J&T Express dan Kemenkop UKM Luncurkan Program Pengembangan Bisnis Inklusif untuk UKM Disabilitas demi Kemajuan Ekonomi

Jakarta, 5 Oktober 2023 – J&T Express, sebagai salah satu perusahaan jasa pengiriman terdepan di Indonesia, menunjukkan komitmennya dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan pelaku bisnis UKM di Indonesia. Mereka baru-baru ini menyelenggarakan program pemberdayaan disabilitas yang diberi nama “Deliver Possibilities”, yang mencakup pelatihan pengembangan bisnis dan kompetisi dengan hadiah total wirausaha senilai 150 juta rupiah. Program ini didukung oleh Kemenkop UKM.

Program “Deliver Possibilities” diadakan sebagai bagian dari komitmen J&T Express untuk mendukung kemajuan UKM yang berperan dalam ekonomi inklusif di Indonesia. Herline Septia, Brand Manager J&T Express, menyatakan, “Kami melihat bahwa sektor UKM disabilitas masih memerlukan perhatian khusus. Melalui program ini, kami berharap dapat membantu pelaku bisnis disabilitas untuk tumbuh dan berkontribusi pada ekonomi inklusif.”

Menurut data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, UKM berperan penting dalam ekonomi Indonesia dengan kontribusi sebesar 61,07% terhadap Produk Domestik Bruto negara. Selain itu, UKM juga menciptakan lapangan kerja, menyerap hingga 97% dari total tenaga kerja. Oleh karena itu, program ini diharapkan dapat membantu pelaku bisnis disabilitas untuk berkembang melalui inovasi, peningkatan pengetahuan, dan keterampilan bisnis yang lebih baik.

Program ini mendapatkan dukungan penuh dari Kemenkop UKM, yang berupaya memberikan kesempatan kepada wirausaha disabilitas untuk bersaing di pasar yang semakin digital. Angkie Yudistia, Staf Khusus Presiden bidang Sosial, juga mengapresiasi program ini sebagai langkah positif menuju kesetaraan bagi disabilitas di Indonesia.

Program ini menargetkan sekitar 100 disabilitas preneur yang terpilih untuk mengikuti pelatihan pengembangan bisnis yang akan disampaikan oleh para profesional bisnis yang ahli di bidangnya. Tema pelatihan dalam program ini adalah Digitalisasi Pemasaran, yang menjadi salah satu kendala utama bagi UKM. Selama pelatihan, peserta akan mempelajari berbagai aspek pemasaran digital dan penggunaan teknologi untuk meningkatkan bisnis mereka.

Peserta pelatihan juga akan memiliki kesempatan untuk berpartisipasi dalam kuis dan diskusi interaktif. Selain itu, mereka dapat mengirimkan proposal bisnis dan proyeksi kebutuhan untuk pengembangan bisnis mereka. Dua puluh peserta terbaik akan dipilih untuk mempresentasikan bisnis mereka di hadapan juri dan memiliki kesempatan untuk memenangkan bantuan wirausaha dari J&T Express.

Seluruh peserta disabilitas preneur dapat mengikuti pelatihan ini secara gratis, dan periode pendaftaran program “Deliver Possibilities” akan dibuka dari tanggal 6 hingga 20 Oktober 2023. Untuk informasi lebih lanjut dan formulir pendaftaran, Anda dapat mengunjungi situs web resmi J&T Express di www.jet.co.id.

Related posts

Leave a Reply