(E-)Business of Fashion @JFW2018Jakarta Fashion Week 2018 Bekerja Sama dengan e-commerce Platform untuk Memasarkan Produk Fashion dan Produk Pendukung Fashion Lain

56

Jakarta, 25 Oktober 2017— Jakarta Fashion Week, sebagai platform penggerak industri mode Indonesia, bekerja sama dengan platform e-commerce untuk menawarkan konsumen kesempatan untuk berbelanja, sambil menikmati suguhan tren dari para desainer.

Kecepatan media yang kini serba instan memberikan peluang yang sangat potensial bagi perkembangan pemasaran dan konten di dunia. Di tahun 2008, Jakarta Fashion Week merupakan salah satu fashion week pioneer di dunia yang mengembangkan teknologi berbasis live streaming untuk menyiarkan seluruh peragaan busananya melalui internet. Melalui layanan ini, diharapkan para penggemar fashion di seluruh dunia dapat menikmati kreativitas serta perkembangan tren di Indonesia.

Di tahun 2017 ini, Jakarta Fashion Week mengembangkan distribusi konten live streaming ini ke khalayak yang lebih luas dengan menjadikannnya sebagai bagian dari platform commerce. Dikelola masing- masing oleh Zalora.co.id dan Blibli.com, Jakarta Fashion Week bekerja sama dalam mini site yang menayangkan live streaming serta menawarkan berbagai produk.

Hal ini adalah untuk menjawab perubahan Industri ritel yang cepat secara global, tak terkecuali di Indonesia. “Tentu saja konsumen ingin memiliki pilihan belanja yang mudah dijangkau, baik ketika mereka sedang berada di dekat pusat perbelanjaan ataupun saat di area terpencil.

Anthony Fung, CEO ZALORA Indonesia, mengatakan. “E-commerce adalah trend yang mendunia dan kami melihat terdapat semakin banyak brand ternama yang akhirnya masuk ke dalam ranah online ini karena mereka tak ingin ketinggalan mengejar konsumen yang berpindah gaya belanjanya.”

Melalui mini site zalora.co.id/jfw-shop para fashionista dapat menikmati layanan live streaming Jakarta Fashion Week dan langsung berbelanja busana dari label-label yang tergabung dalam Indonesia Fashion Forward, seperti Monday to Sunday, Shop at Velvet, Danjyo Hiyoji, I.K.Y.K for Zalora, Bateeq, dan Kami.

Sementara itu, pada mini site yang dikelola oleh e-commerce platform Blibli.com, berbagai produk partner dari Jakarta Fashion Week 2018 ditawarkan dengan harga menarik. Dengan URL https://www.blibli.com/promosi/jfw2018, para pemerhati fashion dapat berbelanja produk dari smartphone VIVO, make up Wardah, produk elektronik Phillips, kopi Top Cofee, serta make up Make Over, sambil menonton layanan streaming Jakarta Fashion Week.

“Blibli.com ingin mengajak pelanggan, pencinta fashion, media, dan masyarakat di seluruh Indonesia menikmati suasana Jakarta Fashion Week 2018 melalui kemajuan digital saat ini,” kata Desey Muharlina Bungsu, VP Fashion, Health and Beauty blibli.- com. “Jadi bisa menikmati runway fashion show, belanja fashion secara online, belanja produk-produk peralatan elektronik pendukung, telepon seluler, kopi, produk kecantikan hanya dengan mengklik link yang diberikan.”

Selain dua kerja sama diatas, Jakarta Fashion Week juga mengembangkan berbagai program rritel dan industri. Sebagai contoh, bersama dengan Senayan City, Jakarta Fashion Week kini merambah ke bidang ritel, menghasilkan kolaborasi Fashionlinkx#BLCKVNUE yang ada di mal tersebut. Diharapkan, seluruh inisiatif dan inovasi ini dapat terus mengembangkan dunia fashion di Indonesia.

