Tingkatkan Layanan Kesehatan, T-Systems Implementasikan Genesis Untuk RS Mitra Keluarga

Jakarta, 4 Maret 2019 – PT Mitra Keluarga Karyasehat Tbk (MIKA.ID), salah satu penyedia layanan kesehatan di Indonesia secara resmi menerapkan sistem informasi “Genesis” pada tanggal 1 Maret 2019 di salah satu rumah sakitnya di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan.

Sistem informasi yang diimplementasikan sejak 1 Maret 2019 ini berbasis SAP Healthcare, termasuk didalamnya SAP ERP, SAP Patient Management, dan SAP Cerner Clinical System.

 

Sistem Genesis akan memiliki real time interface yang terhubung ke sistem penyedia asuransi seperti Mandiri Inhealth, BPJS dan beragam sistem kesehatan lainnya untuk mendukung layanan medis yang akurat. Dengan implementasi ini, kelak setiap rumah sakit dalam jaringan Mitra Keluarga akan memiliki rekam medis elektronik/electronic medical records (EMR) secara terpusat di sistem SAP sehingga pasien dapat mengakses data kesehatannya dari rumah sakit yang tergabung dalam jaringan Mitra Keluarga secara langsung.

“Sistem yang terpadu ini dirancang untuk mendukung operasional seluruh rumah sakit Mitra Keluarga secara “end-to-end” mulai dari layanan medis, termasuk pengelolaan data medis secara elektronik, layanan pasien, farmasi sampai kepada sistem keuangan yang handal. Ketepatan waktu dan akurasi analisa data pasien dalam pelayanan kesehatan adalah wajib dan tidak dapat ditawar untuk menjaga patient safety dan quality care. Data processing secara real-time dan otomasi beberapa proses bisnis diharapkan dapat mewujudkan efisiensi operasional di seluruh jaringan Mitra Keluarga,”ujar Rustiyan Oen selaku CEO PT Mitra Keluarga Karyasehat Tbk.

Baca juga  Pertunjukan Kesenian Jathilan Kudho Pangestu dari Kanci di Panggung Mandala, Wisata TIC Borobudur

Keseluruhan sistem informasi Genesis dirancang dan dikembangkan oleh T-Systems, sebuah perusahaan sistem integrator global yang telah berpengalaman mengimplementasikan aplikasi kesehatan di berbagai rumah sakit di dunia. Pengembangan yang dilakukan bertahap sejak 2016 itu dibantu oleh tim yang terdiri dari para dokter, perawat, dan staf klinis maupun administrasi dari Rumah Sakit Mitra Keluarga.

 

“Ini merupakan momen yang membanggakan karena Genesis merupakan aplikasi healthcare berbasis SAP yang pertama diterapkan di Indonesia. Sistem ini akan sangat membantu rumah sakit dalam menjalankan berbagai proses di dalamnya,” tambah Rustiyan Oen.

Sebagai bagian dari SAP Healthcare, Genesis juga memiliki fitur sistem pendaftaran dan antrean pasien yang terpadu atau Queue Management System. Lewat aplikasi Queue Management, pasien akan bisa membuat janji konsultasi dengan dokter melalui Portal, Kiosk, bahkan ponsel, karena sistem ini juga terintegrasi dengan WhatsApp.

Baca juga  Persiapan Timnas Sepak Bola Indonesia Menghadapi Argentina di Gelora Bung Karno Jakarta, Dapatkan Tiket Resmi di tiket.com

“Sistem SAP Healthcare yang memiliki aliran informasi secara real time, keakuratan dalam analisa, kecepatan dalam menghasilkan laporan data histori pasien serta dilengkapi dengan solusi pembayaran online ini akan menjadi platform digital, dimana Rumah Sakit Mitra Keluarga sebagai rumah sakit dengan
advanced healthcare patient services pertama yang dapat melayani pasien dengan lebih efisien,” ujar Arkadiusz Czopor, Managing Director dari T-Systems, Asia South.

 

Mitra Keluarga yang berdiri sejak tahun 1989, kini sudah menjadi salah satu jaringan rumah sakit terbesar di Indonesia dengan mengoperasikan 22 rumah sakit yang berlokasi di Jabodetabek, Surabaya, Tegal, Cirebon dan Sukabumi. Dengan jumlah rumah sakit yang tidak sedikit, sebelumnya Mitra Keluarga tidak memiliki sistem yang terintegrasi, sehingga proses di setiap rumah sakit berbeda-beda dan hal ini membuat banyak proses menjadi lambat dan kurang efisien.

Kini setelah menerapkan Genesis, Rumah Sakit Mitra Keluarga dapat menjalankan berbagai fungsi dengan lebih baik melalui sistem yang seragam. Berbagai data bisa diakses oleh bagian-bagian berbeda dalam rumah sakit, bahkan antar rumah sakit sehingga berbagai proses dapat diselesaikan jauh lebih cepat.

Baca juga  Pameran "Seni Rupa Indonesia Kini: Pascamasa" di Galeri Nasional Indonesia: Sebuah Refleksi Artistik Kontemporer

 

“Dengan sistem ini, aliran data real-time ke berbagai bagian akan membuat semua proses menjadi lebih cepat. Resep yang baru diketik oleh dokter misalnya, akan langsung diterima bagian farmasi pada saat yang sama sehingga obat bagi pasien bisa segera disiapkan. Sementara bagian administrasi dapat langsung memproses administrasi pembayaran. Sistem ini akan mendorong terciptanya efisiensi baik waktu maupun tenaga,” ujar Sameer Salunkhe, Head of Delivery T-Systems, Asia South.

Bagi pasien ini berarti kemudahan dan kenyamanan dalam berobat, kecepatan dalam urusan administrasi, serta tidak ada lagi waktu yang terbuang karena menunggu terlalu lama.

“Kami senang telah memilih T-Systems sebagai partner perusahaan yang mengintegrasikan sistem TI baru dimana memungkinkan perjalanan era digital kami,” ucap Rustiyan Oen.