Lebih dari 900 Pengurus Organisasi Kemahasiswaan Baru Dilantik, Siap Melayani dengan Semangat ‘A Mind of Excellence’ 

Tangerang, 18 September 2024 – Universitas Pelita Harapan (UPH) berkomitmen untuk mempersiapkan para calon pemimpin masa depan yang berkualitas dan memberikan dampak positif bagi negara. Sebagai bagian dari upaya tersebut, UPH memberikan peluang bagi mahasiswanya untuk mengembangkan kemampuan kepemimpinan melalui beragam kegiatan dan organisasi mahasiswa. Sejalan dengan hal ini, UPH menggelar acara ‘Student Leaders Appreciation & Inauguration 2024’ pada 12 September 2024, yang bertempat di Grand Chapel, UPH Kampus Lippo Village. Acara ini bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada pengurus organisasi mahasiswa periode 2023/2024 dan melantik pengurus baru periode 2024/2025. 

Lebih dari 900 mahasiswa dari berbagai fakultas untuk 60 organisasi resmi dilantik dan siap melayani pada periode 2024/2025. Organisasi-organisasi ini mencakup 27 organisasi yang dibina oleh Student Life UPH, seperti Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Spiritual Growth for Students (SGS), Mentoring, Majelis Perwakilan Mahasiswa (MPM), Service Learning Community (SLC), dan berbagai Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Selain itu, ada pula 33 organisasi yang terdiri dari Himpunan Mahasiswa Fakultas (HMF) dan Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS). 

Read More

Dalam sambutannya, Dr. (Hon.) Jonathan L. Parapak, M.Eng.Sc., selaku Rektor UPH, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada para pengurus organisasi periode 2024/2025 yang telah menerima tanggung jawab kepemimpinan. Ia berharap mereka bisa menjadi panutan bagi rekan-rekannya dan seluruh mahasiswa UPH. Rektor juga menyampaikan penghargaan kepada pengurus periode 2023/2024 yang telah menjadi inspirasi bagi generasi penerus. 

“Terima kasih kepada para pemimpin yang telah menyelesaikan masa tugasnya. Percayalah bahwa pengalaman kepemimpinan kalian akan sangat berharga di masa depan. Bagi pengurus baru yang terpilih, bersiaplah untuk menghadapi proses transformasi menjadi calon pemimpin bangsa di masa depan. Teruslah membawa semangat ‘A Mind of Excellence’, menjadi pemimpin yang unggul dalam pemikiran dan perbuatan,” ujar Rektor UPH. 

Lebih lanjut, Dr. Andry M. Panjaitan, M.T., CPHCM., selaku Associate Vice President of Student Development UPH, turut memberi sambutan sekaligus penekanan bahwa kepemimpinan UPH berfokus pada semangat melayani. 

“Hari ini merupakan momen yang sangat penting, terutama bagi para pengurus baru yang dilantik dan pengurus lama yang diapresiasi. Acara ini bukan hanya seremonial, tetapi juga perayaan bagi mereka yang memiliki hati untuk melayani. Saya bersyukur dan berterima kasih kepada para pengurus 2024/2025 yang telah menerima tanggung jawab besar ini. Sebagai pemimpin kita harus menjadi teladan, mulai dari tindakan, kata-kata, dan juga melalui melayani sesama. Oleh karena itu, di UPH, kami mengajarkan pentingnya menjadi pemimpin yang siap melayani dan mengalami transformasi menjadi manusia yang lebih baik. Untuk para pengurus lama, kami mengucapkan terima kasih atas pengorbanan yang telah diberikan. Semoga kerja keras, kerja cerdas, dan kerja ikhlas kalian bisa terus menjadi berkat serta memuliakan Tuhan. Biarlah ini menjadi awal yang baik bagi karier kalian di masa depan,” jelasnya. 

Sebagai perwakilan pengurus organisasi periode 2023/2024, Bayu Krista Imanuel, Ketua Service Learning Community (SLC) UPH, menyampaikan rasa syukur dan refleksinya selama menjabat. Dalam sambutannya, ia mengungkapkan berbagai pengalaman dan tantangan yang dialami selama menjalankan tugas kepemimpinan, sekaligus mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah mendukung perjalanan mereka. 

“Tidak terasa, tahun akademik 2023/2024 telah usai, begitu pula masa kepemimpinan organisasi ini. Banyak suka dan duka yang telah kita lalui bersama, dari rasa senang hingga lelah, semuanya menjadi bagian dari pengalaman yang berharga. Terima kasih kepada Bapak, Ibu, dan kakak-kakak pembina yang telah membimbing kami. Semoga semua pengalaman ini menjadi pembelajaran dan memori yang berkesan bagi kita semua. Untuk para penerus, ingatlah bahwa menjadi pemimpin bukanlah hal yang mudah, tetapi dengan hati yang siap melayani dan berserah kepada Tuhan, segalanya mungkin,” ujar Bayu. 

Bayu juga berharap agar pengurus baru dapat melanjutkan kolaborasi yang telah terbangun dan terus membawa nama baik UPH melalui kontribusi mereka di organisasi masing-masing. 

Mewakili seluruh pengurus baru periode 2024/2025, Daniel Kurniawan selaku Ketua Spiritual Growth (SG) UPH, menyampaikan sambutan. Daniel menyoroti pentingnya tanggung jawab yang kini diemban oleh para pemimpin baru dan juga mengajak para pengurus baru untuk siap menghadapi tantangan ke depan dengan iman, pengharapan, dan kasih. 

“Hari ini, kita berdiri di titik awal perjalanan baru. Babak baru dalam kepemimpinan dimulai, melanjutkan karya yang telah dijalani oleh para pemimpin sebelumnya. Teman-teman pengurus 2023/2024, kalian telah menjadi teladan kebersamaan, ketulusan, dan dedikasi. Meski jabatan formal telah berakhir, ingatlah bahwa pelayanan sejati tak pernah berhenti. Kepada pengurus baru, mari kita melangkah bersama dengan rendah hati, bukan atas dasar ego, tetapi karena kasih kepada sesama. Kita adalah pemimpin yang melayani, bukan untuk dilayani. Mari bersiap untuk menghadapi tantangan baru di depan dengan tetap berpegang teguh terhadap iman dan pengharapan kepada Tuhan, serta kasih kepada sesama,” ungkap Daniel. 

Student Leaders Appreciation & Inauguration 2024 mencerminkan komitmen UPH dalam mencetak pemimpin masa depan yang tidak hanya unggul secara akademis, tetapi juga memiliki hati yang siap melayani dan memuliakan Tuhan. UPH berharap para pengurus organisasi mahasiswa dapat membawa perubahan positif, baik di lingkungan kampus maupun di masyarakat luas. UPH terus berkomitmen untuk menjadikan lulusannya pemimpin yang takut akan Tuhan, berkarakter kuat, serta memberikan dampak yang berarti bagi bangsa dan dunia. 

Related posts

Leave a Reply