Tentang Jakarta Fashion Week

Jakarta Fashion Week merupakan platform penggerak industri mode Indonesia. Sebagai fashion week utama di Indonesia sejak 2007, Jakarta Fashion Week memberikan arahan fashion Indonesia dan memeragakan bakat serta kreativitas dunia fashion dalam negeri. Sepanjang tahun, Jakarta Fashion Week juga menggelar beragam program peningkatan kapasitas para pelaku industri internasional. Jakarta Fashion Week diselenggarakan oleh Azura Activation, bagian dari Femina Group.

Tentang Indonesia Fashion Forward

Indonesia Fashion Forward adalah proyek kolaborasi antara Jakarta Fashion Week, Badan Ekonomi Kreatif, British Council, dan Center for Fashion Entreprise (CFE) London. Program intensif dan kuratif ini merupakan program pengembangan kapasitas dengan visi untuk mengasah kemampuan desainerdesainer Indonesia untuk dapat memasuki pasar regional dan internasional dengan memberikan pengarahan serta pelatihan yang mencakup strategi bisnis dan branding.

Tentang Zalora Indonesia

zalora.co.id menawarkan ribuan koleksi top fashion brand lokal dan internasional serta lebih dari 70.000 produk pakaian, sepatu, tas, aksesoris, busana muslim dan kosmetik untuk pria dan wanita. ZALORA Indonesia memberikan pengalaman belanja mudah dengan harga terjangkau serta pelayanan pelanggan terbaik di kelasnya untuk seluruh Indonesia. Diantaranya, layanan bayar di tempat saat barang datang (COD) di 115 kota seluruh Indonesia, pengiriman 1-3 hari untuk wilayah Jakarta dan 2-6 hari untuk wilayah luar Jakarta serta garansi 30 hari uang kembali dan untuk penukaran barang.

Tentang Blibli.com

blibli.com adalah eCommerce pertama di Indonesia yang mulai beroperasi sejak tahun 2011 dengan berkantor pusat di Jakarta telah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Kini Blibli.com telah memiliki 15 kategori produk yaitu Galeri Indonesia, Kuliner, Home & Living, Fashion Wanita, Fashion Pria, Kesehatan & Kecantikan, Tiket & Voucher, Handphone & Tablet, Kamera, Komputer & Laptop, Peralatan Elektronik, Ibu & Anak, Olahraga & Aktivitas Luar Ruang, Mainan & Video Games, dan Otomotif; dengan memiliki 4 warehouse yang tersebar di Jakarta, Tangerang dan Medan.

Dalam perjalanan bisnisnya, Blibli.com hadir sebagai satu-satunya eCommerce yang berkomitmen turut aktif dalam mendukung dan memberdayakan creativepreneurs lokal mulai dari pengembangan usaha hingga menjadi market channel bagi mereka. Blibli.com memiliki +1.5 juta produk, memasarkan +15.000 brand lokal maupun internasional seperti: Unilever, Intel, Arena, KOSÉ, SK-II, Fossil, Samsung, Apple, Asus, Nike, Adidas, NBA, Levi’s, Ray-Ban, Oakley, Go Pro, Toyota, BMW, Ducati dan bermitra dengan +22.000 mitra usaha seperti KAI, hotel-hotel seluruh Indonesia, pusat rekreasi, perusahaan transportasi dan otomotif, produk groceries, alat dan produk kecantikan dan kesehatan, fashion dan lainnya.

Blibli.com selalu mengedepankan customer focus, dengan menghadirkan produk – produk yang relevan, akses yang lengkap dan layanan Customer Care 24×7. Kelebihan utama kami adalah melayani konsumen di seluruh Indonesia dengan gratis biaya pengiriman (free shipping) ke destinasi pilihan di seluruh Indonesia, beragam cara pembayaran, Cicilan 0% dari 18 bank, program pengembalian barang hingga 15 hari, dan pengadaan program poin Blibli Rewards.