Pelaksanaan Pelatihan Kaderisasi: Musim Mas Menargetkan Women Smallholders Program untuk Mencapai Partisipasi Lebih Luas dari Perempuan di Perkebunan

Jakarta, 26 Januari 2024 – Musim Mas Group, salah satu perusahaan kelapa sawit terintegrasi terbesar di dunia, memulai tahun baru dengan menyelesaikan sesi Training-of-Trainers (ToT) Kader Pelatihan Nutrisi dan Kesehatan – Women Smallholders Program. Pelatihan ini ditujukan untuk petani perempuan dan istri petani yang telah mengikuti Women Smallholders Program Musim Mas pada pelatihan Nutrisi dan Kesehatan Keluarga. Mereka dilatih menjadi pelatih atau trainer bagi komunitasnya, sebagai bagian dari komitmen Musim Mas untuk meningkatkan taraf hidup petani swadaya kelapa sawit.

Sesi pelatihan berlangsung pada 9-11 Januari 2024 di Pekanbaru, Riau, diikuti oleh 30 peserta terpilih dari Kabupaten Pelalawan, Rokan Hilir, dan Rokan Hulu. Para peserta, selain memiliki keaktifan dalam mengikuti pelatihan Women Smallholders Program, juga dipilih berdasarkan perubahan kesehatan sebelum dan sesudah pelatihan, serta komitmen untuk menerapkan pola hidup sehat pada diri sendiri dan keluarga.

Linda Wati, Project Leader Women Smallholders Program – Musim Mas, menekankan pentingnya peran perempuan di perkebunan, khususnya kelapa sawit. Setelah berhasil memberikan pelatihan kepada lebih dari 500 petani perempuan pada tahap awal Women Smallholders Program tahun lalu, Musim Mas ingin menjadikan program ini berkelanjutan. Dengan Training for Trainers, para kader dilatih untuk menjadi agen perubahan dalam komunitas mereka, terutama terkait nutrisi, gizi balita, dan kesehatan keluarga.

Hasil nyata yang dirasakan oleh para kader pelatih, seperti penurunan berat badan dan perubahan positif dalam kesehatan, menjadi motivasi untuk berbagi pengetahuan dengan perempuan lain di komunitas mereka. Para kader ini dipersiapkan untuk memberikan pelatihan bagi petani perempuan dan istri petani yang tergabung dalam Asosiasi Petani Kelapa Sawit binaan Musim Mas, serta perkumpulan perempuan setempat.

Para kader pelatih, yang berasal dari berbagai kabupaten, merasa bangga dapat berbagi pengetahuan dan pengalaman mereka setelah mengikuti program pelatihan nutrisi dan kesehatan keluarga. Musim Mas berkomitmen untuk melanjutkan pelatihan Women Smallholders Program dengan mencakup lokasi yang lebih luas dan mengembangkan modul pelatihan baru, seperti Literasi Keuangan dan Peluang Bisnis Rumahan.

Related posts

Leave a Reply