Jakarta, 29 April 2019 – Tokopedia, perusahaan teknologi Indonesia, baru saja meresmikan Tokopedia Care di Yogyakarta dan Semarang sebagai wujud salah satu DNA perusahaan, Focus on Consumer.
Tokopedia Care berfungsi sebagai garda depan untuk memastikan layanan Tokopedia yang didapatkan masyarakat adalah kualitas layanan yang terbaik dan terpercaya.
Rudy A. Dalimunthe, VP of Operations, Tokopedia, mengekspresikan antusiasmenya terhadap peresmian Tokopedia Care di Yogyakarta dan Semarang, “Tokopedia merupakan bisnis kepercayaan. Fokus utama Tokopedia Care adalah memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh pengguna, yang sudah memberikan kepercayaannya kepada kami, baik untuk menciptakan peluang hingga mencapai lebih.” Rudy menambahkan, “Tim Tokopedia Care akan selalu bersedia 24 jam dalam seminggu untuk melayani seluruh masyarakat Indonesia, khususnya pengguna Tokopedia.”
Layanan Tokopedia Care sebenarnya sudah tersedia untuk seluruh pengguna sejak awal Tokopedia berdiri, yaitu pada tahun 2009. Pertumbuhan pengguna yang sangat signifikan dari tahun ke tahun membuat Tokopedia melihat adanya kebutuhan untuk mendirikan Tokopedia Care Tower di kawasan Jakarta Barat pada tahun 2018 lalu, kemudian saat ini di Yogyakarta dan Semarang. Kini tim Tokopedia Care telah mencapai hampir 2.000 Nakama (sebutan karyawan di Tokopedia), sehingga Tokopedia Care terus mengembangkan diri demi meningkatkan kualitas layanan dan pengalaman pelanggan yang lebih baik.
Sebagai perusahaan teknologi Indonesia yang inklusif, keberadaan Tokopedia Care di Yogyakarta dan Semarang membuka kesempatan bagi masyarakat di luar Jakarta untuk bergabung dan bertumbuh bersama Tokopedia, termasuk penyandang difabel, untuk membantu menjawab permasalahan pengguna. Selain inisiatif untuk memberikan kesempatan berkarir yang sama kepada penyandang difabel, gedung Tokopedia Care di Yogyakarta dan Semarang ini juga memiliki infrastruktur yang ramah bagi penyandang difabel, mulai dari jalur pejalan kaki khusus, lift platform vertikal, pegangan tangan, hingga kamar kecil dan ruang salat yang dirancang khusus untuk penyandang difabel. Tokopedia percaya bahwa berkontribusi pada pemerataan ekonomi di Indonesia secara digital dapat dilakukan oleh siapapun.
Di sisi lain, layanan pengguna Tokopedia kini juga memanfaatkan teknologi AI (Artificial Intelligence) melalui chatbot yang membantu menjawab segala pertanyaan pelanggan secara lebih cepat dan tepat. Selain teknologi AI, Tokopedia Care juga menyediakan berbagai kanal layanan termasuk email, social media, live chat, dan pusat resolusi sehingga segala kendala yang dihadapi oleh pengguna Tokopedia dapat ditangani secara tepat dan transparan.
Bank DBS Indonesia, Telkomsel, Tokopedia, Chevrolet, UPH, AMD, Hotel Santika Premiere Bintaro, Lion Air, IEL University, Nongshim Farmer’s Heart, Qlue, Canon