Edukasi Manajemen Kewirausahaan & Digital Marketing oleh Tim Mahasiswa UKDW untuk Karang Taruna Adipati Anom

Empat mahasiswa dari Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta telah melaksanakan pengabdian masyarakat dengan menyediakan edukasi tentang digital marketing dalam konteks kewirausahaan dan manajemen kewirausahaan yang optimal. Mereka memberikan pelatihan mengenai algoritma dan copywriting, serta workshop dan pelatihan visual konten media sosial kepada kelompok Karang Taruna Adipati Anom di Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta.

Inisiatif ini diambil sebagai tanggapan atas dampak serius pandemi Covid-19 pada perekonomian masyarakat, terutama pada Karang Taruna Adipati Anom yang mendukung warga sekitar dengan usaha bisnis katering. Sebelum pandemi, usaha tersebut berjalan dengan baik, tetapi situasi pandemi menyebabkan kendala finansial karena pendapatan menurun drastis.

Melalui pengamatan, tim mahasiswa UKDW menemukan bahwa Karang Taruna Adipati Anom belum sepenuhnya memanfaatkan potensi digital marketing untuk meningkatkan penjualan. Maka dari itu, Karen Jeanira Wahyudi (Prodi Informatika), Marschelia Hardika Puteri (Prodi Manajemen), Eka Daffa Sadewa (Prodi Arsitektur), dan Andrea Christian Pirlo (Prodi Sistem Informasi) merancang program edukasi yang berjudul “Edukasi Optimalisasi Manajemen Kewirausahaan dan Pemanfaatan Digital Marketing Pasca Pandemi bagi Karang Taruna Adipati Anom”.

Program ini mendapatkan dukungan dari Martha Lusiana, S.S. M.A., seorang Dosen Mata Kuliah Humaniora UKDW, dan berhasil meraih hibah Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Skema Pengabdian Masyarakat dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi.

Sebagai ketua tim, Karen Jeanira Wahyudi menyatakan bahwa program ini berpotensi memberikan dampak positif di masa depan. Dengan mengimplementasikan pengetahuan yang didapat dari edukasi ini, Karang Taruna Adipati Anom diharapkan dapat memperluas pemasaran usaha dan produk mereka, serta meningkatkan rasa percaya diri dalam membina masyarakat sekitar dan mengoptimalkan potensi kreativitas dalam berkarya. Tim berharap bahwa melalui program ini, usaha yang dijalankan oleh Karang Taruna Adipati Anom dapat berkembang lebih pesat ke depannya.

Related posts

Leave a Reply