis kulinernya, lewat berbagai pelatihan bisnis dan suntikan investasi,” ujar Wempy. Sebagai seorang pengusaha dan investor bisnis internasional, saat ini Wempy menargetkan untuk berinvestasi sebesar Rp 10 miliar kepada ratusan pengusaha UMKM di Indonesia.

Fakta-fakta ini juga yang kemudian meyakini Lindawaty untuk membesarkan ratusan posting-nya di akun Instagram, menjadi peluang bisnis baru bagi para followers yang didominasi oleh perempuan dan ibu muda. “Misi saya, mengedukasi followers pentingnya presentasi visual sebuah makanan agar laris di pasaran, sekaligus cara membuat kue agar tidak hanya cantik difoto, tetapi juga dapat dinikmati. Ini penting sebagai strategi pemasaran online. Lewat buku ini, saya juga berharap aktif di media sosial tidak hanya menjadi hobi dan pengisi waktu luang, melainkan bisa membuka lahan bisnis baru,” tutur Lindawaty. Ke depannya, Lindawaty berharap dapat lebih banyak berkomunikasi dengan para followers-nya, khususnya lewat offline activity, seperti workshop memasak dan menata makanan agar menarik serta komersil secara visual. Selain melalui akun Instagram @dapur_lindawaty dan buku Resep Rahasia Menu Kekinian, kumpulan resep kue dan roti kekinian versi Lindawaty lainnya bisa Anda akses di http://dapurlindawaty.com/.

English English Indonesian Indonesian