Phising Dalam Crypto dan NFT: Akun Twitter Beeple Diretas

Seremonia. id – Artis digital dan pencipta token non-fungible (NFT) populer Mike Winkelmann, lebih dikenal sebagai Beeple, akun Twitter-nya diretas pada hari Minggu, 22 Mei sebagai bagian dari penipuan phishing.

Harry Denley, Analis Keamanan di MetaMask, memberi tahu pengguna bahwa tweet Beeple pada saat itu berisi tautan ke undian kolaborasi Louis Vuitton NFT sebenarnya adalah penipuan phishing yang akan menguras crypto dari dompet pengguna jika diklik.

Para scammer kemungkinan ingin memanfaatkan kolaborasi nyata baru-baru ini antara Beeple dan Louis Vuitton. Sebelumnya pada bulan Mei, Beeple merancang 30 NFT untuk game seluler merek fashion mewah “Louis The Game” yang disematkan sebagai hadiah kepada pemain.

Baca juga  Andalin Berkolaborasi Dengan Investree Guna Tawarkan Invoice Financing untuk Klien

Penipu terus memposting tautan phishing dari akun Twitter Beeple yang mengarah ke koleksi Beeple palsu, memikat pengguna yang tidak curiga dengan janji mint gratis untuk NFT unik.

Tautan phishing muncul di Twitter Beeple selama sekitar lima jam dan analisis on-chain dari salah satu dompet scammers menunjukkan tautan phishing pertama memberi mereka nilai 36 Ethereum (ETH) senilai sekitar $73.000 pada saat itu.

Tautan kedua menjaring scammers ETH dan NFT senilai sekitar $365.000 dari koleksi bernilai tinggi seperti Klub Yacht Kera Mutant, VeeFriends, dan Otherdeeds, antara lain, sehingga total nilai total yang dicuri dari penipuan menjadi sekitar $438.000.

Data on-chain menunjukkan scammer menjual NFT di OpenSea dan memasukkan ETH mereka yang dicuri ke dalam mixer crypto dalam upaya untuk mencuci keuntungan.

Baca juga  Vivo Experience and Service Store Konsep Terbaru Dari Vivo di Central Park Mall

Beeple telah menciptakan tiga dari sepuluh NFT termahal yang terjual hingga saat ini termasuk satu yang dijual seharga $69,3 juta, yang termahal yang pernah dijual kepada pemilik tunggal. Perhatian ini membuatnya menjadi target peretasan.

Pada November 2021, akun admin di Beeple’s Discord diretas dengan scammers di sana juga mempromosikan penurunan NFT palsu yang sama yang mengakibatkan pengguna kehilangan sekitar 38 ETH.

Awal bulan ini, perusahaan keamanan siber Malwarebytes merilis laporan yang menyoroti peningkatan upaya phishing karena scammers mencoba menguangkan hype NFT. Perusahaan mencatat penggunaan situs web palsu yang digambarkan sebagai platform yang sah adalah taktik paling umum yang digunakan oleh scammers.

Baca juga  Kemenkominfo dan Siberkreasi Bekerja Sama dengan Spotify di Indonesia, Tingkatkan Kemampuan Podcasters Generasi Muda