Tingkatkan Layanan Peserta JKN-KIS, Klinik Di Kota Serang Ini Terapkan Sistem Antrian Online

Serang – Sebagai bentuk komitmen fasilitas kesehatan dalam melayani peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), salah satu klinik di jalan KH. Abdul Hadi No.13 Kebon Jahe, Kota Serang menerapkan sistem antrian secara online melalui aplikasi Mobile JKN.

Salah satu fitur aplikasi Mobile JKN tersebut sangat tepat bagi para peserta yang sibuk beraktifitas.

Miranti Apriliyani Kepala bagian pelayanan klinik Jannah mengatakan pihaknya mengimplementasikan sistem antrian online sejak Januari 2018. Banyak pasien yang merasa terbantu dengan fitur aplikasi mobile JKN-KIS.

 

“Kami menerapkan sistem online ini karena ingin meningkatkan pelayanan pada pasien terutama pasien yang gak mau nunggu lama di klinik. Dengan sistem antrian online ini pasien lebih terarah, dan ini bentuk komitmen kami,” ujarnya.

Miranti mengaku banyak manfaat yang dapat dirasakan pasien karena meng-install aplikasi Mobile JKN, di antaranya para peserta JKN-KIS tidak perlu tergesa-gesa lagi datang ke klinik, karena pasien dapat melihat jumlah antrian di Mobile JKN.

Baca juga  Blibli Berkolaborasi Bersama Maybank Finance dan Garasi.id Guna Permudah Jual Beli Mobil Baru dan Lama Secara Aman dan Mudah

“Selain itu, banyak juga manfaat lain seperti mengetahui riwayat pelayanan pasien, bisa mengubah faskes, melakukan cek skrining kesehatan, dan juga bisa melihat tagihan premi,” ujarnya.

 

Namun, lanjut Miranti, meskipun penerapan sistem antrian online ini telah berjalan baik, Klinik yang mempunyai 37.000 peserta JKN-KIS ini harus intens mengedukasi masyarakat agar paham menggunakan fitur yang ada pada aplikasi Mobile JKN.

“Perhari pasien di sini yang datang sekitar 500 orang, namun banyak yang lebih pilih manual karena kebanyakan pasien usia lanjut, jadi mereka tidak mengerti mengoperasikan android, ada yang mau langsung download di tempat dan minta tolong dengan petugas kami untuk memilihkan fitur bagian antrian online di aplikasi Mobile JKN ini,” ujarnya.

Baca juga  Santika Indonesia Hotels & Resorts Berhasil Raih Penghargaan Sebagai Perusahaan “Tahan Pandemic”

 

Ia berharap masyarakat mau belajar untuk menerapkan aplikasi Mobile JKN. Sebab banyak fitur yang membantu pelayanan lebih mudah, efektif dan efisien. “Semoga saja ke depan aplikasi mobile JKN dapat menyentuh semua lapisan masyarakat. Sehingga pelayanan kesehatan di faskes mudah diakses dan membantu banyak pasien,”ucapnya.

Salah seorang pasien Lilis Kasiri (28) asal Kecamatan Ciruas, Kabupaten Serang mengaku terbantu dengan adanya sistem antrian online. Sebelumnya prosesnya lama karena melalui manual.

“Saya menjadi peserta JKN-KIS Sejak 2016. Saya tahu antrian online dari petugas kesehatan klinik saya berobat. Mereka mengarahkan untuk meng-install aplikasi mobile JKN. Alhamdulilah dengan fitur antrian online, saya tidak harus berlama-lama di klinik,”ujarnya

Baca juga  Muhammad Kadafi dorong Pemerataan Kualitas Pendidikan Indonesia

 

Ia berharap kepada BPJS Kesehatan untuk terus mengembangkan Inovasinya. Sehingga banyak kemudahan yang dapat diakses oleh kalangan masyarakat seperti mobile JKN dan antrian online-nya.

“Intinya kami ingin fitur-fitur di aplikasi Mobile JKN tidak sebatas pada antrian online saja namun juga dikembangkan lagi sehingga mampu menyentuh semua generasi,” tuturnya.

Lion Air, Malindo Air, UPH, UKDW, Hotel Santika Premiere Bintaro, Himpunan Humas Hotel Yogyakarta, Kementerian BUMN RI, Hotel Santika Premiere ICE – BSD City, Inspirational Video, Motivational Video, Kominfo RI,  BPJS Kesehatan,